Follow Us

Atur Uang Suap Bupati Paser Penajam Utara, Foto Tampang Nur Afifah Balgis Digeruduk, Nama AHY Ikut Diseret

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 15 Januari 2022 | 19:14
Kedekatan Nur Afifah Balgis dengan Bupati Penajam Paser Utara terlihat dari foto yang diunggah di Instagram. Foto ini digeruduk netizen.
Instagram

Kedekatan Nur Afifah Balgis dengan Bupati Penajam Paser Utara terlihat dari foto yang diunggah di Instagram. Foto ini digeruduk netizen.

Fotokita.net - Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan atau OTT. Abdul Gafur dicokok di sebuah mal di Jakarta Selatan pada Rabu (12/1/2022).

Ikut diamankan dalam OTT, seorang wanita muda bernama Nur Afifah Balgis yang diketahui menjabat sebagai Bendahara Umum Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Demokrat Balikpapan.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata membeberkan kronologi penangkapan Abdul Gafur yang tercatat sebagai kader Partai Demokrat tersebut.

Menurut Alex, penangkapan itu bermula saat KPK mendapat informasi dari masyarakat soal adanya dugaan penerimaan uang oleh penyelenggara negara terkait proyek dan izin usaha di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Berdasarkan laporan tadi, tim KPK bergerak dan berpencar ke sejumlah lokasi di Jakarta dan Kalimantan Timur.

Ketika itu, KPK mengetahui Abdul diduga telah mengirimkan orang kepercayaannya bernama Nis Puhadi alias Ipuh di sekitaran Pelabuhan Semayang, Balikpapan.

Nis diduga mau mengambil uang yang sudah dikumpulkan dari beberapa kontraktor untuk pengadaan barang dan jasa.

Baca Juga: Sempat Terlibat Jual Beli Pulau, Foto Bupati Penajam Paser Utara Jadi Olok-olok, Kini Bikin Anak SBY Tanggung Malu

Alex lalu menjelaskan, "Nis Puhadi sebagai salah satu orang kepercayaannya melakukan pengumpulan sejumlah uang dari beberapa kontraktor, melalui MI (Plt Sekda Penajam Paser Utara Muliadi), JM (Kepala Bidang Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Penajam Paser Utara Jusman), dan staf di Dinas PUPR Kabupaten Penajam Paser Utara."

Adapun uang yang berhasil dikumpulkan sekitar Rp950 juta dalam bentuk tunai. Uang itu langsung dibawa ke rumah Abdul Gafur yang ada di Jakarta Barat setelah sampai ke tangan dari Nis Puhadi.

Setibanya di Jakarta, Nis Puhadi disambut dengan orang kepercayaan Abdul Gafur lainnya, yakni Rizky untuk mengantarkan menuju rumah Abdul Gafur.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest