Jangan Gunakan Saat Berbelanja, Penggunaan Sarung Tangan Justru Bisa Berbahaya di Tengah Pandemi Corona: Hanya Berikan Rasa Aman Palsu

Senin, 01 Juni 2020 | 09:57
Kompa.s.com

Penggunaan Sarung Tangan Justru Bisa Berbahaya di Tengah Pandemi Corona

Jangan Gunakan Saat Berbelanja, Penggunaan Sarung Tangan Justru Bisa Berbahaya di Tengah Pandemi Corona: Hanya Berikan Rasa Aman Palsu

GridHits.id -Penggunaan sarung tangan justru bisa berbahaya di tengah pandemi corona. Kok bisa?

Seperti kita ketahui bersama, vieus corona hingga kini menjadi momok di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Pemerintah di Tanah Air pun melakukan segala cara demi memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Anjuran untuk menjaga kebersihan seperti penggunaan masker dan hand sanitizer serta menjaga jarak dengan orang lain pun dilakukan.

Masyarakat pun ramai menjaga kebersihan tangan mereka salah satunya dengan menggunakan sarung tangan.

Beberapa orang juga mengenakansarung tanganketika bepergian, termasuk saat pergi ke supermarket atau apotek.

Baca Juga: Diduga Tertular Pasien Umum Tak Jujur atau OTG, 24 Perawat di RSUD di Depok Positif Covid-19, APD Mereka Hanya Masker, Gaun, dan Sarung Tangan

Baca Juga: Usai Dihujat Karena Pakai Sarung Tangan Latex Saat Belanja, Selebgram Cantik Ini Dapat Teguran Keras Dari Dokter Usai Aksi TikToknya Viral

Sayangnya, memakai sarung tangan bukan langkah yang baik dan dianjurkan untuk mencegah penularan Covid-19.

Dilansir Times of India, menggunakan masker, pelindung wajah atau hand sanitizier adalah hal yang baik untuk mencegah penularan virus dan menjaga kebersihan.

Namun, sarung tangan bukan solusi yang tepat untum mengurangi risiko infeksi. Bahkan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) tidak menganjurkan penggunaannya, kecuali di situasi tertentu seperti sebelum menyentuh gagang selang bensin, atau mengurus cucian pakaian kotor dari seseorang yang memiliki virus.

Bahkan pada situasi-situasi tersebut, sarung tangan hanya efektif jika dilepas secara tepat dan diikuti dengan praktik cuci tangan pakai sabun.

Saat berbelanja kebutuhan sehari-hari di supermarket, penggunaan sarung tangan sebetulnya tidak begitu efektif.

Ketika kita mengenakan sarung tangan dan menyentuh permukaan yang terkontaminasi, virus akan tertransfer ke sarung tangan yang menempel pada jari-jari kita.

Selain itu, sarung tangan juga memberikan rasa aman palsu dan membuat orang-orang merasa tidak apa terus menyentuh segala sesuatu, seperti wajah dan mulut mereka.

Ini dapat menyebabkan diri kita ikut terkontaminasi.

Belum lagi jika tidak melepaskannya secara hati-hati, kuman padasarung tangandapat dipindahkan ke tangan kita dan bagian lain dari tubuh.

Ketika melepasnya, sarung tangan tersebut harus dibuang dengan benar dan kemudian kita harus mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik.

Freepik

cuci tangan yang kerap diabaikan

Oleh karena itu, orang yang menggunakan dan tidak menggunakan sarung tangan memiliki risiko terinfeksi yang sama.

Diketahui bersama jika Covid-19 dapat menginfeksi melalui tetesan pernapasan atau droplet dari orang yang terinfeksi ketika mereka berbicara, batuk atau bersin di dekat kita.

Baca Juga: Hati-hati Membawa dan Menyimpan Hand Sanitizer di dalam Mobil, Efeknya Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan Jika Nekat Dilakukan

Baca Juga: Tak Lagi Masker dan Hand Sanitizer, Bahan Ini Mendadak Ramai Diburu Tuk Jaga Kesehatan Tubuh, Apa Itu?

Sehingga, menyentuh produk makanan di toko disebut tidak akan menyebabkan infeksi.

Daripada menggunakan sarung tangan, ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan, antara lain:

- Selalu mempraktikkan pembatasan jarak.

- Untuk mempersingkat waktu berbelanja, siapkan daftar belanja sehingga kamu dapat membeli apa yang diperlukan dan keluar dengan cepat.

- Demi keamanan, bersihkan tangan dengan pembersih dan usap pegangan keranjang belanja dengan disinfektan ketika akan berbelanja.

- Hindari menyentuh produk apapun yang tidak ingin kamu ambil.

- Setelah kembali ke rumah, cuci tangan dengan benar selama 20 detik dan juga bersihkan ponsel.

Baca Juga: Kabar Gembira Kembali Datang, Peneliti Klaim Vaksin Ini 99% Ampuh Bunuh Virus Corona: Cara Pakainya Sangat Mudah!

Baca Juga: Satu Lagi Kabar Gembira Corona, Vaksin Bisa Tersedia Tahun ini, Bukan Buatan China Atau Amerika, Tapi Negara Besar ini

Editor : Safira Dita

Sumber : times of india

Baca Lainnya