Follow Us

Presiden Jokowi Diminta Tak Pakai WhatsApp, Bisa Disadap Spyware Pegasus

None - Selasa, 27 Juli 2021 | 19:00
Ilustrasi Hacker
Tech - ThaiVIsa

Ilustrasi Hacker

Nextren.com - Sudah lama sebuah spyware buatan Israel bernama Pegasus, menjadi ancaman bagi para toko dan aktifitas di seluruh dunia.

Aplikasi ini begitu canggih, cukup tahu nomor teleponnya saja, maka seluruh isi smartphone bisa diketahui dari jarak jauh.

Salah satu aplikasi chating populer yang sudah sering disusupi Pegasus ini, adalah WhatsApp.

Beberapa kepala negara, aktivis, politisi, dan jurnalis dikabarkan menjadi target spyware Pegasus buatan perusahaan Israel, NSO Group.

Menurut laporan Amnesty International dan Citizen Lab, total ada 50.000 nomor ponsel yang menjadi sasaran potensial perangkat pengintai Pegasus, termasuk 10 perdana menteri, tiga presiden, dan seorang raja yang disebut menjadi target Pegasus.

Baca Juga: CEO Telegram Sebut Apple & Google Bersalah Atas Kasus Spyware Pegasus!

Terkait ancaman ini, pemerhati keamanan siber sekaligus kepala Lembaga Riset Siber CISSRec, Pratama Persadha, menyarankan agar presiden dan pejabat penting negara, termasuk Presiden Jokowi, untuk tidak lagi menggunakan WhatsApp sebagai media telekomunikasi.

Sebab, aplikasi perpesanan instan itu dianggap menjadi pintu masuk spyware Pegasus yang paling mudah.

"Bila menilik malware Pegasus, cukup dengan panggilan WhatsApp, ponsel penerima sudah terinfeksi, bahkan tanpa harus menerima panggilannya. Dengan metode yang sama dan mengirimkan file lewat WhatsApp, juga bisa menyebabkan peretasan," jelas Pratama.

Pratama menyontohkan, salah satu kasus yang sempat ramai beberapa waktu lalu, yakni peretasan iPhone milik Jeff Bezos pada 2020. iPhone milik bos Amazon itu dikabarkan diretas melalui WhatsApp.

Menurut hasil investigasi, Bezos diketahui menerima pesan WhatsApp yang diduga dikirim oleh Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

Pesan tersebut berisi sebuah video berukuran 4,22 MB yang mengandung malware.

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest