Pelanggan Kaget! Resep Rahasia Resto Terkenal Sangat Ramai Ini Ternyata Rebusan Kaldu yang Sama, Sudah Digunakan Selama 45 Tahun

Minggu, 14 Juni 2020 | 16:00
facebook

Resto wattana panich terkenal di Thailand

Pelanggan Kaget! Resep Rahasia Resto Terkenal Sangat Ramai Ini Ternyata Rebusan Kaldu yang Sama, Sudah Digunakan Selama 45 Tahun

GridHITS.id - Banyak resto ternama menyediakan makanan lezat sehingga ramai dikunjungi para pecinta kuliner.

Tak sedikit dari mereka yang akhirnya menjadi pelanggan setia karena rasanya yang menggoda.

Tahukah, tiap resto punya resep rahasia sehingga makanan lezat dan nikmat disantap.

Baca Juga: Bisa Berakibat Fatal, Jangan Pernah Konsumsi Telur Bersamaan dengan 5 Makanan Ini Jika Tak Ingin Hal Buruk Terjadi

Baca Juga: Bikin Tergelak! Terbiasa Makan Makanan Mewah, Nia Ramadhani Bingung Bukan Main Cara Mengonsumsi Jelly: Dimakan Atau Diminum?

Salah satunya resto asal Thailand ini.

Beriut sekilas tentang resto yang dilansir GridHITS dari ChannelNewsAsia.

Sebuah pot raksasa penuh dengan daging sapi, di dalamnya berisi potongan daging sapi lembut yang akan meleleh di mulutkarenatelah direbus selama lebih dari 8 jam, dengan akar ketumbar segar dan sekantong bahan rahasia.

Baunya manis dan kaya Adas bintang, kayu manis, lada hitam, Bawang putih.

Hampir sepuluh jenis rempah-rempah Cina aromatik dan rempah-rempah direndam dalam sup gelap yang telah mendidih di sini selama lebih dari 40 tahun.

Ini mungkin sup daging sapi tertua di ibu kota Thailand, Bangkok, dengan restoran Wattana Panich yang menyajikan mangkuk yang tak terhitung jumlahnya selama tiga generasi.

Meskipun restoran-restoran baru bermunculan di setiap sisi, bisnis ini telah berhasil mempertahankan posisinya di kancah makanan kompetitif kota dengan sejarah panjang pengabdian, konsistensi, dan presisi.

“Kami terus mencicipi. Tidak ada resep baru, ”kata pemilik Cina-Thailand Nattapong Kaweenuntawong.

Pria berusia 40 tahun ini bekerja setiap hari, mengisi mangkuk demi mangkuk yangyang merupakan warisan keluarganya - potongan daging sapi yang berbeda dimasak dengan kelembutan yang sempurna dicampurkan dengan mie, minyak bawang putih dan sup gelap yang kaya dengan seledri Cina segar.

Setiap mangkuk adalah wujud hasil seni memasak yang telah memakan waktu puluhan tahun untuk menguasai wisata kuliner Nattapong.

Dia mulai mencicipi sup keluarganya sejak usia muda dan di bawah bimbingan ahli ayahnya, belajar bagaimana mempertahankan kesempurnaannya.

“Ayahku akan membumbui sup dan membiarkan aku mencicipinya. Pada awalnya, saya tidak benar-benar mendapatkannya tetapi begitu saya mulai melakukannya setiap hari, saya mulai memperhatikan ketika rasanya berubah. Ayah saya akan memberi tahu saya apa yang kurang, ”katanya.

“Saat kami menambahkan stok, rasanya berubah. Jumlah stok yang kami tambahkan juga berbeda setiap kali. Jadi, kami harus terus mencicipi dan kami akan mencari tahu apa yang hilang. Kemudian, kami membumbui sup secukupnya. ”

RESTO POPULER DI THAILAND

Pernahkah Anda mendengar tentang Wattana Panich?

Wattana Panich merupakan salah satu restoran paling populer di lingkungan Ekkamai di Bangkok.

Ratusan pengunjung yang lapar datang setiap harinya untuk merasakan sup lezat dan semur tiap harinya.

Namun rahasia hidangan lezat yang disajikan di restoran Thailand ini ternyata bisa membuat banyak orang tidak senang.

Salah satu hidangan paling populer di Wattana Panich adalah sup mie daging sapi, dibuat dengan daging sapi rebus, babat, bakso, organ , dan rempah-rempah.

Tetapi bahan yang paling penting adalah kaldu, yang, percaya atau tidak, telah mendidih selama 45 tahun.

Kedengarannya aneh, tetapi itu benar.

Alih-alih membuang kaldu sisa setiap malam, pemilik Wattana Panich dengan hati-hati menyaringnya dan menyimpannya, digunakan untuk sup dalam jumlah hari berikutnya.

Baca Juga:Bukti Masih Banyak Orang Baik! Pasangan Suami Istri Asal Pasuruan Naik Alphard Bagikan Nasi Bungkus Berisi Uang Jutaan Rupiah

Baca Juga:Bertahun-tahun Tak Terlacak! Penyidik Terkejut Temukan 13,5 Ton Emas dan Uang 525 Triliun di Bunker Rumah Koruptor

Mereka telah melakukan ini setiap hari selama lebih dari empat dekade dan menganggapnya sebagai rahasia utama untuk hidangan lezat mereka.

Wattana Panich mengandalkan metode memasak lama yang dikenal sebagai "rebusan abadi" atau "rebusan pemburu" yang pada dasarnya melibatkan membiarkan rebusan didihkan terus-menerus sambil menambahkan bahan-bahan baru ke dalamnya.

Ini memastikan bahwa kaldu menyerap sebanyak mungkin rasa dari bahan-bahannya, membuat hidangan yang digunakannya benar-benar lezat.

Prinsipnya sederhana, semakin lama kaldu mendidih, semakin baik.

Tetapi restoran ini menuju ke arah yang lebih ekstrim.

Menurut BK Magazine, para koki di Wattana Panich mendinginkan kaldu sisa setiap malam dan menyimpannya di lemari es untuk mencegah pembusukan.

Ini digunakan sebagai bahan untuk rebusan hari berikutnya.

Para juru masak menambahkan sekitar 25 kg daging sapi ke rebusan setiap hari, rasa yang meresap ke dalam kaldu yang sudah berumur puluhan tahun, terus-menerus meningkatkan rasanya.

Baca Juga:Gulung Tikar McDonalds Sarinah Bikin Geger, Menteri BUMN Erick Thohir Masih Berikan Kesempatan Kedua Jika McDonalds Sarinah Lakukan Hal Ini, 'Kalau Mereka Mau...'

Baca Juga:Contek Rahasia Sophia Latjuba Tetap Cantik dan Awet Muda Meski Usianya Hampir Kepala 5, 'Penuaan Berarti Beruntung'

Nattapong Kaweenuntawong adalah generasi ke-3 dari keluarganya yang menjalankan Wattana Panich, dan berharap bahwa ketiga anaknya akan menjadi yang ke-4.

Apa pun yang terjadi, satu hal yang pasti, mereka akan menggunakan kaldu yang sama setiap hari semenjak restoran dibuka di Ekkamai, 45 tahun yang lalu.

Dan jika ada yang bertanya mengenai kerak coklat yang ada di sekitar panci rebusan, itu adalah kesaksian untuk berapa lama kaldu telah digunakan.

Pemilik Wattana Panich menjadikannya tradisi untuk tidak membersihkan spillover kaldu senilai 45 tahun.

Ini bukan bagian sejarah yang paling higienis, tapi tetap saja sejarah.

Editor : Saeful Imam

Sumber : Chanelnewsasia.com

Baca Lainnya