Find Us On Social Media :

Terapkan Gaya Hidup Tanpa Sampah, Ramon Yusuf Tungka Sering Bawa Lap hingga Benda Ini di Setiap Perjalanannya

By Rissa Indrasty, Rabu, 22 Februari 2023 | 08:47 WIB

Ramon Yusuf Tungka saat ditemui Grid.ID di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2023).

Laporan Wartawan Grid.ID, Rissa Indrasty

Grid.ID - Kampanye gaya hidup tanpa sampah memang sedang digalakkan di Indonesia belakangan ini.

Salah satu artis yang turut serta berpartisipasi menjalani gaya hidup tanpa sampah yaitu Ramon Yusuf Tungka.

Ternyata, Ramon Yusuf Tungka mengungkapkan bahwa dirinya selalu membawa bekal atau barang-barang untuk mengurangi produksi sampah di bumi.

"Tidak membawa barang berpotensi jadi sampah, membawa barang semisal saya selalu membawa tanda kutip lap, kain yang bisa saya gunakan untuk berbagai fungsi, untuk lap kotoran, kain kuning kanebo, karena mudah dibersihkan ketika lap sepatu kotor, lap barang-barang saya, jadi saya nggak perlu pakai tisu, memilih masker yang tidak sekali pakai, kalau pun pakai sekali pakai nggak selalu dibuang," ungkap Ramon Yusuf Tungka saat ditemui Grid.ID di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2023).

Disamping itu, Ramon Yusuf Tungka juga sering menyimpan plastik bekas berbelanja di minimarket dan kemudian digunakan kembali.

"Membawa barang-barang yang sekiranya tas plastik, saya masih simpan tas plastik saya dari toserba mana, karena berfungsi untuk bungkus sepatu, sendal, plastik itu saya cuci, lalu saya gunakan lagi," ungkap Ramon Yusuf Tungka.

Tak lupa, setiap bepergian Ramon Yusuf Tungka selalu membawa botol minum agar tidak memproduksi sampah botol plastik.

"Alhamdulillah tumbler sudah jadi kewajiban, penggunaan tumbler, tas belanja hal simpel saat traveling, itu hal paling simple yang berpengaruh," ungkap Ramon Yusuf Tungka.

Bahkan, Ramon Yusuf Tungka juga membawa wadah untuk menyimpan sampah jika tidak menemukan tong sampah.

"Saya juga bawa wadah kecil tempat sampah apabila terpaksa menggunakan sampah, saya perokok saya tidak serta merta buang, bekas rokok saya bungkus dulu, disimpan di wadah," tutup Ramon Yusuf Tungka.

Baca Juga: Dinikahi Duda 4 Anak, Qory Sandioriva Berusaha Bersikap Adil Antara Anak Kandung dan Anak Sambungnya

 

(*)