Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menyangkut Keselamatan, Sebelum Mudik Cek 5 Tanda Ban Mobil Perlu Ganti

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 15 April 2023 | 18:45 WIB
Tread Wear Indicator ban mobil
octa saputra
Tread Wear Indicator ban mobil

Otomotifnet.com - Sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya periksa terlebih dahulu kondisi ban mobil kalian.

Sebab ban mobil menjadi salah satu piranti yang berhubungan dengan keselamatan berkendara, ban mobil menjadi salah satu faktor yang sering terjadinya kecelakaan di jalan.

Sebagai contoh ban yang sudah botak misalnya, cengkraman atau grip pada ban ke aspal akan berkurang, dampaknya jika ban kehiangan traksi, berisiko terjadi lost control.

Terlebih jika bekrendara pada saat hujan dengan jalanan yang basah dan licin, kondisi ban yang tidak bagus seperti kembangan yang sudah tipis, lebih berisiko terjadi aquaplaning.

Aquaplaning adalah suatu keadaan ban seolah mengambang. Ban mengambang karena air yang berada di alur permukaan ban terlalu banyak dan tidak dapat dibuang secara sempurna.

Ilustrasi ban mobil botak
Nissan.co.id
Ilustrasi ban mobil botak

Biar lebih aman saat melakukan perjalanan mudik lebaran, sebelum berangkat mudik dengan mobil pribadi, periksa dahulu kondisi ban mobil kalian, berikut 5 tanda ban mobil perlu diganti.

1. Periksa Kebotakan Ban dari TWI (Tread Wear Indicator)

Coba perhatikan tanda TWI pada dinding ban. Kemudian, lihat garis melintang diantara tapak ban. Apakah tebal telapak ban sudah mendekati garis TWI alias menipis.

TWI (Tread Wear Indicator) pada ban
Aditya Pradifta/GridOto.com
TWI (Tread Wear Indicator) pada ban

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa