Corona Memakan Korban Laki-laki Lebih Banyak Daripada Perempuan, Ini Sebabnya

Rabu, 24 Juni 2020 | 16:54
freepik

Ilustrasi virus corona

GridHITS.id -Penelitian terkait virus Covid-19 terus dilakukan.

Baru-baru ini peneliti menemukan fakta mengejutkan mengenai corona.

Disebutkan bahwa data kasus Covid-19 dunia menunjukkan lebih banyak laki-laki yang meninggal karena COVID-19 di seluruh dunia.

Angka ini jauh lebih besar daripada kasus pada perempuan.

Baca Juga: 3 Langkah Mudah Mengetahui Orang yang Suka Stalking Instagram Tanpa Aplikasi, Ayo Lo Ketahuan!

Baca Juga: Tak Pernah Terlibat Perseteruan Bahkan Terlihat Masih Mesra, Kakak Insank Nasruddin Beberkan Tabiat Asli Kalina Octaranny

Hal ini ternyata berdasar dari faktor biologis yang membedakan laki-laki dan perempuan serta beberapa kebiasaan buruk yang menyertainya.

Sebuah studi yang diterbitkan bulan lalu di Frontiers in Public Health melaporkan bahwa pria dan wanita sama-sama berpotensi terkena virus corona baru.

Namun, para peneliti juga melaporkan bahwa pria secara signifikan lebih mungkin menderita efek parah dari penyakit ini.

Para peneliti China mengatakan bahwa dalam satu bagian besar pasien COVID-19, lebih dari 70 persen dari mereka yang meninggal adalah laki-laki.

Mereka mengatakan mereka menemukan hasil yang sama ketika mereka meneliti penelitian dari wabah sindrom pernapasan akut (SARS) tahun 2003.

Penelitian ini didukung oleh angka-angka lain yang dirilis sejak pandemi COVID-19 dimulai.

Baca Juga: Bak Bumi dan Langit, Nikita Mirzani Habiskan Waktu di Pengadilan dengan Tuntutan Penjara, Dipo Latief Malah Jalan-jalan ke Pantai: Surga yang Tersembunyi

Baca Juga: Janjikan Tagihan Listrik Tak Akan Lagi Membengkak, PLN Minta Foto Meteran Listrik Dikirim Lewat WhatsApp

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dikutip dariHealthlinetelah melaporkan bahwa 63 persen kematian yang terkait dengan COVID-19 di Eropa terjadi di antara laki-laki.

Sebuah studi oleh Institut Kesehatan Tinggi Roma pada bulan Maret menemukan bahwa di antara orang Italia dirawat di rumah sakit karena virus corona baru, 8 persen pria meninggal dibandingkan dengan 5 persen wanita.

Di New York City, pria telah sekarat karena virus corona hampir dua kali lipat tingkat wanita.

Departemen kesehatan kota melaporkan pada awal April bahwa 43 COVID-19 kematian untuk setiap 100.000 pria, dibandingkan dengan 23 kematian untuk setiap 100.000 wanita.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) saat ini tidak melaporkan kematian COVID-19 berdasarkan gender, tetapi para ahli tidak melihat alasan tren akan berbeda di tempat lain di negara ini.

"Beberapa alasan yang mendasari mengapa COVID-19 mungkin lebih mematikan bagi pria daripada wanita.

Baca Juga: Lagi Ulang Tahun, Potret Tampan Putra Sarah Azhari Albany Ray yang Jarang Tersorot Terungkap & Langsung Jadi Perbincangan!

Baca Juga: Tuding Anak Sambungnya Tak Hormati Orangtua, Pakar Ekspresi Justru Ungkap Raul Lemos Beri Contoh Buruk Tentang Etika dan Sopan Santun

Mungkin termasuk fakta bahwa penyakit jantung lebih umum pada pria lansia daripada pada wanita lansia," kata Dr. Stephen Berger, seorang ahli penyakit menular dan co-founder penyakit menulardari Global Infectious Diseases dan Epidemiology Network (GIDEON) menjelaskan kepada Healthline.

“Studi juga menemukan bahwa tekanan darah tinggi dan penyakit hati lebih umum pada pria dan ini semua berkontribusi pada hasil yang lebih negatif dengan COVID-19,” tambahnya.

Enzim dan sistem kekebalan tubuh

Sebuah studi yang diterbitkan pada 10 Mei melaporkan bahwa pria pria memiliki konsentrasi angiotensin-converting enzyme 2 (ACE2) yang lebih tinggi dalam darah mereka daripada wanita.

Karena ACE2 memungkinkan koronavirus untuk menginfeksi sel-sel sehat, ini dapat membantu menjelaskan mengapa pria lebih rentan terhadap COVID-19 daripada wanita, para peneliti melaporkan.

Sistem kekebalan tubuh juga bisa menjadi faktor.

Baca Juga: Tuding Anak Sambungnya Tak Hormati Orangtua, Pakar Ekspresi Justru Ungkap Raul Lemos Beri Contoh Buruk Tentang Etika dan Sopan Santun

Baca Juga: Sering Jadi Mitos Akan Datangnya Kabar Bahagia Saat Alami Kedutan Mata Kanan Atas, Sebenarnya Tanda Apa?

"Genetika juga dapat memainkan peran besar," kata Berger. "Wanita, karena kromosom X ekstra mereka, memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan respons terhadap infeksi daripada pria.

"Anda tidak dapat melepaskan diri dari biologi dan genetika," kata Salvatore J. Giorgianni, PharmD, seorang apoteker dan penasihat ilmu pengetahuan senior untuk Jaringan Kesehatan Pria, yang mengadvokasi kesehatan pria dan anak lelaki.

Fenomena ini sebenarnya mendorong peluncuran dua uji klinis di Amerika Serikat.

Dalam uji coba ini, para ilmuwan memberikan pria dengan hormon seks COVID-19 seperti estrogen untuk melihat apakah itu akan membantu mereka pulih dari penyakit.

Artikel ini telah tayang di Nakita.id dengan judul "Perhatian! Lebih Banyak Laki-laki yang Meninggal karena Corona Dibanding Wanita, Peneliti Ungkap Faktor Biologis di Tubuh Laki-laki Ini yang Jadi Penyebabnya"

Editor : Nita Febriani

Sumber : Healthline

Baca Lainnya