Waspada, Asap Rokok juga Mengandung Virus Corona dan Berisiko Menularkan ke Orang Terdekatnya

Selasa, 14 April 2020 | 20:55
Kolase tribunnews

Merokok ternyata dapat menularkan virus corona

Waspada, Asap Rokok juga Mengandung Virus Corona dan Berisiko Menularkan ke Orang Terdekatnya

GridHITS.ID- Banyak orang belum memahami, para perokok bisa berdampak fatal bila terjangkit virus corona.

Tak hanya itu, asap rokoknya yang dikepulkannya pun berpotensi menularkan virus corona.

Ya,penularan virus corona itu tidak hanay dari droplet pasien positif Covid-19.

Namun, tahukah Moms jika ternyata asap rokok disebut juga bisa menjadi perantara virus menular ke orang lain loh.

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa perokok menjadi salah satu orang yangberisiko tinggi terjangkit virus ini.

Baca Juga: Sudah Lima Tahun Menjalankan Bisnis, Haykal Kamil Tiba-Tiba Ungkap Gejolak Terdahsyat yang Dirasakan di Tengah Pandemi Virus Corona Ini, Apa?

Baca Juga: Belum Tentu Benar, 4 Bahan yang Dipercaya Bisa Lindungi Kita dari Virus Corona Ternyata Belum Teruji Pasti, Hati-hati!

Beberapa waktu lalu, para ahli penyakit paru-paru melakukan riset terkait dengan penyebaran virus corona.

Para ahli tersebut menyebut adanya kemungkinan hubungan antara merokok dan pengembang komplikasi dari virus corona.

Dikutip oleh Intisari Online dariTelegraph, sebuah analisis baru di Cina dan Amerika Serikat menunjukkan bahwa pria lebih mungkin didiagnosis dengan penyakit ini, lebih cenderung memiliki gejala yang paling parah, seperti pneumonia, dan lebih mungkin mati.

Salah satu alasan bisa terjaditerhadap laki-laki mungkin karena para lelaki di Cina adalah perokok berat.

Ternyata tak hanya perokok aktif, perokok pasif juga bisa tertular virus corona saat dekat dengan pasien Covid-19 yang sedang merokok.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum IDI, dokter Adib Khumaidi dalam tayangan di kanal YouTube KompasTV (13/4/2020).

Baca Juga: Nganggur di Rumah Kurangi Aktivitas Picu Stres, Aksi Sederet Artis Tanah Air Jadi Sorotan di Tengah Pandemi Corona, Begini Kata Ahli Psikolog

Baca Juga: Paranormal Kondang Kalah? 6 Ilmuan dan Peneliti Ini Prediksi Kapan Virus Corona Berakhir di Indonesia

Dalam tayangan tersebut dilakukan sesi tanya jawab dari penelepon bersama dengandokter Adib.

Salah satu penelepon bertanya apakah perokok yang positif Covid-19 bisa menularkan virusnya melalui asap rokok yang dihembuskan.

Mulanya dokter Adib menegaskan bahwa perokok memiliki risiko tinggi untuk terinfeksi Covid-19.

"Perokok ini sebenernya dua ini, buat dia sendiri dengan Covid ini maka dia akan semakin faktor risiko karena dia udah punya problem di paru-parunya karena dia seorang perokok," ungkap dokter Adib.

Dokter Adib selanjutnya menjelaskan bahwa perokok yang terinfeksi virus corona juga bisa membahayakan jika asap rokoknya terhirup orang lain.

Baca Juga: Terlihat Selalu Adem Ayem dan Romantis, Denny Darko Justru Ungkap Rahasia yang Sebabkan Reino Barack Menikahi Syahrini

Baca Juga: Kabar Baik, Setelah Hampir Sebulan Dirawat karena Corona, Bupati Karawang Akhirnya Sembuh dan Diizinkan Pulang ke Rumah dengan Satu Syarat Ini, Apa?

"Kedua, saat dia merokok di dalam satu ruangan katakanlah, selama dia nggak droplet nggak masalah, tapi kalo dalam ruangan tertutup sehingga asapnya kemana-mana, itu bisa jadi sumber penularan (Covid-19) ke yang lain," tukasnya.

"Umpamanya, dalam jarak dekat, satu meter, kemudian dia menghirup asap rokok dari yang dihembuskan oleh perokok yang ada positif (corona), itu bisa jadi sumber penularan juga," tegasnya.

Artikel ini pernah ditulis di nakita.id dengan judul :Perokok Disebut Memiliki Risiko Tinggi Terhadap Virus Corona, Asap Rokoknya Juga Bisa Tularkan Covid-19 Kalau...

Editor : Saeful Imam

Sumber : YouTube, intisari

Baca Lainnya