Di Negara ini, Masjid Kini Jadi Tempat Penyimpanan Jenazah Covid-19 Selama Anjuran Beribadah dari Rumah Digalakkan

Rabu, 29 April 2020 | 09:26
Flickr

Masjid Michigan

Di Negara ini, Masjid Kini Jadi Tempat Penyimpanan Jenazah Covid-19 Selama Anjuran Beribadah dari Rumah Digalakkan

GridHits.id - Dampak dari corona membuat sejumlah aktivitas tidak berjalan seperti biasa.Salah satunya ibadah di masjid bagi umat muslim di seluruh dunia.Bahkan di tengah pandemi ini, masjid pun jadi berubah fungsi.Selain jadi tempat sementara untuk stok makanan hingga tempat penyimpanan mayat.

Baca Juga: Maling Kotak Amal Masjid, Warga dan Polisi Ketakutan Saat Hendak Menangkapnya karena Pelaku Mengaku ODP Corona

Baca Juga: Tertangkap Basah Mencuri Kotak Amal, Pria Ini Mengaku ODP Corona Saat Tengah Terkepung WargaBanyak kegiatan yang dilakukan di rumah saja untuk mendukung physical distancing.

Hal ini membuat beberapa tempat umum menjadi sepi untuk mematuhi anjuran pemerintah.Mulai dari sekolah hingga tempat ibadah sepi.Hal ini membuat tempat-tempat ini diubah menjadi tempat penanganan virus corona.

Dari bank makanan sampai tempat penyimpanan mayatSebuah masjid di Istanbul, Turki telah berubah menjadi bank makanan untuk membantu orang miskin selama pandemi virus corona."Setelah shalat ditangguhkan, saya memiliki ide untuk mengidupkan kembali masjid dengan mengizinkan orang kaya membantu orang-orang yang membutuhkan," kata Imam Masjid, Cakir (33), dilansir dari Euro News, Rabu (22/4/2020).

Rak yang biasanya disediakan untuk sepatu jemaah penuh dengan paket pasta, biskuit, dan botol minyak zaitun.

Baca Juga: Meski Pandemi Virus Corona Diprediksi Berakhir, Negara Ini Justru Apes karena Terpaksa Harus Social Distancing Sampai Tahun 2022

Baca Juga: Ikuti Anjuran Social Distancing, Noah Sinclair Mengisi Hari-harinya Dengan Mengaji Dirumah

Cakir mengatakan, inisiatif itu terinspirasi oleh tradisi "sadaka tasi", sebuah batu berlubang di dalamnya yang berisi barang-barang amal untuk orang miskin.Sementara Masjid E Ghosia di kota industri Bolton, Inggris berubah menjadi rumah sakit dengan 55 tempat tidur untuk para pasien Covid-19.Itu terjadi ketika banyak tempat di seluruh Inggris diubah menjadi rumah sakit militer dan gelanggang es digunakan sebagai kamar mayat sementara.

"Masjid ini memiliki aula besar, yang digunakan untuk pernikahan dan acara, yang hanya akan duduk di sana kosong," katanya kepada The National, Rabu (1/4/2020)."Kami melakukan panggilan untuk sukarelawan dan mendapat respons yang hebat dengan lebih dari 60 orang yang menawarkan bantuan baik muda maupun tua.

Dokter gigi lokal membantu menjalankan infeksi dan sisi kontrol," sambungnya.

Dewan Masjid Boloton pun mendukung inisiatif tersebut.

Menurutnya, memanfaatkan masjid tersebut menjadi cara mereka untuk membantu semua orang."Kami berpikir bagaimana kami bisa memanfaatkan ini daripada hanya membiarkannya apa adanya, terutama pada saat kami benar-benar membutuhkan sesuatu seperti ini," katanya lagi.

Sementara itu, sebuah masjid di Birmingham menggunakan tempat parkirnya untuk menjadi tempat penyimpanan mayat sementara, setelah jumlah pasien meninggal mengalami peningkatan.Tempat parkir tersebut dapat memuat 150 jenazah dan telah dilengkapi dengan pendingin.Dilansir dari Express & Star, Selasa (21/4/2020) relawan yang membantu penanganan di masjid itu mengatakan bahwa semua biaya sepenuhnya berasal dari keuangan masjid.Setiap harinya, mereka bisa mengadakan empat hingga lima pemakaman setiap harinya.

Baca Juga: Angin Segar di Awal Bulan Ramadhan, Jokowi Beberkan Kepastian Berakhirnya Pandemi Corona, Semakin Tampak di Depan Mata

Baca Juga: Kabar Gembira, Presiden Jokowi Ungkapkan Kepastian Berakhirnya Pandemi Corona Sudah Jelas Terlihat Sejak Hari Pertama Ramadhan, Ini PenjelasannyaSelain pengalihfungsian masjid, sejumlah masjid lain juga mulai batasi aktivitas di tempat ibadah ini.

Lalu, di tengah wabah Covid-19 Pakistan mencabut pembatasan shalat berjamaah di masjid, tetapi jamaah wajib menjaga jarak 2 meter.

Pernyataan itu diumumkan pemerintah Pakistan pada Sabtu (18/4/2020) jelang bulan Ramadan.Menurut pernyataan itu pengelola masjid juga diharuskan mendisinfeksi tempat secara teratur.Negara Muslim terpadat kedua di dunia ini memberlakukan pembatasan kurang dari sebulan yang lalu, dan sebelumnya hanya mengizinkan 3-5 orang di masjid untuk shalat.Peraturan baru ini diumumkan kurang dari seminggu sebelum bulan Ramadan, di mana jumlah jamaah biasanya meningkat.Keputusan untuk mencabut pembatasan tersebut diambil dalam pertemuan antara Presiden Pakistan Arif Alvi dan para pemuka agama."Masjid-masjid diberikan izin untuk melakukan tindakan pencegahan," tulis sebuah pernyataan setelah pertemuan itu.

Artikel ini telah tayang di GridFame.id dengan judul Warga Diminta Shalat Di Rumah Selama Corona, Masjid Berubah Fungsi Jadi Gudang Makanan dan Penyimpanan Mayat

Editor : Saeful Imam

Sumber : gridfame.id

Baca Lainnya