Dengan Rekosistem, Sampah Tak Hanya Jadi Sumber Limbah tapi Datangkan Manfaat ini

By Saeful Imam, Kamis, 20 April 2023 | 14:10 WIB
Dengan rekosistem sampah dapat diolah menjadi barang yang bermanfaat ()

Nakita.id - Sampah menjadi sumber limbah dari manusia yang perlu dikelola dengan baik.

Bila tidak, sampah dapat mendatangkan dampak buruk, termasuk pencemaran lingkungan. 

Salah satu pengelolaan sampah yang efektif adalah dengan rekosistem.

Rekosistem sampah merujuk pada sistem yang terdiri dari berbagai komponen yang terlibat dalam pengelolaan sampah, termasuk pengumpulan, pengangkutan, pengolahan, dan pembuangan sampah.

Rekosistem sampah biasanya melibatkan berbagai pihak, seperti pemerintah, lembaga swasta, dan masyarakat, yang bekerja sama untuk mengelola sampah dengan cara yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Selain itu, rekosistem sampah juga melibatkan aspek-aspek seperti pengurangan sampah di sumber, pengelolaan sampah berbahaya dan beracun, serta kampanye edukasi dan kesadaran masyarakat untuk mengurangi pembuangan sampah sembarangan dan menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

Rekosistem sampah yang baik biasanya didasarkan pada pendekatan yang berbasis pada hierarki pengelolaan sampah, yaitu mengurangi, mendaur ulang, dan menggunakan teknologi pengolahan yang ramah lingkungan sebagai prioritas, dengan tujuan untuk mengurangi dampak negatif sampah terhadap lingkungan, serta memanfaatkan sampah sebagai sumber daya yang berharga.

Berkaitan dengan hal ini, bekerjasama dengan Rekosistem dan Pemkot Surabaya untuk membangun fasilitas Waste Station, di bulan Ramadhan ini PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) bersama dengan Rekosistem dan pemerintah Kecamatan Benowo mengadakan acara lanjutan bertajuk “Ngabuburit Ramah Lingkungan Bersama Ajinomoto”.

Dalam kegiatan kali ini turut hadir Yudho Koesbandryo, Direktur – PT AJINOMOTO INDONESIA, yang menjelaskan perihal komitmen Ajinomoto dalam menjaga keasrian bumi pertiwi. 

“Menjalani usia yang lebih dari setengah abad PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) terus menguatkan komitmen untuk mendampingi masyarakat Indonesia dalam memberikan yang terbaik dengan terus berpegang teguh pada nilai Ajinomoto Shared Value (ASV) yang berfokus pada pilar: health and wellbeing, food resources, dan global sustainability.

Melalui slogan global kami “Eat Well, Live Well”, Ajinomoto terus memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas hidup sehat masyarakat Indonesia sekaligus melangkah ke arah bisnis berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Baca Juga: Jangan Biarkan Tempat Sampah Basah, Ini Cara Menghilangkan Bau dari Tempat Sampah