Follow Us

Trump Kirim Pembom Nuklir ke Timteng, Wujudkan Rencana Serangan Besar ke Lokasi Nuklir utama Iran?

None - Rabu, 25 November 2020 | 18:30
B-52h
sOFREP.com

B-52h

Nextren.com - Menjelang hari-hari terakhirnya di Gedung Putih, Presiden AS Donald Trump telah mengirim pembom nuklir B-52 ke Timur Tengah.

Langkah ini ditujukan sebagai peringatan ke Iran di tengah meningkatnya ketegangan antara Washington dan Teheran.

Express.co.uk memberitakan, pada Januari 2020, kedua negara berada di ambang perang setelah pasukan AS membunuh mayor jenderal Iran Qasem Soleimani selama serangan rudal di Irak.

Jenderal Soleimani sedang melakukan perjalanan melalui Baghdad ketika konvoinya diserang oleh tiga rudal AS.

Baca Juga: Inilah Persiapan Senjata Nuklir China Untuk Membalas Serangan AS

Hanya beberapa hari setelah serangan itu, Teheran membalas dan meluncurkan serangkaian rudal balistik di dua pangkalan Irak yang menampung pasukan AS.

Kali ini, situasi kembali memanas setelah Trump melanjutkan ancamannya ke negara di bawah pimpinan Hassan Rouhani dengan mengirimkan pembom berkemampuan nuklir B-52 ke Timur Tengah sebagai peringatan ke Iran.

Komando Pusat AS mengkonfirmasi bahwa pembom berat telah tiba dan mengatakan pesawat itu akan menghalangi agresi Iran.

Melansir Express.co.id, setidaknya tiga dari pesawat Stratofortress, pesawat terbesar di Angkatan Udara AS, terbang ke Israel sebelum menuju ke pangkalan AS.

Hal ini menandai ketiga kalinya dalam 18 bulan terakhir di mana pembom B-52 telah dikerahkan untuk melenturkan kekuatan militer AS di Iran.

“Kemampuan untuk dengan cepat memindahkan pasukan ke dalam, keluar, dan sekitar teater untuk merebut, mempertahankan, dan mengeksploitasi inisiatif adalah kunci untuk mencegah potensi agresi," jelas Letnan Jenderal Greg Guillot, komandan Angkatan Udara ke-9 militer AS.

Misi ini membantu awak pesawat pembom mendapatkan pengetahuan terkait wilayah udara dan fungsi komando dan kontrol di kawasan itu sehingga memungkinkan mereka untuk berintegrasi dengan AS dan aset udara mitra teater.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest