Fenomena Tanaman Hias Harga Mahal, Begini Tanggapan Pengamat

9 Oktober 2020 20:00 WIB
Ilustrasi tanaman hias
Ilustrasi tanaman hias ( )

Palembang, Sonora.ID – Pandemi virus corona membuat sebagian besar mobilitas masyarakat di rumah lebih besar dibanding di luar rumah.

Mengoleksi tanaman hias pun menjadi pilihan sebagian masyarakat khususnya kalangan ibu-ibu. Bahkan ada yang rela merogoh kocek yang cukup dalam untuk menambah koleksi tanaman hias demi menyalurkan hobi ataupun hanya untuk mengikuti tren yang tengah berkembang.

Menanggapi hal ini, Pengamat Ekonomi Keuangan, Dr.M.Ima Andriyani, SE, MSi mengingatkan masyarakat untuk menyikapi tren tanaman hias ini dengan bijak.

Baca Juga: Tren Tanaman Hias Dikaitkan Dengan Monkey Business, Begini Tanggapan Pembudidaya

Menurutnya, harga mahal yang dihargai untuk jenis-jenis tanaman hias tertentu ini sebenarnya tidak salah mengingat kasus seperti ini juga pernah terjadi pada batu akik, ikan lohan dan lain-lain.

“Tren seperti ini sebelumnya juga sering terjadi, maka dari itu masyarakat harus bisa mengambil pelajaran dan jangan sampai terjebak dan akhirnya menyesal akibat. Karena pada dasarnya tren ini hanya bersifat sementara,” katanya kepada Smart Fm Palembang, Jum’at (09/10).

Ima juga berpesan supaya masyarakat dapat berfikir lebih realistis dan dapat memperhatikan skala prioritas dengan jeli, mengingat saat ini merupakan masa-masa yang sulit khususnya untuk perekonomian.

Baca Juga: 4 Bahan Dapur Ini Bisa Dijadikan Pupuk Agar Tanamanmu Cepat Subur, Lho!

“Di masa pandemi saat ini alangkah baiknya kita berfikir lebih realistis terhadap perekonomian dan secara jeli memperhatikan skala prioritas. Sebenarnya tidak salah kalau mau membeli tanaman hias dengan harga yang mahal, asalkan budgetnya memang ada. Jangan sampai kebutuhan hobi kita terpenuhi tapi disisi lain kebutuhan utama kita terbengkalai. Jadi harus pintar-pintar mengatur keuangan,” tutupnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.