Optimal Layani Konsumen, ini Platform Customer Touchpoint di Whatsapp Business

Rabu, 04 Januari 2023 | 20:00
whatsapp

Nah whatsapp business merupakan salah satu platform yang mengedepankan customer touchpoint, ini penjelasannya

GridHITS.id - Customer touchpoint di whatsapp businessmemang menjadi bahasan menarik tersendiri.

Kehadiran whatsapp business sendiri menjadi angin segar bagi para pengusaha kecil dan menengah.

Mereka bisa memasarkan produknya dengan cepat, ekonomis, dan tepat guna.

Di sisi lain, pelayanan konsumen dan kepuasan konsumen pun terbantu dengan adanya whatsapp business.

Sebab, konsumen dapat berhubungan dengan penjual atau brand sebelum, selama, dan setelah membeli produk atau jasa tersebut.

Platform Customer Touchpoint di Whatsapp Business

Buat yang belum tahu,customer touchpoint adalah momen setiap konsumen atau calon konsumen berhubungan denganbrand, baik sebelum, selama, dan setelah membeli sesuatu dari brand tersebut.

Ambil contoh daricustomer touchpoints termudah di antaranya, konsumen bisa menemukan produk atau jasa secara online, sekaligus melihat tanggapan konsumen lainnya., berbelanja, dan menghubungi layanan konsumen secara cepat.

Begini prosesnya kalau kita adaptasi ke whatsapp business:

Sebelum membeli

Pelanggan bisa melihat-lihat profil pemilik bisnis lewat fitur profil whatsapp business yang lengkap.

Profil whatsapp business tak hanya mencantumkan brand, tapi juga alamat lengkap, alamat website, media sosial, dan lainnya.

Baca Juga: Dijamin Suka dan Langsung Download, ini Keunggulan Whatsapp Mod

Dengan begitu, konsumen bisa melihat bagaimana produk itu sebelum membelinya.

Bahkan, whatsapp business memiliki fitur chatbot sehingga calon pembeli tidak merasa terabaikan.

Sebab, saat ia bertanya di luar jam buka toko, pemilik brand masih dapat menanggapi atau menjawabnya dengan fitur otomatis tersebut.

Selama Membeli

Selama membeli, whatsapp business juga menyediakan fitur katalog yang berisi pajangan produk atau jasa yang ditawarkan beserta spesifikasi dan harganya.

Kalau ingin bertanya lebih lanjut, pemilik brand dengan senang hati akan menjawabnya.

Bahkan, pemilik brand juga dapat mengatur fitur balasan otomatis untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan konsumen.

Konsep telemarketing ini sangat berarti dalam customer touchpoint.

Interaksi pelanggaan atau konsumen dengan pemilik brand sangat penting demi transaksi jual beli yang sehat.

Setelah Membeli

Setelah membeli, whatsapp business menyediakan kolom chat untuk memilih jasa pengiriman, masa pakai produk, penggunaan, dan lainnya.

Bahkan, bila ada komplain, konsumen dapat langsung mengajukannya ke pemilik brand, hingga bisa diatasi dengan cepat.

Dengan adanya whatsapp business, konsumen dibantu memilih produk atau jasa yang dibutuhkan.

Bahkan, melakukan analisa penjualan dalam menjual dan mempromosikan produk.

Baca Juga: Pasti Menyesal Baru Tahu Cara Blokir Nomor Whatsapp tanpa Ketahuan

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya