Uang Kertas Bisa Tularkan Virus Corona Jadi Kemungkinan, WHO Minta Semua Orang Segera Lakukan Hal Ini

Senin, 09 Maret 2020 | 13:32
Kompas.com/KristiantoPurnomo

Baru-baru ini muncul kabar kemungkinan uang kertas bisa tularkan virus corona

GridHITS.id -Baru-baru ini muncul kabar kemungkinan uang kertas bisa tularkan virus corona hingga buat heboh.

Dikabarkan sebelumnya jika virus coronatelah menginfeksi lebih dari 110.000 orang dan menewaskan lebih dari 3.800 orang di seluruh dunia.

Lebih lanjut, kemungkinan uang kertas yang bisa menularkan virus corona tersebut diketahui dariOrganisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dilansir dari Kompas.com,WHO mengklarifikasi bahwa hal ini bukan untuk menyarankan masyarakat untuk menghentikan pemakaian uang kertas.

Baca Juga: Saat Penderita Corona Tembus 100 ribu, Pemuda ini Malah membuat Prank Corona dan Akhirnya Diciduk Polisi.

Baca Juga: Waspada Virus Corona dengan Konsumsi Bawang Putih Panggang, Efeknya Bisa Pulihkan Tubuh Hanya dalam Waktu Semalam!

"WHO tidak mengatakan uang kertas dapat menularkan Covid-19, kami juga belum mengeluarkan peringatan atau pernyataan tentang ini," kata juru bicara WHO Fadela Chaib kepada MarketWatch.

"Kami ditanya apakah uang kertas dapat menularkan Covid-19, dan kami mengatakan bahwa semua orang harus mencuci tangan setelah memegang uang, terutama jika memegang atau akan makan," imbuh Chaib.

Sementara itu, kekhawatiran tentang penyebaran virus corona melalui uang kertas telah mendorong museum Louvre di Paris untuk tidak menerima pembayaran dengan uang tunai selama wabah.

Museum hanya akan menerima pembayaran kartu kredit sebagai bagian dari upaya untuk melindungi staf dari pengunjung yang mungkin terinfeksi.

Selain itu pada minggu lalu, Bank sentral Korea Selatan juga mengumumkan akan menghentikan sirkulasi uang kertas selama dua minggu untuk membatasi penyebaran virus.

Langkah ini mengikuti upaya-upaya di China, di mana virus itu muncul, untuk menghentikan pengguanaan uang tunai di daerah paling terdampak untuk mencegah penularan virus.

Bahkan, Bank Rakyat China memerintahkan pengembalian uang kertas yang beredar bulan lalu di rumah sakit, pasar hewan, dan bus di dekat zona panas.

Baca Juga: Warga Indonesia Wajib Tahu! Begini Penggunaan Masker yang Benar Agar Tak Tertular Virus Corona Menurut WHO

Baca Juga: Stok Masker dan Hand Sanitizer Langka Akibat Virus Corona, Oknum yang Ketahuan Menimbun Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara

freepik

Ilustrasi virus corona

Hal tersebut merupakan upaya negara itu untuk menghancurkan uang yang berpotensi terkontaminasi.

Kekhawatiran atas kemungkinan kontaminasi melalui uang tunai datang karena virus corona telah menyebar ke lebih dari 100 negara di seluruh dunia.

Nah oleh karena itu, WHO meminta semua orang untuk seger mencuci tangan dengan sabun setelah menggunakan uang tunai.

Anjuran ini dikeluarkan setelah virus corona SARS-CoV-2 menyebar ke puluhan ribu orang di seluruh dunia dengan sangat cepat.

Ada kemungkinan, infeksi mematikan dari penyakit Covid-19 dapat berpindah melalui uang tunai.

"Uang tunai sering berpindah tangan, dan di sana ( uang kertas) bisa jadi sarang berbagai bakteri dan virus," kata juru bicara WHO seperti dilansir New York Post, Minggu (8/3/2020).

"Kami menyarankan semua orang untuk segera mencuci tangan setelah memegang uang kertas dan jangan menyentuh wajah," imbuh WHO.

Pengawas kesehatan internasional menambahkan, jika memungkinkan, sebaiknya gunakan pembayaran non tunai.

Baca Juga: Fakta Baru Terkait Angka Kematian Akibat Flu Lebih Tinggi Menurut WHO, Patahkan Pernyataan Menkes Terawan Pasca Heboh Virus Corona?

Baca Juga: Mulai Membaik Padahal Dirawat Tanpa Alat Bantu Apapun, Ternyata Ini Fakta di Balik Perawatan Pasien Positif Corona di Indonesia

Editor : Safira Dita

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya