Follow Us

Banyak Diburu Masyarakat Karena Dinilai Aman, Apa Kelebihan Obat Herbal Dibanding Obat Kimia dan Mana yang Lebih Baik?

Safira Dita - Minggu, 11 April 2021 | 10:00
Apa kelebihan obat herbal dibanding obat kimia?
freepik

Apa kelebihan obat herbal dibanding obat kimia?

GridHITS.id - Apa kelebihan obat herbal dibanding obat kimia dan mana yang lebih baik diantara keduanya?

Bukan menjadi rahasina jika Indonesia memiliki ribuan jenis jamu atau obat tradisional berbahan herbal.

Namun, baru puluhan jenis obat herbal yang terstandar dan 5 jenis obat fitofarmaka atau obat herbal yang bisa diresepkan dokter.

Banyak orang percaya obat herbal lebih aman daripada obat kimia, namun bagaimana faktanya?

Baca Juga: Penderita Diabetes Bisa Bernapas Lega, Deretan Makanan Enak Ini Ternyata Boleh Dikonsumsi Asal Tetap Menjaga Porsi

Pada masyarakat awam, obat kimia diidentikkan dengan obat yang diracik melalui proses kimiawi, sedangkan obat herbal umumnya dimaknai dengan obat yang berasal dari alam.

Sayangnya, pengategorian tersebut salah besar sebab, obat yang digunakan oleh para dokter di rumah sakit sejatinya juga diambil dari alam.

Dirangkum GridHITS dari Kompas.com, spesialis bedah saraf dr Roslan Yusni Hasan, SpBS, memberikan penjelasannya terkait kelebihan obat herbal dibanding obat kimia.

"Obat dokter yang di rumah sakit itu diambil dari alam juga. Mana ada obat yang tidak alami?" ucapnya yang dikutip GridHHITS pada Minggu, (11/04/2021).

Roslan mencontohkan, air yang menjadi kebutuhan dasar manusia merupakan senyawa kimia. Senyawa yang menjadi syarat kehidupan di bumi itu terdiri dari hidrogen dan oksigen.

Menurut Roslan, obat yang baik harus diketahui secara detail kandungan aktifnya sebelum dikonsumsi.

Selain itu, cara kerja obat di dalam tubuh juga perlu mendapat perhatian. Tak berhenti sampai di situ, efek samping setelah obat dikonsumsi dan cara penanganannya juga harus diketahui.

Source : Kompas.com

Editor : Nita Febriani

Baca Lainnya

Latest