Ketulusan Hati di Tengah Kejamnya Virus Corona, Ada Desa yang Siap Menerima Jenazah Pasien Covid-19 dari Berbagai Wilayah, di Mana?

Sabtu, 04 April 2020 | 12:11
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Ilustrasi Petugas pemakaman membawa peti jenazah pasien suspect virus corona atau Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat, Kamis (26/3/2020)

Ketulusan Hati di Tengah Kejamnya Virus Corona, Ada Desa yang Siap Menerima Jenazah Pasien Covid-19 dari Berbagai Wilayah, di Mana?

GridHITS.ID - Kasus Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah.

Hal itu seiring bertambahnya pula masalah sosial yang ada di masyarakat.

Bagaimana tidak, beberapa waktu lalu dikabarkan para tenaga medis diusir dari kos mereka karena warga sekitar takut tertular virus corona.

Bahkan katanya ada yang diusir saat akan membeli makanan di warteg.

Baca Juga: Marshanda Sindir Pengguna TikTok Usai Dihujat Satu Indonesia dan Disebut Gila Karena Pernah Nyanyi Sambil Joget: I Am The Trend

Baca Juga: Kisah Haru Driver Ojol Lindungi Pesanan Makanan Saat Sekujur Tubuhnya Diguyur Disinfektan, Respons Pemesannya Justru Tak Terduga!

Tak hanya itu, banyak daerah yang menolak adanya pemakaman jenazah pasien Covid-19.

Ada pula jenazah yang sudah dikebumikan harus digali kembali lantaran warga ngotot menolak penguburan pasien Covid-19.

Namun, di balik kecarut-marutan tersebut, ada sebuah daerah di Jawa Tengah yang dengan tangan terbuka menerima jenazah pasien Covid-19 dari daerah mana pun loh.

Melansir dari tayanan di kanal YouTube Official iNews (3/4/2020), Kepala Desa Banjaranyar, Kecamatan Sokaraja, Banyumas mengaku siap menerima pemakaman pasien Covid-19.

YouTube Official iNews

Pengakuan Kepala Desa Banjaranyar, Karseno yang siap menerima jenazah pasien Covid-19 dari beragai daerah

Keputusan ini diambil atas dasar bentuk kemanusiaan dan keprihatinan terhadap aksi penolakan pemakaman jenazah pasien Covid-19 di sejumlah wilayah.

Aksi Kepala Desa, Karseno pun didukung oleh Badan Pengawas Desa (BPD), tokoh agama, tokoh masyarakat hingga warga setempat.

"Dengan adanya kejadian itu (penolakan jenazah), kita tergugah, rasa kemanusiaan kita timbul 'oke kita siap menyiapkan lahan untuk jenazah corona," jelas Karseno.

Baca Juga: Sudah Bunuh 53.292 Orang, Tak Disangka Virus Covid-19 Punya Sisi Positif Dalam Menyelamatkan Kehidupan Spesies Ini

Baca Juga: Miris, Nia Daniaty Blak-blakan ungkap Anaknya Sempat Depresi Lihat Perangai Farhat Abbas : Dia Sampai Depresi

Lahan yang bisa digunakan untuk memakamkan jenazah Covid-19 rencananya ada di tiga tempat pemakaman umum (TPU) di Desa Banjaranyar.

Banyak warganet yang terkesan dengan keputusan yang diambil oleh Kepala Desa Banjaranyar tersebut.

"Semoga Allah membalas keikhlasan saudara hanya Allah yg dpt membalasnya," tulis Aris.

"EMPATI YG SANGAT LUAR BIASA smoga ALLAH SWT memberi barokah pahala berlipat ganda buat warga banjaranyar banyumas ini," tulis NN NN.

"Sy doakan bp dan warga bp selalu dlm lindungan Allah SWT dan sejahtera bp beserta wargaAllah Maha Tau yg mana ummat Nya yg mempunyai hati ikhlas," tulis Nurita Hanani.

Sebelumnya viral salah seorang warga Desa Banjaranyar yang mengungkapkan rasa bangga terhadap keputusan kepala desanya yang siap menerima jenazah pasien Covid-19.

YouTube Indosiar

Pengakuan warga Desa Banjaranyar yang bangga dengan keputusan kepala desanya menerima jenazah pasien Covid-19 untuk dimakamkan di desa tersebut

"Saya selaku warga Desa Banjaranyar begitu terenyuh dan bangga dengan keberanian kepala desa saya yang siap untuk menerima jenazah (Covid-19) yang tertolak di mana-mana," ujarnya dalam sebuah video yang diunggah oleh kanal YouTube Indosiar.

Baca Juga: Pernah Heboh karena Bongkar Rumah Mewah Jadi Dua Bagian, Hubungan Nia Daniaty dan Farhat Abbas Disorot, Benarkah Hilang Kontak?

Baca Juga: Marshanda Sindir Pengguna TikTok Usai Dihujat Satu Indonesia dan Disebut Gila Karena Pernah Nyanyi Sambil Joget: I Am The Trend

Editor : Safira Dita

Sumber : YouTube

Baca Lainnya