Prancis yang Sudah Lockdown Saja Tetap Temukan Anak-anak Terinfeksi Corona Usai Sekolah Kembali Dibuka, Bagaimana dengan Tahun Ajaran Baru di Indonesia Saat PSBB Masih Banyak Dilanggar?

Rabu, 20 Mei 2020 | 17:30

ilustrasi sekolah

GridHITS.id -Pada 12 maret 2020, Prancis resmi memberlakukanlockdowndansekolah adalah ruang publik pertama yang ditutup oleh negara tersebut.

Ini dilakukan karena kekhawatiran bahwa anak-anak rentan terinfeksi dan berpotensi menjadi penyebar virus.

Seiring waktu pemerintah Prancis mendapati jumlah kasus Covid-19 semakin berkurang hingga pada pertengahan Mei, Perancis bersiap untuk keluar dari faselockdown.

Baca Juga: Jadi Idol K-pop Pertama yang Berasal Dari Indonesia, Dita Karang Mengaku Bahwa 2NE1 Adalah Motivasi dan Inspirasinya

Baca Juga: Pantas Saja Tak Butuh Waktu Lama Untuk Berpaling ke Mulan Jameela, Ahmad Dhani Terang-terangan Akui Sudah Punya Cadangan Sebelum Cerai Dengan Maia Estianty

Taman kanak-kanak, sekolah dasar dan sekolah menengah telah dibuka secara bertahap pada 11 Mei 2020 dansekitar 1,4 juta anak kembali ke sekolah.

Namun tak lama kemudian, Prancis melaporkansetidaknya ada 70 kasus Covid-19 yang terdeteksi di sekolah-sekolah.

MelansirDaily Mail, kasus tersebut terjadi di kalangan penitipan anak dan sekolah dasar di Prancis.

Menteri Pendidikan Prancis, Jean-Michel Blanquer menduga kemungkinan anak-anak terinfeksi sebelum sekolah dibuka kembali sehingga penyebaranCovid-19di sekolah tidak bisa dihindari.

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Hingga berita ini ditulis, kasus Covid-19 di Indonesia telah menyentuh angka 18.496 kasus.

Sejak 10 April 2020, DKI Jakarta menjadi daerah pertama yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Baca Juga: Lakukan Kekerasan Saat Istri yang Tengah Hamil Empat Bulan, Pesinetron Sekaligus Adik Miller Khan Aliff Ali Dilaporkan Ke KPAI dan Polisi

Baca Juga: Musibah Membawa Berkah! Sudah Menginfeksi Hampir 5 Juta Orang, Para Ahli Temukan 6 Dampak Positif Corona Bagi Kesehatan Umat Manusia

Meski PSBB telah diberlakukan di sejumlah daerah, nyatanya kerumunan warga dilaporkan banyak terjadi di tempat umum seperti pasar dan bandar udara.

Bahkan masih banyak masyarakat yang abai terhadap protokol kesehatan dan tidak menerapkanphysical distancing.

Namun di sisi lain, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) memastikan tidak akan melakukan pengunduran tahun ajaran baru sekolah.

Kemendikbud di bawah Menteri Nadiem Makariem merencanakan sekolah akan segera kembali dibuka pada tahun ajaran baru di bulan Juli mendatang.

Epidemiolog dr Dicky BudimanM.Sc.PH, PhD (Cand) Global Health Security CEPH Griffith University yang diwawancaraiKompas.compun menanggapi hal ini.

Dicky yang telah terlibat dalam penanganan pandemi hampir 18 tahun sejak wabah SARS, HIV, dan flu burung ini menuturkan, penerapan pola kerja dan sekolah baru harus dipersiapkan dengan matang.

Dia menambahkan, pelaksanaannya baru bisa atau boleh dilakukan jika kesiapan perangkat dan prosedur skrining telah dipenuhi.

"Bila belum dilakukan skrining maka sangat tidak dianjurkan untuk dipaksakan karena berbahaya," ujar dia.

Baca Juga: Hendak Berikan Mahar Seperangkat Alat Salat Untuk Aurel, Atta Halilintar Dapat Peringatan Keras dari Nagita Slavina, Ada Apa?

Baca Juga: Bak Mendapat Mukjizat! Anies Baswedan Rencanakan 2 Minggu Lagi Masyarakat Ibukota Bisa Hidup Normal, Aktivitas Usaha dan Pendidikan Buka

Dicky mengungkapkan, potensi penularan Covid-19 dapat terjadi baik pada orang dewasa muda dan anak-anak. Bahkan, hal ini dapat berakibat fatal atau kematian.

Ada beberapa tahapan yang menurut Dicky wajib dijalankan sebelum akhirnya sekolah benar-benar dibuka.

Antara lainskrining kesehatanbagi guru dan karyawan sekolah, skrining zona lokasi tempat tinggal, pendataan test Covid-19 untuk seluruh perangkat sekolah, pengaturan jarak tempat duduk, hingga pembatasan pergerakan guru dan siswa.

"Kegiatan belajar mengajar relatif aman dilakukan jika seluruh tahapan ini dilakukan. Jika belum siap maka tidak boleh dipaksakan," tegas Dicky seperti dikutip dariKompas.com.

Artikel ini telah tayang di laman Nakita.id dengan judul "Baru Cabut Status Lockdown, Prancis Laporkan 70 Kasus Anak-anak Terinfeksi Corona Usai Sekolah Kembali Dibuka, Bagaimana dengan Indonesia?"

Editor : Nita Febriani

Sumber : nakita

Baca Lainnya