Cuitan Wanita Ini di Twitter Diduga Menentang Konsep Menyusui, Banyak yang Tak Tahu Kalau Menyusui Juga Berikan Manfaat Kesehatan Jangka Panjang untuk Para Ibu

Senin, 06 Juli 2020 | 09:41
CNN.com

ilustrasi menyusui.

GridHITS.id - Tengah viral cuitan seorang wanita ini di Twitter diduga menentang konsep menyusui.

Dengan cepat cuitan tersebut pun viral dan mendapat berbagai macam tanggapan.

Semua bermula ketika seorang wanita bernama Tina menyampaikan pandangan pribadinya tentang menyusui di media sosaial Twitter.

"Aturan dari mana ibu harus menyusui anaknya? Menyusui itu pilihan perempuan yang sudah jadi ibu untuk anaknya.

Baca Juga: Menangis Keras di Kamar Mandi, Tapi Ia Naik Darah Saat Dituding Tangisi Rencana Pernikahan Ariel Noah dan Sophia Latjuba : Jangan Ngarang

Baca Juga: Usai Bercerai dengan Laudya Cynthia Bella, Seorang Ahli Ungkap Hal Buruk yang Diduga Akan Terjadi pada Engku Emran di Tahun Ini, 'stres'

Tidak menyusui juga pilihan yang harus dihargai. Woman's body, woman's choice" tulisnya.

tangkapan layar twitter

seorang wanita melalui cuitan twitter menyampaikan pandangan pribadinya tentang menyusui.

Banyak yang mengartikan kalau cuitan ini berarti membenarkan keputusan wanita yang enggan menyusui anaknya.

Bahkan beberapa warganet membalas cuitan tersebut dengan sindiran merasa bersyukur tidak dilahirkan oleh ibu yang berpikir seperti itu.

Dilansir dariAmericanpregnancydan Tablod Nakita, air susu ibu (ASI) merupakan faktor penting dan utama bagi Si Kecil yang baru saja lahir.

ASI yang dihasilkan setiap ibu memiliki kombinasi protein, lemak, vitamin, dan karbohidrat yang sempurna.

Sehingga, tidak ada yang lebih baik untuk kesehatan bayi selain ASI yang merupakan pemenuh gizi utama ketika Si Kecil belum mampu mencerna makanan padat dan juga berserat.

Baca Juga: Ojol Dipukuli Sampai Babak Belur, Teman-temannya Sesama Ojol Langsung Kepung Markas Polisi Minta Pelaku Diadili Secara Hukum

Baca Juga: Diet Timun Terbukti Bisa Turunkan Berat Badan Hanya dalam 7 Hari, Begini Caranya

Bukan hanya dapat bermanfaat bagi perkembangan dan kesehatan Si Kecil,nyatanya ASI mampu memberikan keuntungan jangka panjang bagi Moms.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Mother and Child menemukan bahwa menyusui memiliki manfaat yang lebih daripada yang ditemukan sebelumnya.

Ibu yang menyusui selama 6 bulan dan terus menyusui hingga anak berusia 1 tahun dapat menurunkan risiko kematian serta risiko terkena penyakit berbahaya.

Penelitian baru menemukan bahwa perempuan yang menyusui dalam jangka waktu lebih lama, hingga 2 tahun, memiliki risiko lebih rendah untukdidiagnosis dengan endometriosis.

"Mengingat sifat kronis endometriosis dan sangat sedikit faktor risiko yang dapat diketahui, menyusui mungkin menjadi hal yang penting untuk mengurangi risiko endometriosis pada perempuan setelah kehamilan," jelasnya Leslie Farland dalam penelitiannya.

Selain itu, perempuan yang menyusui selama lebih dari 36 bulan secara total, memiliki penurunan risiko endometriosis sebesar 40% dibanding perempuan yang tidak pernah menyusui.

Baca Juga: Keluarganya Jadi Sasaran Teror Mistis, Betrand Peto Ternyata Pernah Ngacir Ketakutan karena Hal Ini, 'Ininya Kebuka Sendiri'

Baca Juga: Bikin Bergidik, Evi Masamba Ngaku Sering Sakit Kepala Tapi Sakitnya Aneh hingga Ustaz Dhanu Turun Tangan, 'Hancurkan Seluruh Benda Sihir di Kepala Evi'

Taj hanya itu, laporan terbaru dari American Institute for Cancer Research (AICR) dan World Cancer Research Fund mengungkapkan, menyusui telah terbukti mengurangi risiko kanker payudara pada perempuan.

Untuk setiap lima bulan seorang ibu menyusui, risiko terkena kanker payudara akan menurun sebanyak 2%.

"Mungkin tidak semua ibu memungkinkan untuk menyusui. Tetapi bagi mereka yang bisa melakukannya, menyusui dapat memberikan perlindungan dari kanker terhadap ibu dan anak," ujar penulis studi, Alice Bender dari AICR.

Selain itu, studi ini juga menemukan bahwa menyusui juga dapat membantu menghilangkan sel-sel DNA yang rusak yang dapat menyebabkan perkembangan tumor.

Tak berhenti sampai di sana, menyusui juga terbukti melindungi Moms daririsiko hipertensi, diabetes, hiperlipidemia, dan risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah.

Bagi Moms yang melahirkan secara sesar, penelitian membuktikan 8% ibu yang menyusui selama lebih dari dua bulan akan mengalami lebih sedikit sakit kronis pasca operasi.

Dengan begitu menyusui tak hanya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil, tapi juga untuk kesehatan Moms yang memproduksi ASI.

WHO merekomendasikan bayi mulai disusui dalam waktu satu jam sejak lahir dan terus diberikan ASI secara eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan.

Baca Juga: Jerit Pilu Keputusasaan BCL Jelang Perayaan Anniversary Pernikahannya dengan Ashraf Sinclair: Kadang Rasanya Ingin Menyerah...

Artikel ini telah tayang di Nakita.id dengan judul "Viral Pernyataan Seorang Wanita Diduga Menentang Konsep Menyusui, Padahal Menyusui Bisa Berikan Manfaat Jangka Panjang Ini Bagi Kesehatan Ibu "

Editor : Nita Febriani

Sumber : nakita

Baca Lainnya