Follow Us

Banyak Tudingan Rumah Sakit Sengaja Meng-COVID-kan Pasien, Begini Tanggapan Tegas Perhimpunan RS Indonesia

Aulia Dian Permata - Minggu, 20 Juni 2021 | 20:00
Kasus Covid-19 di Indonesia kembali meningkat
Pixabay.com

Kasus Covid-19 di Indonesia kembali meningkat

GridHITS.id - Kasus corona di Indonesia akhir-akhir ini kembali mengalami peningkatan pesat hingga tembus angka pertambahan kasus di atas 12.000 per hari.

Hal ini sangat mengkhawatirkan dan tentu menimbulkan kecemasan luar biasa pada masyarakat.

Apalagi di beberapa daerah zona merah seperti Bandung dan DKI Jakarta, tingkat ketersediaan kamar di berbagai rumah sakit mulai menipis.

Wisma Atlit Jakarta yang kini beralih fungsi sebagai rumah sakit darurat Covid-19 juga sudah dipenuhi oleh pasien hingga masih banyak pasien yang mengantri kamar di sana.

Lonjakan kasus Covid-19 yang kembali menanjak ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Bahkan, ramai di berbagai media sosial soal tudingan bahwa rumah sakit sengaja memberi diagnosis palsu pasien menjadi positif Covid-19 atau meng-covid-kan pasien.

Tak ingin isu itu menjadi bola liar yang memojokkan para tenaga kesehatan, Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) pun buka suara.

Baca Juga: Banyak Orang Baru Tahu, Ini Gejala Corona Baru Varian Delta dari India

PERSI meluruskan bahwa setiap rumah sakit memiliki prosedur yang panjang untuk pemeriksaan Covid-19 sehingga memalsukan diagnosis bukan hal yang mudah dilakukan.

"Ada aturan yang kuat, ketat sekali pasien itu ditentukan diagnosa sebagai pasien Covid-19. Rumah sakit harus melampirkan dokumen pendukung yang banyak sekali untuk menyampaikan bahwa ini Covid-19," ucap Sekjen Persi Lia Partakusuma dalam konferensi pers virtual.

Lia juga menegaskan bahwa masyarakat sebaiknya tidak merasa bahwa dia sengaja didiagnosa Covid-19.

Source : persi.or.id

Editor : Ratnaningtyas Winahyu

Baca Lainnya

Latest