GridHits.id - Bila Anda sering melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan hitung-menghitung maka Microsoft Excel sangat membantu.
Excel adalah sebuah program spreadsheet yang sangat populer dan digunakan di berbagai bidang.
Dalam hal keuangan Excel sangat berguna untuk mengatur dan menghitung keuangan, termasuk pembuatan anggaran, pengelolaan laporan keuangan, dan pelacakan pembayaran.Selain itu, Excel juga dapat digunakan untuk merencanakan kegiatan, membuat jadwal, mengatur daftar tugas, dan lain sebagainya.Dan Anda pekerja kantoran pasti sering menggunakan Excel untuk membuat laporan dan presentasi visual yang menarik dan mudah dipahami.Dalam rangka memaksimalkan kegunaan Excel, diperlukan keterampilan dasar dalam penggunaan program tersebut, seperti mengoperasikan fungsi dasar, membuat formula, dan memformat data.
Jangan lupa, untuk makin mempermudah pekerjaan, Anda wajib tahu shortcut dalam penggunaan Excel.
Shortcut dalam Microsfot Excel
Berikut beberapa shortcut umum yang dapat digunakan di Excel:Tombol Control (Ctrl)Ctrl + A: memilih semua data pada lembar kerjaCtrl + B : menerapkan teks tebal pada sel yang dipilih
Baca Juga: 6 Cara Untuk Mencari dan Mengembalikan File Word yang belum Disimpan
Ctrl + C : menyalin data yang dipilih
Ctrl + D: menyalin data dari sel di atasnya pada sel yang dipilih
Ctrl + F : mencari teks atau nilai dalam lembar kerja
Ctrl + G: membuka kotak dialog "Go To" untuk berpindah ke sel tertentu dalam lembar kerja
Ctrl + H: membuka kotak dialog "Find and Replace" untuk mencari dan mengganti teks dalam lembar kerja
Ctrl + I : menerapkan teks miring pada sel yang dipilih
Ctrl + J: menampilkan kotak dialog "Fill" untuk menyalin atau mengisi data berdasarkan pola tertentu
Ctrl + K: membuat hyperlink pada sel yang dipilih
Ctrl + L: memasukkan baris baru pada sel yang dipilih atau mengisi sel dengan data yang sama seperti sel di atasnya
Ctrl + N: membuat lembar kerja baru
Ctrl + O: membuka file lembar kerja yang ada
Baca Juga: Ada Cara Mudah Menyalin Teks di Youtube, Tak Perlu Nonton Video Sampai Habis
Ctrl + P: mencetak lembar kerja aktif
Ctrl + R: menyalin data dari sel ke kanan pada baris yang dipilih
Ctrl + S : menyimpan file yang sedang dikerjakan
Ctrl + U : menerapkan teks bergaris bawah pada sel yang dipilih
Ctrl + V : menempelkan data yang disalin atau dipotong
Ctrl + W: menutup lembar kerja aktif
Ctrl + X : memotong data yang dipilih
Ctrl + Y: mengulangi tindakan terakhir atau mengaktifkan Redo
Ctrl + Z : membatalkan aksi terakhir
Ctrl + Home : berpindah ke sel A1 (baris atas dan kolom kiri)
Ctrl + End : berpindah ke sel terakhir yang terisi dalam lembar kerja
Baca Juga: WhatsApp Web Tidak Berjalan, Ini 6 Penyebab yang Sering Terjadi
Ctrl + ;: memasukkan tanggal hari ini
Ctrl + Shift + &: memformat sel sebagai garis bawah
Ctrl + Shift + #: memformat sel sebagai nomor
Ctrl + Shift + @: memformat sel sebagai waktu
Ctrl + Shift + !: memformat sel sebagai koma
Ctrl + Shift + ^: memformat sel sebagai eksponensial
Ctrl + Shift + *: menyorot semua sel yang terhubung dengan sel aktif
Ctrl + Shift + ~: memformat sel sebagai angka standar
Ctrl + Shift + ~: memformat angka sebagai umum
Ctrl + Shift + $: memformat angka sebagai mata uang
Ctrl + Shift + #: memformat angka sebagai tanggal
Baca Juga: WhatsApp Web Lemot, Penyebab dan Cara Mengatasinya
Ctrl + Shift + @: memformat angka sebagai waktu
Ctrl + F1: menyembunyikan atau menampilkan pita
Ctrl + 1: membuka dialog Format Cell
Ctrl + Page Up: berpindah ke tab sebelumnya
Ctrl + Page Down: berpindah ke tab berikutnya
Tombol Function (F)
F2 : mengedit sel yang dipilih
F4 : mengulangi aksi terakhir
F7 : membuka jendela Spell Check untuk mengecek ejaan dalam sel atau teks terpilih
F12: menyimpan file dengan nama lain
Alt + =: menambahkan formula SUM pada sel yang dipilih
Alt + F4: menutup Excel
Alt + Enter : memasukkan baris baru dalam sel teks
Shift + F3: membuka dialog Formula
Sebagian artikel ini ditulis dengan menggunakan kecerdasan buatan.