Follow Us

Penemuan Terbaru Covid-19! Peneliti Temukan Cara Cepat Diagnosa Virus Corona Tanpa Keluar Rumah, Cuma Pakai Rekaman Suara dan Dikirim Lewat Telepon, Ini Caranya!

Nadia Fairuz Ikbar - Senin, 13 April 2020 | 10:00
Penemuan Terbaru Covid-19! Peneliti Temukan Cara Cepat Diagnosa Virus Corona Tanpa Keluar Rumah, Cuma Pakai Rekaman Suara dan Dikirim Lewat Telepon, Terbukti Akurat?
Kompas.com

Penemuan Terbaru Covid-19! Peneliti Temukan Cara Cepat Diagnosa Virus Corona Tanpa Keluar Rumah, Cuma Pakai Rekaman Suara dan Dikirim Lewat Telepon, Terbukti Akurat?

GridStar.ID - Virus corona atau covid-19 saat ini menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat di berbagai belahan dunia.

Virus yang disebut-sebut berasal dari pasar hewan liar di Kota Wuhan China ini, tercatat telah menginfeksi jutaan orang, dan puluhan ribu di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

Para ilmuwan dan para ahli berlomba-lomba untuk menemukan cara yang cepat dan efisien untuk mengatasi ledakan wabah ini.

Baca Juga: Banyak Warga yang Terancam PHK dan Tak Bisa Bekerja di Tengah Virus Corona, Presiden Jokowi Selamatkan Nasib Karyawan dengan Kartu Prakerja hingga Kepastian THR

Melansir dari Tribun Medan, para peneliti dari Carnegie Mellon University sedang mengembangkan sistem analisis suara dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk mendiagnosis Covid-19.

Jika penelitian ini berhasil, maka tes dapat dilakukan di rumah secara instan.

Cukup mengirim beberapa sampel suara terbatuk lewat telepon, deteksi penyakit Covid-19 diyakini bisa ditemukan lewat teknologi analisnya.

Baca Juga: Perlu Diwaspadai! 5 Gejala Ringan yang Tak Disadari Ini Bisa Jadi Tanda Terinfeksi Virus Corona, Salah Satunya Sering ke Toilet

Ya, meskipun enggak seakurat tes darah dan swab, tapi ini dapat membantu sumber daya medis yang terbatas dan meminimalisir biaya, serta memangkas waktu pemeriksaan.

Benjamin Striner, salah satu dari tim peneliti yang mengerjakan proyek ini, mengatakan bahwa banyak kompetisi diagnosis Covid-19, tapi tidak ada yang semurah diagnosis melalui suara ini.

"Ada beberapa (alat tes.red) yang cukup bagus yang sangat murah dan akurat. Meski begitu nggak ada yang semurah dan semudah ketika kita cuma ngomong melalui telepon," ucap Striner dilansir dari Natgeo Indonesia pada (12/04).

Baca Juga: Habiskan Lebih Banyak Waktu dengan Jan Ethes di Rumah karena Wabah Virus Corona, Ini Cara Gibran Rakabuming Bujuk sang Putra untuk Tetap Berada di Rumah

Source : Tribun Medan

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular