Follow Us

Cara Memperbaiki Kompor Gas yang Tidak Menyala Bisa di Rumah Saja Lho!

Rachel Anastasia Agustina - Kamis, 01 Juli 2021 | 18:55
Cara memperbaiki kompor gas yang tidak menyala
Freepik/wirestock

Cara memperbaiki kompor gas yang tidak menyala

GridHITS.id - Cara memperbaiki kompor gas yang tidak menyala ternyata seperti ini.Anda pasti sudah tak asing dengan kompor gas yang digunakan sehari-hari.Kompor sendiri merupakan komponen pada rumah yang tak bisa dipisahkan dari dapur.Sebab kompor sangat berperan penting untuk memasak kompor pada masa sekarang.Berbeda dengan zaman dulu yang bisa memasak di atas api unggun setiap harinya.Seiring berjalannya waktu, kompor yang dulu diisi pakai minyak kini sudah berganti.Ada kompor gas yang dianggap lebih mudah untuk digunakan dengan isi tabung yang penuh.Lalu bagaimana jika kompor gas Anda tidak mau menyala terutama saat Anda harus masak?Jangan langsung panik, Anda bisa mencoba beberapa cara di rumah ini.Namun pertama, Anda harus mengerti dulu apa yang membuat kompor gas tak menyala.

Baca Juga: Banyak Orang Baru Tahu, Coba Trik Sederhana Ini Agar Gas Elpiji di Rumahmu Lebih Awet, Jangan Sampai Dompetmu Jadi Korban!

Melansir dari cnet, inilah berbagai cara memperbaiki kompor gas yang tidak menyala.1. Tersumbat dengan sisa makananRupanya kompor gas bisa tidak menyala jika tersumbat dengan sisa makanan.Baik itu penumpukan lemak atau pun remah-remah makanan di dalamnya.Itu salah satu penyebab paling umum, sebab ada serpihan yang menghalangi aliran gas ke penyala.Cara mengatasinya, mulaikan dengan melepas jeruji yang menutupi kompor gas Anda.Selanjutnya, lepaskan tutup pembakar, yang seharusnya bisa dilepas dengan mudah.Basis burner yang disegel akan terlepas atau mungkin Anda perlu melepas beberapa sekrup.Bersihkan area sekitar dengan kain lap yang hangat dan juga bersabun.Rendam dasar pembakar yang disegel ke dalam cuka atau air hangat untuk menghilangkan kotoran.

Terakhir, bersihkan sisa kotoran dari lubang pembakar dengan alat tajam.Seperti tusuk gigi, jarum jahit, atau udara yang bisa menekan kotoran.

Baca Juga: Rupanya Semudah Ini Memperbaiki Kompor Gas yang Tak Bisa Menyala, 30 Menit Langsung Jadi!

Setelah itu pasang kembali pembakar, penutup, dan coba nyalakan kompor sekali lagi.2. Koneksi yang longgarJika bukan karena sisa makanan, mungkin saja ada koneksi yang longgar pada kompor.Meskipun tidak ada banyak bagian yang bergerak di atas kompor, ada kemungkinan sambungan lepas.Terutama sambungan yang pasti tersentuh selama pembersihan atau pemasangan.Jika kabel yang menghubungkan ke penyala tidak tersambung dengan baik, maka kompor akan sulit menyala.Cara mengatasinya, Anda harus matikan daya ke alat dengan mencabutnya dari sakelar pemutus.Lepaskan jeruji dan tutup kompor serta dasar burner untuk mencari sambungan yang longgar.

Amankan koneksi yang longgar dan sambungkan kembali semua kabel yang terputus.Setelah itu pasang kembali jeruji dan penutup lalu coba nyalakan.3. Penyala atau pemantik yang rusakJika sisa makanan dan koneksi yang longgar bukan masalahnya, bisa jadi yang satu ini.

Baca Juga: Rupanya Semudah Ini Ubah Wajan dan Kompor Penuh Kerak Hitam Jadi Kinclong, Cukup Sekali Usap dengan Bahan Dapur Ini

Anda harus mematikan lampu untuk memastikan hal yang satu ini.Matikan lampu dan mulai putar kenop kontrol ke posisi penyalaan.Jika penyala menyala warna kuning atau jingga, maka itu sudah harus diganti.Sebab penyala biasanya punya warna putih kebiruan.Cara mengatasinya, Anda bisa potong gas dan listrik yang ke kompor.Lepaskan tutup burner dan gunakan obeng untuk melepaskan dasar burner.Biasanya, penyala menggunakan sistem pemutusan cepat sehingga Anda tidak perlu memotong atau menyambung kabel.Gunakan nomor model kompor Anda untuk menentukan penyala pengganti yang harus dibeli.Pasang suku cadang baru, ganti alas, lalu tutup jeruji burner.

Nah itu dia berbagai cara memperbaiki kompor gas yang tidak menyala.

Baca Juga: Jangan Asal Memperbaiki Kompor Gas yang Tidak Menyala, Ketahui Penyebab dan Solusi Utamanya

Source : CNET

Editor : Hits

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular