Teknologi Semakin Canggih dan Modern, Berbagai Perlengkapan ini Menjadikan Proses Memasak Jadi Lebih Mudah dan Menyenangkan

Selasa, 07 Maret 2023 | 10:09

Berikut beberapa perlengkapan teknologi yang memudahkan proses memasak

GridHITS.id - Saat ini teknologi sudah merambah berbagai bidang, termasuk perlengkapan dapur.

Kehadiran teknologi modern membuat proses memasak menjadi lebih mudah, cepat, dan menyenangkan.

Dulu, kita harus berepot-repot menggunakan dandang atau panci, prosesnya pun mengikuti beberapa tahan hingga akhirnya menjadi nasi.

Ada yang prosesnya lebih cepat menggunakan kastrol, namun proses memasak ini memiliki kelemahan yaitu keraptimbul kerak nasi di bagian dasar panci.

Proses membersihkan panci-panci itupun terasa sulit.

Kini, kita punya alat bernama rice cooker dan penanak nasi modern multiguna hingga memasaknya pun menjadi lebih cepat dan praktis.

Selain penanak nasi modern, berikut beberapa perlengkapan dapur modern yang memudahkan proses mengolah makanan serta membersihkan perlengkapan dapur.

1. Hangatkan Makanan dengan LaciModern

Kita biasanya lebih berselera menyantap makanan yang sedang hangat.

Sayangnya,makanan akan cepat dingin jikadidiamkan.

Laci penghangat makanan

Kini tak perlu khawatir karena adalaci penghangat memungkinkan peralatan pecah belah, bahan masakan atau hidangan yang telah saji untuk tetap hangat hingga dibutuhkan.

Hasilnya, temperatur makanan yang baik disajikan saat hangat pun dapat terus terjaga dalam kondisi optimal sebelum disajikan kepada keluarga tercinta.

Baca Juga: Dapur Umami dan ABC Cooking Studio Ajak Cooking Enthusiast Kreasikan Menu Lezat dan Sehat

2. Blender atau Mixer untuk Olah Bahan Makanan

Keduanya termasuk pengolah makanan atau food processor.

Food processor memungkinkan para Ibu untuk memasak dengan lebih mudah dan cepat.

Tak perlu proses lama dan merepotkan hingga berisiko membuat tangan ibu terluka, kiniada food processor dapat membantu menghancurkan, menghaluskan, hingga menggiling bahan makanan maupun bumbu ‘hanya’ dengan menekan beberapa tombol.

3. Bebas Batuk dan Sesak dengan Pengisap Asap

Bau asap dapur saat memasak membuat kita sesak dan batuk, namun hal itu dapat diatasi dengan kehadirancooker hood.

Alat satu ini bekerja dengan cara menyedot asap hingga debu yang timbul saat proses memasak. Alhasil, para Ibu, khususnya yang tidak memiliki dapur terlalu luas dapat memasak tanpa takut engap atau mengkhawatirkan aroma masakan menyebar ke ruangan lain.

Alat pengisap asap di dapur

Sebagai bonus, kebanyakan cooker hood di masa kini juga sudah dilengkapi dengan lampu built-in. Karenanya, memasak pun terasa lebih nyaman dan dapat dilakukan setiap waktu tanpa perlu memikirkan tingkat sorotan cahaya.

4. Mesin Pencuci Piring

Layaknya food processor, mesin pencuci piring juga bisa membantu para Ibu atau penghuni rumah lainnya untuk menghemat waktu serta tenaga.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh studi Departemen Energi A.S yang menyatakan bila penggunaan mesin pencuci piring dapat menghemat 230 jam waktu pribadi dalam 1 tahun.

Manfaat dan kegunaan alat pencuci piring

Cukup masukkan piring atau gelas kotor, tekan tombol dan tunggu hasilnya. Kurang praktis apa lagi?

5. Alat Masak Mutiguna

Pusing menggonta-ganti alat saat ingin memasak hidangan yang bervariasi? Bisa jadi multi-cooker merupakan solusi yang selama ini dicari.

Nilai jual multi-cooker terdapat pada kemampuannya untuk melaksanakan sejumlah metode memasak. Umumnya, kapabilitas tersebut mencakup cara memasak seperti merebus, menggoreng, mengukus, hingga sekadar menghangatkan.

Baca Juga: Sering Dilakukan Padahal Fatal, Menaruh Dua Alat Masak ini di Dekat Kompor Bisa Menjadi Sumber Kebakaran, Cek Sekarang Ya

Merasa belum cukup dengan opsi metode memasak yang disediakan oleh multi-cooker pada umumnya? Jangan khawatir, SESA selaku perusahaan yang memproduksi, menjual dan mendistribusikan produk sehat belum lama ini memperkenalkan Instant Pot ‘Multicooker Instant Pot Duo 9-in-1’.

Seperti yang disugestikan namanya, Instant Pot Duo 9-in-1 memadukan fungsi 9 alat masak sekaligus di dalam satu perangkat. Konsep multifungsi tersebut digabungkan dengan usungan konsep faster, healthier & tastier, yang memungkinkan alat satu ini untuk memasak dengan 2 atau 6 kali kecepatan dan efisiensi energi hingga 70% lebih tinggi dibandingkan multi-cooker lainnya.

Banyak fungsi dari alat ini yang dapat memasak nasi, merebus, dan proses lainnya dengan mudah

Mewujudkan filosofi “healthier”, Instant Pot Duo 9-in-1 menjanjikan hidangan berkandungan nutrisi tinggi berkat waktu memasak cepat serta penggunaan material stainless steel yang dipastikan bebas dari resiko mencemari masakan dengan kandungan zat berbahaya. Kian apik, perhatian terhadap kesehatan tubuh itu turut diimbangi oleh 10 fitur penunjang keamanan yang menjamin para Ibu kian nyaman dan percaya diri kala berkreasi.

“Menunjang segala keunggulannya itu, Instant Pot Duo 9-in-1 juga telah dilengkapi ribuan inspirasi resep yang dapat diakses melalui aplikasi Instant Brands Connect,” ujar Ratih Nadia, Brand Manager Instant Pot.

Kian memanjakan, seluruh resep tersebut dapat dipadukan dengan 15 opsi menu pada fitur ‘Smart Programs’ yang membuat proses memasak kian mudah dan anti-gagal.

Baca Juga: Rupanya Semudah Ini Ubah Wajan dan Kompor Penuh Kerak Hitam Jadi Kinclong, Cukup Sekali Usap dengan Bahan Dapur Ini

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya