Begini Cara Menghitung Rata-rata di Excel dengan Sangat Mudah

Senin, 06 Maret 2023 | 07:42
SS unsplash

Menghitung rata-rata di excel bisa dilakukan dengan sangat mudah

GridHITS.id - Microsoft Excel adalah salah satu program pengolah angka yang paling populer dan sering digunakan di dunia bisnis, pendidikan, dan penelitian.

Dalam kegiatan sehari-hari, Excel digunakan untuk mengolah dan menganalisis data angka, seperti melakukan perhitungan keuangan, membuat laporan keuangan, mengelola inventaris, dan sebagainya.

Kelebihan Excel karena ia punya fungsi matematika dan statistik.

Excel dilengkapi dengan berbagai macam rumus matematika dan statistik yang memudahkan pengguna untuk melakukan perhitungan dan analisis data dengan cepat dan akurat.

Untuk menghitung rata-rata dari serangkaian angka di Excel, Anda dapat menggunakan fungsi AVERAGE.

Baca Juga: Berikut Cara Menggunakan Rumus Kali di Microsoft Excel

Fungsi AVERAGE menghitung rata-rata dari satu atau lebih sel yang berisi angka.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung rata-rata di Excel menggunakan fungsi AVERAGE:

  • Pilih sel tempat Anda ingin menampilkan hasil rata-rata.
  • Ketikkan tanda sama dengan (=) untuk memulai formula di sel tersebut.
  • Ketikkan fungsi AVERAGE, diikuti oleh tanda kurung buka dan rentang sel yang berisi angka yang ingin dihitung rata-ratanya. Contoh: =AVERAGE(A1:A5) untuk menghitung rata-rata dari sel A1 hingga A5.
  • Tekan tombol Enter untuk menampilkan hasil.
Anda juga dapat menggunakan fungsi AVERAGEIF dan AVERAGEIFS untuk menghitung rata-rata dari sel yang memenuhi kriteria tertentu.

Fungsi AVERAGEIF menghitung rata-rata dari sel yang memenuhi satu kriteria, sementara fungsi AVERAGEIFS menghitung rata-rata dari sel yang memenuhi beberapa kriteria.

Berikut adalah contoh penggunaan kedua fungsi tersebut:

  1. Menggunakan fungsi AVERAGEIF: =AVERAGEIF(A1:A5, ">3") untuk menghitung rata-rata dari sel A1 hingga A5 yang nilainya lebih besar dari 3.
  2. Menggunakan fungsi AVERAGEIFS: =AVERAGEIFS(A1:A5, B1:B5, ">3", C1:C5, "<7") untuk menghitung rata-rata dari sel A1 hingga A5 yang nilai B1 hingga B5 lebih besar dari 3 dan nilai C1 hingga C5 kurang dari 7.
Perlu diingat bahwa fungsi AVERAGE, AVERAGEIF, dan AVERAGEIFS hanya akan menghitung rata-rata dari sel yang berisi angka. Sel yang kosong atau berisi teks akan diabaikan.

Artikel ini dibuat dengan bantuan kecerdasan artifisial.

Baca Juga:Gampang Banget, Begini Cara Memberi Nomor Halaman di Microsoft Word

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya