Follow Us

Kenapa Headset Mati Sebelah? Simak Juga Cara Memperbaikinya di Rumah

Rachel Anastasia Agustina - Minggu, 01 Agustus 2021 | 16:29
Ilustrasi kenapa headset mati sebelah
Pixabay/vmcampos

Ilustrasi kenapa headset mati sebelah

GridHITS.id - Kenapa headset mati sebelah tentu jadi pertanyaan kita.Beberapa orang tentu sudah tak asing dengan benda yang satu ini.Pasalnya, headset memang sudah menjadi aksesoris yang diperlukan.Apalagi jika kita tipe orang yang sudah mendengarkan musik.Bukan itu saja, untuk kita yang suka nonton film dan lainnya pasti juga butuh.Terutama ketika kita ingin mendengarkannya di ruang publik.Demi menjaga ketenagan umum, kita pasti menggunakan headset.Namun siapa sangka, benda yang satu ini juga terkenal ringkih.Bahkan terkadang kerusakannya itu tidak utuh sehingga kita sayang untuk mengganti.Terkadang kerusakannya hanya sebelah saja dan membuat kita ingin memperbaikinya.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah, Baik karena Putus atau Rusak

Anda tak perlu khawatir, inilah alasan kenapa headset mati sebelah.Pertama, mungkin saja cara penyimpanan Anda tak tepat sekali.Jika kabel headset tertarik, tertekan, atau terjatuh, itu bisa jadi pemicunya.Terkadang komponen di dalam kabel bisa dengan mudahnya putus.Sehingga fungsi dari headset Anda pun bisa terganggu sekali.Bahkan bisa membuat salah satunya jadi mati tak berfungsi sama sekali.Tapi secara garis besar, pada dasarnya ada dua penyebab headset mati.Ada yang karena kerusakan kabel dan ada juga yang kerusakan speaker-nya.Melansir dari GridHITS.id, inilah cara memperbaikinya di rumah.Saat suara yang terdengar hanya dari satu sisi saja, baik kiri maupun kanan, ada kemungkinan bagian kabel ada yang mengalami kerusakan.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Headset Rusak dalam Hitungan Menit, Berani Coba?

Pertama-tama, kita bisa melihat seluruh permukaan kabel headset, adakah kerusakan di dalamnya, yang ditandai dengan adanya bagian kabel yang terkelupas atau terlihat ke permukaan. Peralatan yang dibutuhkan dalam Cara memperbaiki headset mati sebelah: a. Guntingb. Selotip1. Lihat Posisi Kerusakan Ada di ManaAbaikan langkah Cara memperbaiki headset mati sebelah ini bila kita melihat kabel yang terkelupas atau muncul keluar. Ada cara mudah untuk menebak, dimana posisi kerusakan itu berada. Salah satunya dengan memasukkan headset itu ke smartphone dan putar musik atau lagu. Selanjutnya silahkan raba atau tekuk kabel secara perlahan dari ujung sampai ujung. Bila saat diraba atau ditekuk, suara terdengar, kemungkinan besar ada bagian kabel yang terputus. 2. Kelupas Bagian Kabel yang Rusak

Baca Juga: 3 Langkah Mudah Cara Memperbaiki Headset Rusak di Rumah

Setelah posisi kerusakan ditemukan, kita bisa mengelupas bagian permukaan kabel headset secara memanjang kira-kira 5 cm dari bagian yang rusak.Saat memotong, pastikan bagian kabel itu tidak putus. Saat dikelupas, akan terlihat 3 atau 4 jaringan kabel dengan berbagai warna yang lebih kecil di bagian dalam.Langkah selanjutnya dalam Cara memperbaiki headset mati sebelah, cari kabel yang terputus dari kabel-kabel tersebut, lalu ikuti langkah selanjutnya.3. Langkah Terakhir, Sambungkan Kabel yang PutusPada proses ini, kita hanya memperlukan selotip, bisa selotip kabel atau selotip bening biasa. Kemudian, sambungkan bagian kabel yang terputus dengan warna yang sama menggunakan selotip.Saat menyambung, jangan sampai mengenai kabel lain karena akan membuat jaringan di dalam headset rusak nantinya.Kemudian, coba tes dan putar musik kembali untuk menentukan apakah kabel headset itu sudah berfungsi atau belum.

Nah itu dia sedikit soal kenapa headset mati sebelah.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah, Jangan Terburu-buru Beli Baru

Source : YouTube, GridHits.ID

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya

Latest