Begini Cara Membuat Iklan di Facebook untuk Pemula Mulai dari Nol

Sabtu, 14 Januari 2023 | 07:00
Pexels

Berikut ini adalah cara membuat iklan di Facebook untuk pemula.

GridHITS.id -Bagaimana sihcara membuat iklan di Facebook untuk pemula?

Banyak orang yang penasarancara membuat iklan di Facebook dengan mudah.

Jika Anda pemula dan ingin mencobanya, artikel ini cocok untuk Anda!

Facebook merupakan salah satu media sosial canggih yang serba bisa.

Salah satu kegunaannya adalah untuk mempromosikan produk bisnis Anda.

Untuk bisa mempromosikan produk bisnis, Anda bisa menggunakan fitur Facebook Ads.

Bagaimana sih cara membuat Facebook Ads?

Tahapan Cara Buat Facebook Ads

1. Membuat Halaman Facebook

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat Halaman Bisnis Facebook.

Halaman ini nantinya akan menjadi "rumah" untuk memperkenalkan produk-produk yang Anda perdagangkan.

Cara membuat Halaman Facebook sangatlah mudah.

Cukup pergi kehttps://www.facebook.com/pages/create/, lalu ikuti langkah yang disediakan.

Baca Juga: Cara Login Facebook yang Lupa Password, Langkahnya Sederhana!

2. Masuk ke Akun Facebook Ads

Jika akun Halaman Facebook sudah dibuat, nantinya akun Facebook Ads pun juga akan otomatis dibuat.

Langkah selanjutnya adalah Anda perlu masuk ke akun Facebook Ads Anda.

Caranya cukup pergi ke halamanhttps://www.facebook.com/business/adsuntuk melakukan login di akun Anda.

3. Membuat Kampanye Facebook Ads

Tahapan selanjutnya adalah membuat kampanye, atau menentukan tujuan dari pembuatan iklan Anda ini.

Berikut ini adalah beberapa tujuan pemasangan iklan yang bisa Anda sesuaikan di Facebook Ads dengan bisnis Anda:

- Awareness: Kesadaran publik akan brand milik Anda.

  • Brand Awareness: Meningkatkan kesadaran publik soal brand Anda, khususnya pada orang-orang yang memang memiliki minat pada brand Anda.
  • Jangkauan: Menampilkan iklan kepada publik sebanyak dan seluas mungkin.
- Consideration: Pertimbangan jenis tindakan yang datang dari publik.

  • Penginstalan Aplikasi: Menginstal aplikasi dari brand Anda.
  • Lalu Lintas: Meningkatkan traffic dari situs brand Anda.
  • Penciptaan Prospek: Mendorong publik untuk tetap berada di situs brand Anda lebih lama.
  • Pesan: Meningkatkan interaksi dengan publik, khususnya melalui pesan.
  • Tayangan Video: Menonton video iklan dari brand Anda.
- Conversion: Menghasilkan konversi.

  • Konversi: Mendorong publik untuk melakukan pembelian ataupun jenis konversi lain seperti follow akun Anda, mengirim pesan pada Anda, dan lain sebagainya.
  • Penjualan Katalog:Melihat katalog dariproduk-produk Anda.
  • Kunjungan Toko: Mendorong publik untuk datang ke toko online dari brand Anda.
Baca Juga: Cara Menghapus Pesan Facebook Secara Sekaligus Ternyata Bisa Semudah Ini

Setelah tujuan dari kampanye iklan ditentukan, selanjutnya adalah menentukan bagaimana cara dari iklan Anda akan ditayangkan.

- Menentukan Pemirsa: Menentukan siapa saja demografi (umur, gender, lokasi tempat tinggal, dll) orang-orang yang akan melihat iklan Anda.

- Menentukan Lokasi: Menentukan di media sosial mana saja iklan Anda akan pasang.

- Menentukan Anggaran Iklan: Menentukan berapa uang yang akan Anda keluarkan untuk kebutuhan Ads.

- Menentukan Format Iklan: Menentukan format iklan seperti apa yang ingin Anda tampilkan (foto, video, carousel, atau yang lainnya).

4. Melakukan Pembayaran Ads

Jika sudah, tahapan terakhir adalah melakukan pembayaran sesuai budget yang Anda tentukan.

Metode pembayaran bisa menggunakan kartu debit, maupun juga kartu kredit.

Jika sudah melakukan pembayaran, Facebook nantinya akan melakukan peninjauan dan penerbitan di waktu yang sudah Anda tentukan.

Nah, itulah dia tadi tahapancara membuat iklan di Facebook untuk pemula.

Baca Juga: Begini Cara Ganti Kata Sandi Facebook dengan Mudah, Amankan Akun Anda!

Editor : Averus Al Kautsar

Sumber : GridHits.ID

Baca Lainnya