Dipolisikan Akibat Dituduh Hina Marga Latuconsina, Mbah Mijan Sindir Andre Taulany dan Rina Nose : Hargai Budaya Dengan Hargai Marga

Rabu, 20 Mei 2020 | 20:35
Instagram @mbahmijan

Mbah Mijan Kembali soroti fenomena candaan Andre Taulany dan Rina Nose

Dipolisikan Akibat Dituduh Hina Marga Latuconsina, Mbah Mijan Sindir Andre Taulany dan Rina Nose : Hargai Budaya Dengan Hargai Marga

Paranormal Mbah Mijan tampak turut menanggapi kasus dugaan pelecehan marga yang menimpa Andre Taulany dan Rina Nose.

Diketahui komedian sekaligus presenter ternama Andre Taulany dan Rina Nose dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada Senin (18/5/2020).

Andre Taulany dan Rina Nose dipolisikan oleh pelapor bernama Ruswan Latuconsina.

Baca Juga: Heboh Kasus Pelecehan Marga Latuconsina, Paranormal Ini Seolah Sebut Andre Taulany dan Rina Nose Punya Peran sebagai ‘Pengingat’ Masyarakat Indonesia, Apa Maksudnya?

Baca Juga: Lawakan Andre Taulany dan Rina Nose Berujung Malapetaka Karena Dinilai Menghina Suku Latuconsina, Tanggapan Prilly Justru Sebaliknya

Pasalnya Andre Taulany dan Rina Nose dianggap menghina marga Latuconsina.

Dalam sebuah tayangan program NET TV, Minggu (17/5/2020) Andre Taulany dan Rina Nose memplesetkan nama Prilly Latuconsina.

Andre Taulanay dan Rina Nose, memplesetkan naman Prilly Latuconsina menjadi Prilly Latukondangan hingga Latukontraksi.

Tak disangka, peristiwa candaan itu malah berbuntut panjang.

Andre Taulany dan Rina Nose dilaporkan ke polisi.

Terkait kejadian tersebut, Mbah Mijan tampak ikut berkomentar.

Melansir unggahan di akun Instagram @mbahmijan (19/5/2020), Mbah Mijan menulis sesuatu terkait kejadian yang menimpa Andre Taulany dan Rina Nose.

Baca Juga: Mulutmu Harimaumu! Dituding Melecehkan Marga Latuconsina, Rina Nose Mengaku Penyesalan Atas Candaannya Bersama Andre Taulany: ‘Saya Mohon Maaf yang Sebesar-besarnya’

Baca Juga: Mulutmu Harimaumu! Dituding Melecehkan Marga Latuconsina, Rina Nose Mengaku Penyesalan Atas Candaannya Bersama Andre Taulany: ‘Saya Mohon Maaf yang Sebesar-besarnya’

Menurut Mbah Mijan, perbuatan Andre Taulany dan Rina Nose telah mengingatkan masyarakat Indonesia, bahwa Latuconsina adalah nama sebuah marga.

Prilly Latuconsina, Andre Taulany, Rina Nose

Prilly Latuconsina (https://www.instagram.com/prillylatuconsina96/)Sebab sebagian masyarakat ada yang belum paham bahwa sesungguhnya Latuconsina bukannya hanya sekedar nama, tetapi adalah marga.

"Andre Taulany dan Rina Nose telah mengingatkan warga Indonesia."

"Masyarakat luas banyak yang baru paham kalau (Latu) Latuconsina adalah marga," ujar Mbah Mijan.

Mbah Mijan mengungkapkan, menghargai marga merupakan salah satu cara menghargai adat dan budaya.

Lebih lanjut, Mbah Mijan mengungkapkan memaafkan merupakan bentuk dari tradisi budaya.

"Menghargai marga adalah bentuk menghargai adat budaya, dan memaafkan adalah tradisi budaya," tulis Mbah Mija.

Tampaknya Mbah Mijan ingin masyarakat memaafkan kejadian tersebut.

Baca Juga:Tak Ada Angin dan Hujan, Paranormal ini Berikan Kabar Buruk di Tengah Pandemi Corona, Mbah Mijan : Hati-hati Aja Guys

Baca Juga:Buktikan Ramalannya Tak Meleset, Dua Paranormal Kondang Ini Ingatkan Kembali Firasat 6 Hari Sebelum Roy Kiyoshi Diringkus Gegara Narkoba

Selain itu ia tampak mengajak masyarakat untuk lebih menghargai adat budaya setiap suku maupun daerah.

Instagram/@prillylatuconsia96
Instagram/@prillylatuconsia96

Prilly berlinang air mata ceritakan kehidupannya.

Dipolisikan Diduga Hina Marga Latuconsina, Andre Taulany Sempat Berpesan ke Prilly di Balik Layar (Kompas.com)Dalam unggahannya, Mbah Mijan juga berharap akan muncul solusi terbaik bagi kedua belah pihak.

"Semoga ada solusi terbaik," tulisnya.

Ia juga mengisyaratkan agar pihak yang sedang berseteru saling memaafkan.

"Saling menghargai, saling memaafkan, damailah Indonesiaku," tulis Mbah Mijan di captionnya.

Prilly Latuconsina Buka Suara, Andre Taulany Sempat Sampaikan Ini di Belakang Panggung

Prilly Latuconsina mengatakan pada Minggu (17/5/2020), Andre Taulany dan Sule sempat menghampirinya di belakang panggung dan menyampaikan sebuah pesan.

Namun mulanya Prilly Latuconsina menegaskan sangat mengerti bahwa Andre Taulany dan Rina Nose hanya bercanda.

Ia juga paham bahwa tidak ada niat dari kedua komedian itu untuk melecehkan ataupun menjelekkan marga Latuconsina.

Baca Juga:Ribuan Cacing Bermunculan di Solo dan Klaten, BMKG Jelaskan Soal Prediksi Gempa dan Tsunami

Baca Juga:Belum Kelar Pandemi Corona dan Erupsi Gunung Anak Krakatau, BMKG Malah Beberkan Wilayah Ini Berpotensi Gempa Besar Memicu Tsunami

"Tau sih, kalau aku sendiri, aku sangat mengerti kalau itu memang sebuah candaan dan aku tahu banget, kak Rina Nose dan pak Andre itu memang tidak punya niat sama sekali untuk meledek apalagi mereka juga enggak tahu kalau Latuconsina itu adalah nama keluarga " kata Prilly Latuconsina saat dihubungi awak media, Senin (18/5/2020).

"Ya yang jelas, aku tahu itu hanya candaan dan pak Andre dan kak Rina itu enggak punya niat apapun pasti dan itu hanya candaan aja," lanjutnya.

Prilly pun menjelaskan bahwa Latuconsina adalah marga keluarga.

Selayaknya nama marga keluarga tentu memiliki kesakralan masing-masing, oleh karena itu ada beberapa orang yang menggunakan marga Latuconsina tak terima dan mengecam perbuatan Andre serta Rina.

"Cuma memang Latuconsina itu nama keluarga dan nama keluarga itu kan sakral, marga itu sakral dianggapnya jadi mungkin ada yang tersinggung," ujar Prilly.

"Dan sebenernya Latuconsina itu bukan satu-satunya marga, ada marga Latu lain jadi mungkin marga Latu lain tersinggung juga," katanya.

Prilly Latuconsina menjelaskan sudah mendengar penjelasan dari Andre Taulany dan Rina Nose soal dugaan pelecehan marga Latuconsina.

Kebetulan, Prilly Latuconsina juga diundang dalam acara tersebut dan mendengar langsung penjelasan dari Andre Taulany serta Rina Nose bahwa keduanya hanya bercanda.

Baca Juga:Bak Musibah Tiada Henti, Warga Kembali Digegerkan Fenomena Aneh Air Danau yang Tersedot ke Arah Langit Disertai Suara Gemuruh!

Baca Juga:Bak Tersambar Gledeg, BMKG Tiba-Tiba Beri Peringatan Penting Ini di Tengah Serangan Virus Corona, Ada Apa?

"Udah ketemu karena kebetulan aku diundang. Emang pas ada kejadian itu, aku kebetulan jadi bintang tamunya," kata Prilly Latuconsina.

"Sebelum kejadian justru aku jadi bintang tamu pas udah sampe sana, orang NET nya ngomong ternyata ada kejadian ini. Wah ternyata, 'oh iya ya' gitu. Yaudah akhirnya minta maaf," bebernya.

Pemeran film Danur itu mengerti bahwa tak ada niat melecehkan marga Latuconsina yang ada pada dirinya.

"Iya pak Andre sama kang Sule udah minta maaf dan bilang itu enggak sengaja. Aku juga yang kayak 'yaiyalah enggak papa, aku juga tahu itu enggak ada maksud apa-apa' gitu," jelas Prilly.

Menanggapi adanya respon dari pemilik marga Latuconsina lainnya, Prilly pun memilih untuk memaafkan di suasana ramadhan seperti saat ini.

Baca Juga:Denny Darko Bongkar Sifat Asli Baim Wong Soal Persaingan, Mendadak Beri Peringatan Raffi Ahmad: Hati-hati

Baca Juga:6 Tahun Hanya Terbaring di Tempat Tidur karena Sakit, Aktris Terkenal ini Haru Saat Didatangi Raffi Ahmad dan Diberi THR

Apalagi ia sudah tahu maksud dari ucapan Andre dan Rina bukanlah untuk melecehkan marga Latuconsina.

"Kalau menurut aku ini kan lagi Ramadhan, baiknya kita saling memaafkan gitu. Ya yang paling terpenting dalam sebuah tindakan itu kan niatnya kalau memang tindakan ini enggak ada niat apapun untuk menyinggung, apalagi melecehkan marga yang memang, pure tidak sengaja dan becanda, menurut aku sih enggak usah panjang," jelas Prilly.

"Yaudahlah lagi Ramadhan, kita kan juga lagi fokus bagaimana menghadapi pandemik, jadi lebih baik kita yaudah saling memaafkan aja sih menurut aku," lanjutnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Tanggapi Kasus Andre Taulany & Rina Nose Soal Marga Latuconsina, Mbah Mijan: Banyak yang Baru Paham

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya