Virus Corona Masih Menggila, Apakah Covid-19 Bisa Menempel pada Baju hingga Kita Harus Langsung Menggantinya Usai Bepergian?

Selasa, 12 Mei 2020 | 12:01
pixabay.com

Ilustrasi pandemi Covid-19

Virus Corona Masih Menggila, Apakah Covid-19 Bisa Menempel pada Baju hingga Kita Harus Langsung Menggantinya Usai Berpergian?

GridHits.id -Dikabarkan sebelumnya jika viruscorona menyebar dari satu orang ke orang lain melalui droplet.

Droplet tersebut memiliki jangkauan 1,5 - 2 meter, oleh karena itu pemerintah mengimbau masyarakat untuk menjaga jarak satu sama lainnya.

Belakangan muncul kabar soal virus corona juga bisa disebarkan melalui mikrodroplet yang jarak jangkaunya mencapai 6 meter, loh.

Namun, apakah virus corona bisa menempel pada baju atau benda yang ada di tubuh kita?

Baca Juga: Berita Kriminal Terlucu! Kawanan Penjahat di Makassar Alami Sengsara Dua Kali Usai Bobol Rumah Pasien Virus Corona

Baca Juga: Kasus Virus Corona Sentuh Angka 14 Ribu, Tangan Kanan Joko Widodo Ini Malah Izinkan Warga Berusia di Bawah 45 Tahun Kembali Beraktivitas Normal, Alasannya Sungguh Mengejutkan

Hal tersebut dijawab olehdokter spesialis THT, Gunterus Avans dalam sesi tanya jawab yang ditayangkan dalam kanal YouTube KompasTV (3/5/2020).

Dalam kesempatan itu, beberapa warganet memberikan pertanyaan terkait virus corona.

Salah satu pertanyaannya yakni apakah virus corona bisa menempel di pakaian sehingga lebih baik berganti baju usai keluar rumah.

Mulanya,Gunterus menjelaskan bahawa virus corona bisa bertahan pada benda mati selama kurang lebih sembilan hari.

YouTube/ KompasTV

Begini kata ahli soal virus corona yang bisa menempel pada baju

"Pada penelitian, virus corona ini dapat menempel di benda mati antara 5 - 9 hari," jelas Gunterus

"Ya jadi kalo memang kita bepergian keluar harus segera ganti baju, dan kitanya pun mandi. Itu untuk mencegah adanya virus-virus yang menempel pada kita dan baju," ungkapnya.

"Dari WHO dikatakan bahwa virus ini berubah dari droplet, bersin atau batuk, dia (Covid-19) sekarang bisa berada di udara. Itu mengapa kita harus menggunakan maskerwalau pun keluar tak bertemu orang," tegas Gunterus.

Dua anak terinfeksi virus corona diduga dari baju sang ayah

Sebelumnya, ada kasus dua orang anak dan ibunya positif Covid-19 diduga karena tertular dari pakaian ayahnya.

Baca Juga: Pakai Cara Unik, Pemerintah Kota Ini Manfaatkan Kotoran Ayam Untuk Tangkal Virus Corona

Baca Juga: Pemerintah Persilakan Warga Usia di Bawah 45 Tahun Beraktivitas Kembali di Tengah Pandemi Corona, Ahli Epidemiologi Berikan Catatan

Dugaannya, sang ayah yang bekerja di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet meletakkan begitu saja pakaian kerjanyadi kamar.

Selang beberapa jam, anaknya mengalami demam tinggi yang disertai dengan batuk.

Hal itu juga dirasakan oleh anggota keluarga lain hingga hasil tes menunjukkan bahwa ibu dan dua anaknya positif Covid-19.

Baca Juga: Bak Angin Surga di Tengah Pandemi Covid-19, Menteri Pertanian Temukan Antivirus Corona yang Sudah Teruji Laboratorium, Harapan Baru?

Baca Juga: Belajar dari Pengalaman, Ternyata Ini Rahasia Taiwan Jadi Negara Terbaik Hadapi Virus Corona Walau Dikucilkan WHO

Disebutkan jika satu keluarga itu tinggal di Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Namun belum diketahui bagaimana kondisi terbaru dari dua anak dan ibunya tesebut usai diisolasi di rumah sakit karena terinfeksi virus corona.

Editor : Safira Dita

Sumber : YouTube

Baca Lainnya