Follow Us

Mengenal Wilayah Segitiga Hitam Papua, Rumah Bagi KKB Terkejam Berada, Termasuk Lekagak Telenggen

Saeful Imam - Senin, 10 Mei 2021 | 07:35
Ilustrasi KKB Papua atau Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB - OPM) saat berpose dengan senjata laras panjang.
dok. TPNPB - OPM

Ilustrasi KKB Papua atau Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB - OPM) saat berpose dengan senjata laras panjang.

GridHITS.id - Ancaman KKB semakin nyata karena sudah menelan banyak korban, termasuk warga asli Papua.

Tak hanya itu, sudah banyak anggota TNI-POLRI berjatuhan, termasuk Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha gugur saat bertugas karena ditembak KKB Papua.

Meninggalnya Jenderal bintang satu ini merupakan Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua ini menimbulkan kegeraman di kalangan aparat.

Ia tewas usai terlibat kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Minggu (25/4/2021).

Saat sang jenderal itu berangkat, terjadilah kejadian menembak terjadi karena di tengah perjalanan, tiba-tiba KKB melakukan penghadangan.

Sang jenderal ikut tertembak dan gugur dalam kontak senjata itu yang dipimpin Lekagak Telenggen.

Nah, di Papua sendiri adalah tiga wilayah segitiga hitam yang sangat berbahaya karena berisi KKB paling bengis dan kejam, di manakah wilayah itu?

Baca Juga: Penembak Jitu Andalan KKB Peneror Masyarakat Tewas di Tangan TNI-Polri, Satu Senapan Laras Panjang Turut Diamankan

Nah, wilayah itu kini jadi sasaran TNI.

Semua itu terjadi karena sebelumnya pemerintahan Jokowi sudah resmi menyebut KKB sebagai resmi melabeli KKB di Papua sebagai teroris.

Dikutip tribuntimur dari gridHot, diketahui kelompok kriminal ini memang sering membuat onar hingga melukai penduduk tak bersalah.

Polda Papua megungkapkan kalau pihaknya menemukan adanya tiga kabupaten yang kini dikuasai KKB Papua secara kejam.

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya

Latest