Mulai Membaik Padahal Dirawat Tanpa Alat Bantu Apapun, Ternyata Ini Fakta di Balik Perawatan Pasien Positif Corona di Indonesia

Minggu, 08 Maret 2020 | 18:00
freepik

Pasien positif corona menunjukkan tanda-tanda sembuh

GridHITS.id - Kabar baik disampaikanJuru Bicara Pemerintah Khusus penanganan virus corona, Achmad Yurianto.

Hampir seminggu keempat pasien diisolasi di rumah sakit,Achmad Yuriantomenyebutkanempat pasien positif corona di Indonesia dalam keadaan membaik.

Hingga hari ini, Minggu (8/3/2020) suhu tubuh pasien 1 dan 2 dikabarkan sudah mengalami penurunan dan bisa segera pulang ke rumah apabila hasil laboratiriumnya menunjukkan hasil negatif.

"Kalau sudah negatif, maka dengan dua pemeriksaan berturut-turut negatif, sudah boleh dipulangkan," ujarAchmad Yurianto seperti dikutip dari Kompas.

Baca Juga: Contek Cara Asty Ananta Antisipasi Penyebaran Virus Corona, 'Mau Salaman atau Namaste?'

Baca Juga: Mendapat Panggilan Rasis 'Corona Man' Saat Sambangi Benua Eropa, Raffi Ahmad :

Sedangkan pasien 3 dan 4 kini dikabarkan sudah tidak lagi mengalami demam, batuk dan pileknya pun mulai berkurang.

Selain itu, menurut Yurianto, pasien 3 dan 4 juga sudah tidak terlihat letih, lesu, dan lemah.

"Mudah-mudahan dengan perawatan yang bagus, tidak terlalu lama lagi juga akan menjadi sembuh dan bisa dipulangkan," ucap Yuri.

Selain keempat pasien yang positif, pemerintah juga memutuskan untuk mengisolasi 23 orang lainnya yang dianggapsebagai suspect corona.

Semua suspect bersama empat orang yang dinyatakan positif virus corona itu sedang menjalani perawatan diRSPI Sulianti Sarosotanpa alat bantu apa pun.

"Tidak menggunakan oksigen, selang oksigen, tidak menggunakan infus. Semuanya masih mampu melakukan perawatan mandiri" ujarnya.

Baca Juga: Aneh Tapi Nyata! Urin dan Kotoran Sapi Justru Disebut Bisa Sembuhkan Pasien Corona

Baca Juga: Memandang Ke Sisi Positif Virus Corona, Marcell Siahaan Ajak Kita Berterima Kasih: 'Olehnya Kita Belajar Cuci Tangan yang Bersih'

Perawatan mandiri yang dimaksud yaitupasien tetapbisa makan sendiri, ke kamar mandi, atau melakukan aktivitas lain tanpa bantuan orang lain.

Pasalnya, menurut Yuriantocara mencegah virus corona sama dengan mencegah virus influenza biasa.

Ia menegaskanpencegahan virus corona ini bisa dengan cara menjaga daya tahan tubuh, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

"Influenza itu kan ada sejak zaman dahulu kala dan semua sudah tahu bagaimana harus bersikap, bagaimana tidak boleh bersikap supaya enggak ketularan," kata Yuri.

"Ini hanya virusnya namanya Covid. Ini kan influenza yang virusnya lain, begitu saja. Sudah pintar kok,"pungkasnya.

Sebelumnya dua orang Indonesia dinyatakan positif corona pada Senin (2/3/2020) melalui pernyataan resmi dari Presiden Joko Widodo.

Kemudian pada Jumat (6/3/2020)Juru Bicara Pemerintah Khusus penanganan virus corona, Achmad Yurianto menyatakan pasien positif corona di Indonesia bertambah 2 orang lagi.

Sehingga sejauh ini terdapat 4 orang WNI di Indonesia yang dinyatakan positif corona.

Baca Juga: Setelah Dua Warga Depok Dinyatakan Positif Corona, Pemerintah Umumkan Adanya Korban Terinfeksi Covid-19 Lagi

Baca Juga: Adi Nugroho Beli Masker 12 Kali Lipat dari Harga Normal karena Langka di Tengah Isu Corona

Dikutip dari Kompas.com, kasus ini bermula saat pasien kasus 1 (31 tahun) diduga tertular oleh seorang warga negara Jepang saat menghadiri sebuah acara dansa di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, pada 14 Februari 2020 lalu.

Sementara, pasien kasus 2 (64 tahun) merupakan ibu dari pasien kasus 1yang tertular karena melakukan kontak jarak dekat ketika merawat pasien kasus 1 di rumah.

Sedangkan, berdasarkan keterangan Achmad Yurianto, pasien 3 dan 4positif terinfeksi virus corona lantaran pernah melakukan kontak dengan pasien 1 dan 2.

Keempat pasien saat inidirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianto Saroso.

Artikel ini telah tayang di Nakita.id dengan judul4 Orang Positif Corona di Indonesia Menunjukkan Tanda-tanda Sembuh Padahal Dirawat Tanpa Alat Bantu Apapun, Ternyata Ini Fakta di Baliknya

Editor : Nita Febriani

Sumber : nakita

Baca Lainnya