Memasang Behel Gigi untuk Anak, Yuk Kenali Dulu Jenis-Jenisnya!

Selasa, 16 Juli 2024 | 12:58
Shutterstock

Ilustrasi anak menggunakan behel gigi.

GridHits.ID– Menggunakan kawat gigi atau behel merupakan cara efektif untuk memperbaiki susunan gigi atau struktur rahang yang tidak teratur. Behel pun dapat digunakan oleh siapa saja, termasuk anak-anak.

Seiring dengan perkembangan ortodontikmenjadi semakinmodern, behel pun kini hadir dengan beragam variasi dengan bentuk dan fungsi yang berbeda.

Namun, orangtua tidak perlu bingung karena jenis behel dapat dikonsultasikan dengan dokter gigi terdekatatauklinik gigi anak terdekat. Selain untuk alasan keamanan, konsultasi diperlukan untuk memastikan hasil pemasangan behel lebih maksimal.

Bagi orangtua yang inginmengonsultasikanpemasangan behel anak kepada dokter gigi, Klinik Gigi Damessa dapat menjadi pilihan.

Baca Juga: Paling Ampuh! Ini Sederet Obat Sakit Gigi dari Bahan Alami dan Tanpa Efek Samping

Tak hanya menawarkan konsultasi dengan dokter gigi yang ahli dan berpengalaman, Klinik Gigi Damessa juga memastikan setiap pasien mendapatkan pelayanan yang lengkap dan aman dengan bantuan teknologi yang canggih.

Klinik Gigi Damessa sendiri menawarkan berbagai jenis behel yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi. Berikut daftarnya.

  1. Behel metalik
Behel metalik ataumetal bracesadalah jenis behel konvensional yang terbuat dari logam ataustainless steel. Pada behel jenis ini, kawat diikatkan kebracketlogam yang ditempatkan pada permukaan depan gigi.

Behel metalik efektif untuk memperbaiki masalah seperti pergeseran gigi, maloklusi, overbite, atau underbite.

Meski terlihat mencolok, keunggulan behel metalik adalah bahannya kuat dan mampu menangani kasus-kasus ortodontik yang kompleks dengan baik.

  1. Behel transparan
Behel transparan atauclear bracesterbuat dari bahan keramik atau plastik yang transparan.

Behel transparan umumnya didesain menyerupai gigi alami, sehingga tidak terlalu mencolok. Oleh karena itu, behel ini kerap menjadi pilihan banyak orang yang ingin tampil percaya diri saat menggunakan behel.

Namun, kekurangan dari behel transparan adalah bahannya rentan menyerap warna dari makanan atau minuman yang dikonsumsi.Oleh karena itu, warna asli behel bisa berubah seiring waktu pemakaian.

  1. Behel lingual
Behel lingual merupakan jenis behel yang dipasang di bagian belakang gigi, sehingga membuat penggunanya sekilas tidak terlihat memakai behel.

Keunggulan behel lingual terletak pada aspek estetika, sebab penggunanya akan merasa lebih percaya diri.

Sementara itu, tantangannya adalah pengguna behel ini mungkin dapat merasakan ketidaknyamanan karena lokasi behel yang tidak biasa di dalam mulut.

Baca Juga: Ternyata Ada di Rumah, Inilah 5 Obat Alami Gatal Berair dan Menyebar

  1. Behelinvisalign
Invisalignmerupakan sistem perawatan ortodontik yang menggunakan serangkaian cetakan gigi transparan yang disesuaikan dengan struktur mulut pasien.

Karena berupa cetakan gigi, behel jenis ini dapat dilepas-pasang dan diganti setiap periode waktu tertentu agar hasilnya maksimal. Warna cetakannya transparan, sehingga pengguna dapat merasa lebih percaya diri saat menggunakan behelinvisalign.

Selama menggunakaninvisalign, pengguna pun bisa makan dan minum seperti biasa tanpa perlu melepas behel. Jadi, behel jenis ini menawarkan fleksibilitas dan kenyamanan ekstra.

  1. Behelself-ligating
Self-ligatingmerupakan metode pemasangan behel yang menggunakan klem khusus atau teknologislideuntuk memegang kawat dalam posisi, tanpa perlu menggunakan karet atau ligatur tambahan.

Metode ini diklaim dapat mengurangi gesekan dan tekanan pada gigi, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Karena dapat menyesuaikan posisi secara otomatis, behelself-ligatingjuga dapat mempercepat proses perawatan dan mengurangi jumlah kunjungan ke dokter gigi.

Itulah lima jenis behel gigi k secara umum yang dapat menjadi pertimbangan orangtua. Dengan memilih jenis behel yang tepat, anak dapat memperoleh perawatan gigi yang nyaman dan hasilnya maksimal.

Sebagai orangtua yang cermat, pastikan untuk konsultasi dan pasang behel di klinik gigi yang tepat, seperti di Klinik Gigi Damessa.

Saat ini, Klinik Gigi Damessa sedang menghadirkan promo SchoolHoliDeals yang menawarkan potongan harga hingga Rp 2,8 juta untuk perawatan behel. Yuk, dapatkan behel gigi yang tepat untuk anak di Klinik Gigi Damessa!

Editor : Sheila Respati