Begini Upaya Transparansi Facebook menentukan iklan yang kamu lihat

Rabu, 15 Februari 2023 | 19:30
hqcorporateoffice

Ilustrasi Facebook yang hadirkan fitur untuk membuatnya lebih transparan dengan pengguna

Nextren.com - Saat ini Meta sedang memperbarui alat transparansi iklan Facebook untuk memberitahu secara lebih baik alasan iklan bisa dilihat oleh penggunanya.

Dilansir dari Ther Verge, Meta menjelaskan bahwa iklan-iklan yang muncul bergantung pada bagaimana aktivitas kamu, baik di platform Meta maupun diluar platform.

Aktivitas tersebut terkait dengan unggahan apa yang kamu sukai, berinteraksi dengan siapa saja kamu di platform, termasuk akses situs web favorit kamu.

Semua aktivitas tersebut akan menginformasikan model pembelajaran mesin yang Meta gunakan untuk menayangakan iklan yang sesuai.

Mesin tersebut menghubungkan berbagai topik berdasarkan aktivitas kamu untuk menampilkan iklan yang relevan.

Baca Juga: Facebook Kenalkan Fitur Baru Untuk Lindungi Data dan Privasi Anak Remaja

Jadi kamu punya alasan untuk mengontrol iklan yang ditayangkan dengan mengakses preferensi iklan di halaman tambahan.

Halaman tambahan yang menjelaskan preferensi iklan tersebut akan memberikan alasan mengapa kamu bisa melihat iklan tersebut.

Lebih dari pada itu para pakar privasi dan pemangku kepentingan menyarankan hal lain, agar pengguna bisa lebih mengontrol iklan yang dilihatnya.

Para pakar menyarankan agar Meta dapat meningkatkan transparansi agar pengguna memiliki kontrol untuk memilih iklan yang mana yang akan ditampilkan.

Hal tersebut menjadi penting, karena dengan begitu pengguna bisa memastikan jenis informasi yang akan digunakannya.

Baca Juga: Meta Pusatkan Pengaturan Privasi di Facebook, Instagram, dan Messenger

Saat ini fitur transparansi iklan hanya tersedia di Facebook, namun tidak menutup kemungkinan juga akan hadir di platform lainnya.

Meta berencana untuk membawa fitur transparansi iklan ini ke Instagram dan berbagai platform Meta lainnya.

Jauh lebih dahulu dibandingkan dengan Meta, TikTok sudah muali lebih transparan dengan menambahkan fitur serupa.

TikTok memberikan fitur dimana pengguna bisa mengetahui detail mengapa video yang kamu lihat bisa muncul di Feed.

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : The Verge

Baca Lainnya