Akhirnya Pandemi Covid-19 Perlahan-lahan Sudah Menurun, Indikasi di Seluruh Belahan Dunia Mulai Terlihat

Senin, 06 April 2020 | 20:12

Corona menelan banyak korban jiwa

Akhirnya Pandemi Covid-19 Perlahan-lahan Sudah Menurun, Indikasi di Seluruh Belahan Dunia Mulai Terlihat

GridHits.id - Setelah lockdown, karantina, dan dilarang bepergian selama berminggu-minggu, tampaknya tingkat peningkatan kasus virus korona baru mulai melambat di beberapa negara yang paling terpukul.

Dilansir dari Business Insider, Senin (30/3), grafik dari situs pelacakan data Worldometer menunjukkan kemajuan wabah di negara-negara Eropa Barat yang telah bergulat dengan wabah selama beberapa minggu:

Baca Juga: Kena Fitnah Malah Donasikan Pakistan Dibanding Negaranya Sendiri, Shah Rukh Khan Bungkam Warganet dengan Cara Ini

Baca Juga: Pedih! Sudah Pertaruhkan Nyawa untuk Lawan Covid-19, Perawat Ini Justru Dilukai Oleh Pasien yang Dirawatnya, Begini Kesaksiannya!

intisari

kasus corona di Italia

Kasus virus corona di Italia menurun selama sepekan terakhir.

intisari

kasus corona di spanyol

Jumlah kasus virus corona di Spanyol juga telah menurun baru-baru ini.

intisari

kasus corona di Inggris

Tingkat penurunan di Inggris.

Ketiga data tersebut menunjukkan lintasan dengan pola yang sama: puncak terjadi baru-baru ini, dan kemudian menurun.

Sulit untuk menilai tren dari data ini saja, karena periode yang menunjukkan penurunan kasus masih terlalu kecil.

Tetapi beberapa ahli di negara-negara itu juga terdengar optimis.

Baca Juga: Angbeen Rishi Bagikan Aktivitas di Pagi Hari Bersama Adly Fayruz Usai Resmi Menikah, Warganet: 'Morning Pengantin Baru'

Baca Juga: Sudah Bisa Diakses Hanya dengan WA, Cek 5 Fakta Soal Token Listrik yang Digratiskan Pemerintah, Anda Termasuk?

Di Italia, pada jumpa pers hari Minggu, penasihat kesehatan pemerintah Luca Richeldi mengatakan bahwa hanya 50 orang pada hari itu yang perlu dibawa ke unit perawatan intensif, dibandingkan dengan sekitar 120 dalam dua hari sebelumnya.

Dia mengatakan dia menganggap itu sebagai tanda bahwa lockdown keras di Italia sedang bekerja.

Di Inggris, Neil Ferguson, ahli epidemiologi berpengaruh di Imperial College London, mengatakan kepada program BBC "Today" pada hari Senin

"Kita dapat melihat beberapa tanda awal perlambatan dalam beberapa indikator."

Dia mengatakan untuk "melihat jumlah penerimaan rumah sakit baru hari ini, misalnya - yang tampaknya sedikit melambat sekarang," menambahkan bahwa "itu belum datar, karena jumlahnya meningkat setiap hari, tetapi tingkat peningkatan itu melambat."

Dia mengatakan bahwa kematian kemungkinan akan terus meningkat, karena orang dengan infeksi fatal cenderung menghabiskan beberapa hari di rumah sakit sebelum meninggal.

Masih banyak alasan untuk berhati-hati

Sementara itu Inggris juga memberlakukan lockdown namun agak sedikit terlambat, sehingga kemungkinan efeknya belum mempengaruhi jumlah kasus baru.

Data kasus juga berombak.

Italia pekan lalu tampaknya mencatat penurunan, namun kemufian bangkit kembali ke angka rekor sebelum jatuh lagi.

Italia pekan lalu tampaknya mencatat penurunan, namun kemufian bangkit kembali ke angka rekor sebelum jatuh lagi.

Baca Juga: Selaras dengan WHO, Pemerintah Indonesia Beberkan Keunggulan Masker Kain 3 Lapis, Berapa Persen Ampuh Tangkal Virus Corona?Baca Juga: Sempat Buat Maia Estianty Ketakutan, El Rumi Dapat Peringatan Tegas Ahmad Dhani hingga Dilarang Datangi Rumahnya, Kenapa?

Farzad Mostashari, pendiri startup kesehatan Aledade dan mantan koordinator nasional untuk teknologi informasi kesehatan di Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, mencuit di Twitter:

"Kami mungkin memiliki sinyal awal bahwa data publik ini menunjukkan infeksi di New York melambat."

Meski begitu, di AS yang lebih luas, gambarnya terlihat lebih suram.

Bahkan Presiden Donald Trump, yang secara konsisten meremehkan ancaman yang ditimbulkan oleh virus itu, pada hari Minggu mengabaikan harapannya untuk menghidupkan kembali ekonomi AS sebelum Paskah.

Sebaliknya, katanya, negara harus menganggapnya sebagai "pekerjaan yang sangat baik" jika jumlah kematiannya dapat ditekan hingga 100.000 orang.

Artikel ini telah tayang di Intisari-online.com dengan judul Terlihat Tanda-tanda Awal Bahwa Pandemi Virus Corona di Seluruh Dunia Mulai Melambat, Simak Selengkapnya Berikut Ini

Editor : Safira Dita

Sumber : intisari online

Baca Lainnya