Mampu Tampung 2500 Penderita Corona, Wisma Atlet Kemayoran Sudah Siap 100 Persen

Senin, 23 Maret 2020 | 09:00
Tribunnews.com/ Vincentius Jyestha

Wisma Atlet Kemayoran siap dipakai sebagai Rumah Sakit Darurat Corona pada Senin (23/3/2020).

GridHits.id -Baru-baru ini wisma atlet diberitakan akan dijadikan RS Khusus penderita covid-19.

Kabarnya, Wisma Atlet Kemayoran 100 persen siap menjadi Rumah Sakit (RS) khusus penderita virus corona (covid 19).

Dikutip dari tayangan YouTube Tribunnews.com, Menteri Perumahan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaihak informasi tersebut di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/3/2020).

Baca Juga: Kabar Baik! Seorang Dokter Spesialis Paru Bongkar Satu Rahasia Tangkal Virus Corona Selain Menjaga Kebersihan, Begini Penjelasan Ahli

Baca Juga: 'Disentil' Sang Suami karena Lakukan Panic Buying, Nagita Slavina Tak Mau Disalahkan: 'Sekalian Belanja Bulanan, Tapi Dikali Dua'

Basuki mengungkapkan bahwa wisma atlet tersebut siap digunakan pada Senin (23/3/2020).

"Apa yang kita lihat hari ini, itu adalah semua peralatan medis sudah masuk, sehingga malam ini insyaallah bisa geladi bersih. Besok insyaallah kita akan mulai operasinya," kata Basuki di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/3/2020).

Basuki juga menerangkan bahwa ada tiga proses untuk menjadikan Wisma Atlet Kemayoran sebagai rumah sakit darurat pasien Covid-19.

Hal pertama yang dilakukan yakni pembersihan wisma.

Kemudian, kegiatan penyemprotan wisma menggunakan cairan disinfektan juga dilakukan.

Terakhir, memodifikasi lantai 1, 2, dan 3 di tower 7 Wisma Atlet.

Baca Juga: Berjuang Keras Tangani Pasien Virus Corona, 3 Dokter Asal Indonesia Ini Harus Meregang Nyawa Akibat Terpapar Virus Corona

Baca Juga: Jeritan Hati Suami Saat Andrea Dian Positif Virus Corona, Ganindra Bimo: 'Aku Nggak Siap, Nggak Sanggup'

"Tower 7 ini karena akan dimanfaatkan sebagai RS Darurat, ada laboratorium, ada farmasinya, ada radiologinya, ada ICU, semua sudah siap, sudah 100 persen," ujar Basuki.

Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Corona Doni Manado, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Kabarhankam Polri Komjen Agus Andrianto turut hadir dalam pengecekan persiapan RS Darurat di Kemayoran itu.

Diberitakan sebelumnya, wisma atlet yang sudah siap jadi rumah sakit darurat khusus corona.

Daya tampung Wisma Atlet mencapai 2.500 tempat tidur.

Saat ini 2 gedung disiapkan sebagai bangunan yang akan dipakai sebagai lokasi ruangan perawatan bagi pasien yang positif terjangkit corona.

Sekitar dua ribu kamar sudah disiapkan, dan bisa digunakan mulai Senin (23/03/2020) besok.

pemerintah menyebut, gedung yang difungsikan sebagai rumah sakit darurat di Wisma Atlet Kemayoran di antaranya gedung 1, 3, 6, dan 7.

Baca Juga: Raffi Ahmad Mendadak Dapati Kritikan Pedas Dari Ari Lasso Saat Menawar Koleksi Jam Mantan Vokalis Dewa 19, 'Gue Enggak Suka'

Baca Juga: Lahirkan Anak Keempat di Tengah Wabah Virus Corona, Ricky Harun dan Herfiza buat Arie Untung Tak Habis Pikir!

Terdapat sejumlah gedung yang sudah diubah menjadi tempat perawatan berjumlah 4 gedung.

Pada gedung tersebut juga akan ada laboratorim dan ruang radiologi.

Apa bila pasien sudah masuk ke rumah sakit dan dilakukannya pemeriksaan makan di tower tersebut juga akan disiapkan ruang isolasi.

Editor : Saeful Imam

Sumber : YouTube

Baca Lainnya