Follow Us

Prasetiya Mulya Hadirkan S1 Financial Technology Bentuk Dukungan bagi Perusahaan Startups Membangun Ekosistem Bisnis yang Berkelanjutan

Saeful Imam - Rabu, 20 Oktober 2021 | 19:38
Prasetiya Mulya Hadirkan S1 Financial Technology  demi perkembangan bisnis startup yang lebih baik.

Prasetiya Mulya Hadirkan S1 Financial Technology demi perkembangan bisnis startup yang lebih baik.

GridHITS.id - Tren transaksi digital kian meningkat seiring perubahan perilaku masyarakat dalam pembayaran cashless yang memanfaatkan dompet digital hingga tingginya kebutuhan pendanaan/investasi melalui teknologi bagi pelaku usaha mikro.

Hal ini mendorong industri financial technology (fintech) untuk senantiasa berinovasi dalam membuka akses keuangan seluas-luasnya bagi masyarakat, terlebih pemerintah telah menetapkan target tingkat inklusi keuangan Indonesia naik hingga 90 persen pada tahun 2024.

Sebagai upaya menjawab kebutuhan tersebut, Universitas Prasetiya Mulya membuka program terbaru, yaitu S1 Financial Technology di School of Business & Economics, guna menciptakan lulusan berdaya saing tinggi dengan kemampuan mendalam dan semangat inovasi di dunia finansial.

Prof. Agus W. Soehadi selaku Wakil Rektor I Bidang Pembelajaran Universitas Prasetiya Mulya menjelaskan, kondisi pandemi terus mendorong kita untuk senantiasa beradaptasi, di mana pola perilaku konsumen telah berubah ke arah digital,

“Perubahan ini tidak hanya memberikan tantangan namun juga peluang besar bagi pelaku bisnis fintech untuk terus bertumbuh dan berinovasi memenuhi kebutuhan finansial digital masyarakat. Untuk itu, diperlukannya sumber daya manusia terbaik yang mumpuni di bidang ini guna membantu perusahaan menghadirkan solusi-solusi tepat sasaran sebagai response akan kondisi tersebut,” jelas Agus.

Peluang industri fintech juga ditandai dengan pesatnya perkembangan perusahaan start-up di Indonesia.

Baca Juga: Indonesia Berduka, Adik Megawati Soekarno Putri dan Pendiri Universitas Bung Karno Wafat, Dirawat di RSPAD Gatot Soebroto Sejak 26 Juni

Di sisi lain, Universitas Prasetiya Mulya menyadari ekosistem bisnis perusahaan start-up belum dibarengi dengan sumber daya investasi unggul guna menunjang keberlangsungan perusahaan. Hal ini menjadi salah satu fokus utama program S1 Financial Technology yang secara khusus mempersiapkan para lulusannya memasuki lingkungan kerja perusahaan start-up dengan pengetahuan komprehensif akan dunia finansial dan investasi.

Prof. Dr. Djisman Simandjuntak selaku Rektor Universitas Prasetiya Mulya menjelaskan hadirnya program ini merupakan salah satu bentuk komitmen Universitas Prasetiya Mulya terhadap upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), mengingat pandemi menimbulkan ketidakpastian bisnis dan mengganggu kestabilan perekonomian.

“Prasetiya Mulya melihat adanya kebutuhan revolusi solusi finansial dan dengan menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan terkini perusahaan, kami percaya mampu mendorong perkembangan perusahaan fintech, khususnya perusahaan start-up, yang juga berkontribusi membantu Indonesia dalam Pemulihan Ekonomi Nasional,” jelas Prof. Djisman.

Finance and Investment Lab yang merupakan salah satu fasilitas dalam program S1 Financial Technology. Fasilitas pendukung kurikulum investasi dan teknologi.

Finance and Investment Lab yang merupakan salah satu fasilitas dalam program S1 Financial Technology. Fasilitas pendukung kurikulum investasi dan teknologi.

Guna membekali para lulusan dengan kemampuan dan pengetahuan finansial mendalam, kurikulum program S1 Financial Technology dikurasi secara teliti, menggabungkan teori finansial dan investasi dengan praktik studi kasus nyata.

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya

Latest