Misteri Penyebab Kasus Corona Di Indonesia yang Terus Menanjak Akhirnya Terbongkar, Ini Kata Ahli

Minggu, 05 April 2020 | 16:00
tangkapan layar Instagram.com/gosipnyinyir2

Jenazah positif Covid-19 ditolak warga, tenaga medis dilempari batu

Penyebab Kasus Corona Di Indonesia yang Terus Menanjak Akhirnya Terbongkar, Ini Kata Ahli

GridHits.id - Hingga saat berita ini ditulis, belum ada tanda-tanda penurunan jumlah pasien positif corona yang dilaporkan.

Hal ini pun membuat masyarakat bertanya-tanya, kenapa jumlahnya bisa terus naik?

Para ahli pun berusaha mencari apa penyebab naiknya kasus Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Bikin Geger Satu Kampung! Pasien Positif Corona Malah Kabur dan Berkeliaran Naik Ojek, Kok Bisa?

Baca Juga: Anak Indigo Prediksi Kapan Berakhirnya Virus Corona di Indonesia: Bulan Ini dan Bulan Depan Masih Banyak

Jika dilihat, Indonesia berada di iklim tropis dan menurut ahli virus, drh. Moh Indro Cahyono, virus tak akan bertahan lama hidup di suhu yang panas.

"Iklim di Indonesia itu 26 - 30 derajat celsius, virus itu akan ada di udara selama maksimal 3 menit pada suhu 20 - 25 derajat (celsius). Sehingga di suhu kita, pas siang-siang, virus itu nggak akan bertahan lama dari 1 menit," ungkapnya dilansir dari tayangan di kanal YouTubeOfficial iNews(29/3/2020).

Hal serupa juga dibenarkan oleh kajian literatur bahwa suhu di panas seperti di Indonesia tak ideal untuk wabah virus corona.

Lalu apa yang membuat kasus virus corona di Indonesia terus meningkat?

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, lewat siaran pers BMKG padaJumat (3/4/2020) menjelaskan hasil kajian yang telah disampaikan kepada Presiden dan beberapa Kementerian terkait pada tanggal 26 Maret 2020 lalu soal adanya indikasi pengaruh cuaca dan iklim dalam mendukung penyebaran wabah virus corona.

Dikabarkan bahwa ahli BKMG dan UGM melakukan kajian berdasarkan analisis statistik, pemodelan matematis dan studi literatur mengenai pengaruh cuaca dan iklim terhadap penyebaran virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Kini Jarang Tampil di Layar Kaca Setelah Dinikahi Reino Barack, Rupanya Begini Nasib Karier Syahrini Dibaca dari Kartu Tarot

Baca Juga: Masih dalam Tahap Uji, Reaksi Mengejutkan Terjadi Saat Vaksin Corona Disuntikkan pada Seekor Tikus!

Akan tetapi, cuaca dan iklim hanya faktor pendukung, bukan faktor penentu untuk Covid-19 berkembang di Indonesia.

Tim dari BMKG dan UGM pun melaporkan dugaan penyebab meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia.

Menurut laporan mereka, meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia saat ini diduga dipengaruhi oleh mobilitas dan interaksi sosial daripada faktor cuaca.

Hal itu diperkuat dengan pengakuan ahli bahwa kondisi cuaca, iklim serta geografi Indonesia sebenarnya relatif lebih rendah risikonya untuk berkembangnya wabah Covid-19.

Berdarkan hasil kajian ini, tim BMKG dan UGM pun menyampaikan bahwa apabila mobilitas penduduk dan interaksi sosial benar-benar dapat dibatasi.

Baca Juga: Sang Istri Ulang Tahun, Glenn Fredly Pamer Video Sembari Beri Caption Romantis, Bikin Warganet Meleleh!

Baca Juga: Lakukan Siaran Langsung di Medsos, PDP Bumil ini Keluhkan Layanan Rumah Sakit : Minta Minum, Air Baru Datang 2 Jam

Hal itu juga harus disertai dengan intervensi kesehatan masyarakat, maka faktor suhu dan kelembapan udara dapat menjadi faktor pendukung dalam mengurangi risiko penyebaran wabah Covid-19.

Artikel ini telah tayang di Nakita.ID dengan judul Akhirnya Terungkap, Ahli Bongkar Dugaan Penyebab Kasus Virus Corona di Indonesia yang Terus Meningkat

Editor : Safira Dita

Sumber : nakita

Baca Lainnya