Peralatan Dalam Permainan Bola Kasti yang Wajib Diketahui Sebelum Memulai Permainan

12 April 2023 06:27 WIB
ilustrasi Peralatan Dalam Permainan Bola Kasti
ilustrasi Peralatan Dalam Permainan Bola Kasti ( pixabay)

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang apa saja yang menjadi peralatan dalam permainan bola kasti yang wajib diketahui sebelum memulai permainan.

Bola kasti adalah permainan tradisional yang cukup populer di Indonesia. Permainan ini dimainkan dengan menggunakan bola kecil yang dilambungkan dan dipukul dengan menggunakan tangan ke arah lapangan yang sudah ditentukan.

Bola kasti biasanya dimainkan oleh anak-anak maupun dewasa sebagai kegiatan yang menyenangkan dan sekaligus sebagai olahraga.

Namun sebelum memulai permainan, ada beberapa peralatan dalam permainan bola kasti yang wajib diketahui. Berikut adalah penjelasannya:

 Baca Juga: Permainan Bola Kasti: Pengertian, Sejarah dan Teknik Dasar

  1. Bola Kasti

Bola kasti adalah bola kecil yang terbuat dari kulit atau kain yang diisi dengan bahan yang empuk seperti kapuk atau gabus. Bola ini memiliki diameter sekitar 10-12 cm. Bola kasti digunakan sebagai bola utama dalam permainan dan harus memiliki bobot dan ukuran yang sesuai dengan standar permainan.

  1. Lapangan Kasti

Lapangan kasti adalah area tempat bermain yang memiliki bentuk persegi dengan panjang 25 meter dan lebar 12 meter. Lapangan kasti terbagi menjadi 2 bagian, yaitu area belakang dan area depan. Area belakang digunakan sebagai tempat pemain yang tidak sedang bermain, sedangkan area depan digunakan sebagai tempat bermain.

Baca Juga: Cara Memegang dan Menangkap Bola Basket yang Tepat

  1. Palang Kasti

Palang kasti adalah palang atau tiang yang ditempatkan di tengah lapangan dan menjadi target utama dalam permainan bola kasti. Palang kasti terdiri dari 2 tiang vertikal yang dihubungkan dengan 1 tiang horizontal di bagian atasnya. Palang kasti memiliki ketinggian sekitar 2,5 meter dari permukaan lapangan.

  1. Pukulan Kasti

Pukulan kasti adalah teknik pukulan yang dilakukan dengan menggunakan tangan untuk memukul bola kasti ke arah palang kasti atau pemain lawan. Ada beberapa teknik pukulan kasti yang umumnya digunakan, yaitu pukulan datar, pukulan lob, dan pukulan melengkung.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.