Ibuprofen Trending di Twitter, Sebenarnya Bolehkah Jadi Obat Pereda Nyeri Haid?

By Alsabrina, Rabu, 18 Januari 2023 | 12:01 WIB
(Ilustrasi) Ibuprofen jadi obat pereda nyeri haid (dok. freepik.com)

NOVA.id - Ibuprofen menjadi trending twitter. Hal ini dikarenakan ibuprofen menjadi jawaban terbanyak pengguna twitter saat ditanya soal obat pereda nyeri haid.

Ya, salah satu akun twitter bertanya soal obat pereda nyeri haid yang biasa dipakai dan akun tersebut menjawab jika dirinya memakai obat spasminal.

"alat penolong kalau lagi nyeri banget pas lagi mens. Versi kalian apa?" ujar seseorang dalam akun @convomf.

Sebanyak 3.613 orang pun menjawab dengan jawaban yang beragam. Namun, jawaban terbanyak adalah ibuprofen yang menjadi obat pereda nyeri haid.

Sebenarnya, bolehkah ibuprofen menjadi obat pereda nyeri haid? Adakah efek samping yang ditimbulkan?

Ibuprofen untuk meredakan nyeri haid

Seperti yang kita tahu, nyeri haid dan kram sering terjadi di sebagian besar perempuan dan dengan intensitas yang berbeda-beda.

Sehingga, banyak yang meminum obat pereda nyeri haid, salah satunya adalah ibuprofen.

Ibuprofen termasuk dalam keluarga obat yang dikenal sebagai obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), yakni kelompok obat yang digunakan untuk mengurangi peradangan, meredakan nyeri, dan menurunkan demam.

Dilansir dari National Library of Medicine, para peneliti di Cochrane Collaboration, sebuah jaringan peneliti internasional mencari studi klinis obat-obatan NSAID, salah satunya ibuprofen, untuk mengetahui apakah membantu meredakan nyeri haid.

Studi ini membandingkan keefektifan obat penghilang rasa sakit dengan plasebo (obat palsu) atau obat lain. Studi termasuk wanita dengan dan tanpa endometriosis.

Baca Juga: Tanpa Obat, Inilah 8 Cara Menghilangkan Nyeri Haid Secara Alami