Heboh Isu Kim Jong Un Meninggal Dunia, Adik Perempuannya Disebut-sebut Akan Menjadi Penerus Rezimnya

Senin, 27 April 2020 | 10:30
(POOL New via REUTERS) via Kompas.com

Kim Jong Un (kiri) dan adik perempuannya Kim Yo Jong (kanan) saat menghadiri pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada 27 April 2018.

Heboh Isu Kim Jong Un Meninggal Dunia, Adik Perempuannya Disebut-sebut Akan Menjadi Penerus Rezimnya

GridHits.id - Baru-baru ini publik dihebohkan oleh kabar meninggalnya petinggi Korea Utara.

Kabar meninggalnya Kim Jong Un beredar di dunia maya.

Meski masih simpang siur, masyarakat tampak terus mencari tau kebenaran berita kematian sang diktator.Kim Jong Un disebut-sebut meninggal pasca menjalani operasi kardiovaskular.Kim Jong un dikabarkan kritis dan kondisi kesehatannya terus menurun.

Baca Juga: Kematian Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un Jadi Trending, Tengok Sosok Wanita Misterius yang Selalu Mendampinginya Ini

Baca Juga: Selalu Menutup-nutupi, Nasib Tragis Akan Menimpa Rezim Kim Jong Un Jika Pandemi Corona Terjadi di Korea UtaraNamun, hingga saat ini, kabar meninggalnya Kim Jong Un belum bisa dikonfirmasi kebenarannya mengingat Pemerintah Korea Utara yang tertutup.Jika isu yang berembus tersebut benar adanya, maka sosok Kim Yo Jong yang merupakan adik perempuan Kim Jong Un dikabarkan akan meneruskan tahta sang kakak.Lantas siapakah Kim Yo Jung? Seperti apa sosok wanita yang disebut sebagai calon terkuat pengganti Kim Jong Un.

Jika isu yang berembus tersebut benar adanya, maka sosok Kim Yo Jong yang merupakan adik perempuan Kim Jong Un dikabarkan akan meneruskan tahta sang kakak.

Lantas siapakah Kim Yo Jung? Seperti apa sosok wanita yang disebut sebagai calon terkuat pengganti Kim Jong Un.Berikut sejumlah fakta tentang Kim Yo Jung, seperti dilansir oleh Tribunnews.com:

Baca Juga: Selalu Menutup-nutupi, Nasib Tragis Akan Menimpa Rezim Kim Jong Un Jika Pandemi Corona Terjadi di Korea Utara

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Miliuner Ini Tiba-tiba Sebut Wabah Virus Corona ‘Baru Setengah Jalan’ Menghantam Dunia, Ada Apa?1. Berusia 33 tahunDikutip dari Kompas.com, tidak diketahui pasti berapa usia Kim Yo Jong.

Namun, diyakini ia lahir pada tahun 1987 atau empat tahun lebih muda dari Kim Jong UnDengan demikian, saat ini ia diperkirakan berusia 33 tahun.

Kim Yo Jong lahir dari ibu yang melahirkan Kim Jong Un dan saudara laki-lakinya, Kim Jong Chol, menurut pengamat masalah-masalah Korut dan akademisi di AS, Michael Madden.

2. Pernah sekolah di Swiss

Sama seperti sang kakak, Kim Yo Jong mengenyam pendidikan dasar dan menengah di Berne, Swiss pada 1990-an.

Ia disebut-sebut memiliki hubungan yang sangat dekat dengan kakaknya itu.Di Swiss ia dan kakaknya dilaporkan tinggal di rumah pribadi dengan pengawasan yang ketat dari pengawal pribadi dan staf yang dikirim oleh sang ayah, Kim Jong Il.Situs yang mengamati keluarga penguasa Korut menyebutkan, agar Kim Yo Jong dan Kim Jong Un tak kesepian, maka Kim Jong Il pernah mengirim sejumlah musisi dari Korut ke Swiss.

Dengan demikian, saat ini ia diperkirakan berusia 33 tahun.

Baca Juga: Ribuan Nyawa Sudah Melayang, Presiden Joko Widodo dengan Tegas Meminta Masyarakat Indonesia Terapkan Cara Baru Ini Demi Memutus Penyebaran Virus Corona, Apa?

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Miliuner Ini Tiba-tiba Sebut Wabah Virus Corona ‘Baru Setengah Jalan’ Menghantam Dunia, Ada Apa?

Kim Yo Jong lahir dari ibu yang melahirkan Kim Jong Un dan saudara laki-lakinya, Kim Jong Chol, menurut pengamat masalah-masalah Korut dan akademisi di AS, Michael Madden.Setelah bersekolah di Swiss, Kim Yo Jong melanjutkan pendidikan di Universitas Kim Il Sung di Pyongyang dengan mengambil jurusan ilmu komputer.Tak banyak didapat informasi tentang kehidupan Kim Yo Jong sebagai mahasiswa di Pyongyang, ibu kota Korut itu.

3. Menikah di Awal 2015

Kim Yo Jong menikah dengan Choe Song, anak wakil ketua Partai Pekerja, Choe Ryong-hae, pada awal 2015.Kim Yo Jong digambarkan sebagai seseorang dengan kepribadian yang menyenangkan dan sedikit tomboy, kata pengamat Korea Utara Michael Madden kepada BBC.Tapi ada juga laporan yang mengatakan bahwa Kim Yo Jong adalah pribadi yang tertutup dan keluarga besar Kim tak sering berinteraksi dengannya.

4. Aktif di Partai PekerjaPada 2007, Kim Yo Jong diketahui mulai aktif di kegiatan Partai Pekerja dan pada akhir 2000-an ia dilibatkan dalam menyiapkan Kim Jong Un sebagai pemimpin negara, setelah sang ayah, Kim Jong Il dua kali terkena stroke pada 2008.

5. Menjadi anggota politbiro Partai PekerjaKim Yo Jong masuk ke politbiro menggantikan bibinya, Kim Kyong Hui, salah satu tokoh penting di lingkaran dalam Kim Jong Il, ayah dari Kim Jong Un.Dengan masuk ke politbiro, komite pusat yang sangat berpengaruh, Kim Yo Jong praktis masuk ke lembaga yang bertanggung jawab mengambil keputusan-keputusan penting di negara komunis itu.

6. Pemoles citra sang kakak

Sebelum masuk ke politbiro, Kim Yo Jong bertanggung jawab memoles citra Kim Jong Un.

Menurut sejumlah laporan, dialah yang meminta Kim Jong Un mengunjungi taman-taman hiburan, sekolah, perumahan rakyat, dan mengusulkan agar sang kakak bersahabat dengan mantan pemain bola basket kenamaan Amerika Serikat (AS), Dennis Rodman.Selain memastikan citra positif, ia juga mengurusi logistik dan perjalanan Kim Jong Un maupun berperan sebagai penasihat politik.

Baca Juga: Pernah Menikah 24 Kali, Inilah Istri Pertama Vicky Prasetyo yang Tak Pernah Terekspos

Baca Juga: 11 Tahun Hidup Mewah dengan Christian Sugiono, Titi kamal Sampai Lupa Kapan Terakhir Kali Memasak: Aku Udah Lupa

7. Kerap tampil di publik mendampingi Kim Jong Un

Ia kemudian beberapa kali terlihat tampil di depan umum, seperti saat menghadiri pemakaman ayahnya pada 2011 dan mendampingi kegiatan-kegiatan Kim Jong-un pada 2014.Sejak itu fotonya beberapa kali termuat di media pemerintah.Ia sempat dikabarkan dipecat dari departemen agitasi dan propaganda namun kabar ini tak menjadi kenyataan karena diyakini ia memang menjadi bagian dari paket kepemimpinan baru Korea Utara.Hingga saat ini, Kim masih kerap terlihat mendampingi sang kakak.Bahkan, dalam beberapa waktu terakhir, Kim Yo Jong mengambil peran cukup menonjol dalam kebijakan di Korea Utara.

Mengutip Vox, Kim Yo Jong sempat mengeluarkan pendapatnya sendiri dan bertemu dengan sejumlah pemimpin dunia.Bulan lalu, wanita ini membuat pernyataan publik pertamanya dengan mengecam Korea Selatan sebagai gonggongan anjing yang ketakutan setelah Seoul memprotes latihan militer langsung Korea Utara.Kemudian pada Maret, Kim Yo Jong secara terbuka memuji Donald Trump karena mengirimi kakaknya surat.Trump mengatakan dia berharap untuk menjaga hubungan bilateral yang baik dan menawarkan bantuan dalam menangani pandemi virus corona, diberitakan Guardian.

Publikasi pernyataan politik atas nama Kim Yo Jong menggarisbawahi peran sentralnya dalam rezim, menurut Youngshik Bong, seorang peneliti di Institut Studi Korea Utara Universitas Yonsei di Seoul."Ini mengungkapkan Kim Jong Un mengizinkannya untuk menulis dan mengumumkan pernyataan pedas tentang Korea Selatan dengan nada pribadi," kata Bong."Dia jelas siap untuk membiarkan adiknya menjadi alter egonya," tambah Bong.

Sebagian Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kim Jong Un Dikabarkan Meninggal, Kim Yo Jong Disebut-sebut Jadi Penerus Dinasti Kim, Siapa Dia?

Editor : Safira Dita

Sumber : tribunnews

Baca Lainnya