Follow Us

Selama Ini Selalu Jadi Menu Favorit, Tak Banyak yang Tahu Jika Mengkonsumsi Ikan Nila Bisa Menyebabkan Alzheimer dalam Jangka Waktu 11 Tahun Kemudian, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Hanifa Qurrota A'yun - Kamis, 15 April 2021 | 04:00
Ikan Nila miliki manfaat baik untuk kesehatan
nova.grid.id

Ikan Nila miliki manfaat baik untuk kesehatan

GridHITS.id - Berikut ini bahaya makan ikan nila yang harus anda ketahui.

Siapa yang tak tau dengan ikan nila.

Ikan nila kerap disajikan dalam bentuk bakar dan goreng.

Baca Juga: Sering Dijadikan Menu Utama Makan Siang, Ini Dia 4 Bahaya Mengonsumsi Ikan Mujair yang Dapat Timbulkan Beragam Masalah Kesehatan Mengerikan, Bisa Picu Kanker!

Nila merupakan ikan air tawar yang berasal dari danau Afrika.Namun, ikan ini telah dibawa ke negara lain untuk dibudidayakan dan dibesarkan di peternakan ikan.

Sebagian besar ikan ternakan nila paling banyak dipanen dari wilayah Asia dan Amerika Latin.Banyak negara menyebut ikan ini sebagai "ayam air" karena sangat mudah perkembangbiakannya dan populer untuk dikonsumsi.

Berikut ini bahaya makan ikan nila yang harus anda ketahui.Karena jumlah pasokan nila melimpah, harganya pun relatif murah.Baru-baru ini, seorang dokter di Brasil bahkan menggunakan kulit nila untuk pasien yang menderita luka bakar.Sayangnya, di balik semua kelebihannya, ikan ini juga punya kekurangan.

Baca Juga: Dulu Kaya Raya Hasil Syuting Sampai Berani Nikahi 4 Perempuan, Opie Kumis Sekarang Sepi Job Sampai Nekat Banting Setir Jualan Ikan Cupang Demi Hidupi Istri-istrinyaAda fakta mengejutkan yang memaparkan konsekuensi apabila mengonsumsi ikan nila.Dirangkum TribunTravel dari laman Elitereaders.com, berikut 5 alasan kenapa kita harus berhenti makan ikan nila.Banyak negara menyebut ikan ini sebagai "ayam air" karena sangat mudah perkembangbiakannya dan populer untuk dikonsumsi.Karena jumlah pasokan nila melimpah, harganya pun relatif murah.Baru-baru ini, seorang dokter di Brasil bahkan menggunakan kulit nila untuk pasien yang menderita luka bakar.Sayangnya, di balik semua kelebihannya, ikan ini juga punya kekurangan.Ada fakta mengejutkan yang memaparkan konsekuensi apabila mengonsumsi ikan nila.Dirangkum TribunTravel dari laman Elitereaders.com, berikut 5 alasan kenapa kita harus berhenti makan ikan nila.

1. Merusak lingkunganBanyak petani tambak ikan hanya memikirkan untung dan hasil yang banyak, namun mereka mengabaikan perawatan hewan ternaknya dan akibat bagi lingkungan.

Berikut ini bahaya makan ikan nila yang harus anda ketahui.Peternakan ikan jika tidak dikelola dengan baik, memiliki efek buruk pada lingkungan yang meliputi polusi air dan penyebaran penyakit ikan.2. Lemak jahat yang terlalu tinggiIkan nila liar pada umumnya makan tumbuhan air atau ganggang, sedangkan nila ternakan diberi makan jagung dan pelet.Dengan demikian, berat badan ikan nila ternakan bisa meningkat secara drastis dalam waktu singkat.Ikan nila memang mengandung lemak, tetapi tidak asam lemak yang baik dan menyehatkan bagi manusia.

Baca Juga: Hindari Kebiasaan Ini! Berikut Ini 4 Bahan Makanan yang Tak Boleh Dicampur dengan Susu karena Dapat Memberikan Dampak Buruk Bagi KesehatanTernyata, ikan nila ternakan tidak mempunyai banyak asam lemak Omega-2 dibandingkan ikan lainnya.Sebaliknya, ikan ini mengandung jumlah asam lemak Omega-6 yang sangat tinggi yang tidak baik bagi manusia.Sebuah laporan yang dirilis oleh Wake Forest University School of Medicine yang berbasis di Carolina Utara menyatakan, "jumlah omega-6 pada ikan nila lebih tinggi dari hamburger atau daging."Tingginya omega-6 bisa menyebabkan kerusakan inflamasi saraf yang didahului dengan Alzheimer.3. Mengandung banyak bahan kimiaPetani tambak sering memberi antibiotik dan pestisida di air untuk melawan kutu air.Bahkan, beberapa nila ditemukan mengandung dibutylin, bahan kimia yang digunakan dalam plastik PVC.Penelitian mengungkapkan bahwa zat ini diidentifikasi sebagai penyebab obesitas, alergi, asma dan gangguan metabolik lain dalam beberapa tahun terakhir.

Source : TribunKaltim.co

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya

Latest