Follow Us

Instagram Kandas! TikTok Jadi Aplikasi Terbanyak Diunduh di Dunia

Imadudin Adam - Minggu, 15 Januari 2023 | 09:34

GRIDVIDEO - Perusahaan riset aplikasi bernama Apptopia merilis daftar aplikasi terbanyak yang diunduh di tahun 2022.

Berdasarkan laporan mereka, TikTok kini menjadi aplikasi terbanyak yang diunduh di seluruh dunia.

Bahkan jumlah unduhan TikTok ini mengalahkan torehan dari aplikasi saingannya yakni Instagram.

Secara teknis Apptopia menghitung jumlah unduhan antara 1 Januari - 20 Desember 2022 di iOS maupun Android. Namun khusus di China, Apptopia hanya menghitung jumlah unduhan di iOS.

Apptopia juga menetapkan bahwa hitungan unduhan didasarkan pada unduhan setiap satu pengguna. Jadi, pengguna yang melakukan uninstal aplikasi kemudian menginstalnya lagi, tidak masuk dalam perhitungan.

Baca Juga: RRC Kembali Panaskan Laut China Selatan, Indonesia Kirim Kapal Perang

Selain itu, pengguna yang mengunduh ulang aplikasi yang sama pada perangkat baru juga tidak dihitung, apabila mereka memakai akun Google atau Apple yang sama.

Menurut riset Apptopia, aplikasi TikTok diunduh 672 juta kali. Angka ini mengantarkan aplikasi video singkat itu sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia pada tahun 2022. Rekor yang sama juga diraih TikTok selama tiga tahun terakhir secara berturut-turut. Di sisi lain, Instagram menduduki posisi kedua dengan total 548 juta kali unduhan pada tahun 2022.

Aplikasi pesan instan yang juga dinaungi Meta, WhatsApp berada di posisi ketiga dengan total download 424 juta kali pada tahun yang sama. Selanjutnya di posisi keempat ditempati oleh aplikasi edit video CapCut dengan total unduhan mencapai 357 juta kali. Aplikasi ini biasanya dipakai untuk mengedit video untuk diunggah ke TikTok.

Source : GRID VIDEO

Editor : Video

Baca Lainnya

Latest