Perbandingan Facebook Ads vs Google Ads dan Keunggulan Masing-masing, Mau Pilih Mana?

Senin, 12 Desember 2022 | 07:00
Unsplash/Pexels

Berikut perbandingan Facebook Ads vs Google Ads dan keuntungannya

GridHITS.id -Banyak orang penasaran perbandingan kelebihanFacebook Ads vs Google Ads.

Temukan perbandingan Facebook Ads vs Google Ads dan keuntungannya masing-masing di artikel ini.

Siapa yang tak memiliki media sosial?

Hampir semua orang pada saat ini pasti memiliki media sosial.

Khususnya masyarakat moderen masa kini.

Tak mengherankan, keberadaan media sosial saat ini memang begitu dekat dengan kehidupan masyarakat.

Salah satunya adalah dalam berbisnis.

Memasang Iklan di Internet

Dengan media sosial dan internet, kini proses promosi sebuah brand bisa dilakukan oleh semua orang.

Terlebih kini sudah ada banyak fitur beriklan yang ada di internet.

Beberapa di antaranya adalah Facebook Ads dan Google Ads.

Banyak orang yang ingin mencoba beriklan di internet.

Baca Juga: Begini Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen, Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Mencoba!

Namun, biasanya orang-orang yang ingin memasang iklan di internet masih bingung dalam memilih layanan iklan yang ingin digunakan.

Tak perlu bingung, artikel ini sediakan perbandingan antara Google Ads dan Facebook Ads.

Perbandingan ini bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum menggunakan layanan ads.

Facebook Ads vs Google Ads

1. Jangkauan

Secara jangkauan Google Ads memiliki jangkauan yang luas daripada Facebook Ads.

Bukan tanpa alasan, Google Ads memang pada dasarnya merupakan mesin pencarian utama di internet.

Sedangkan Facebook Ads hanya menjangkau lingkup media sosial saja, khususnya Facebook dan Instagram.

Walau begitu, penggunaan media sosial yang masif pada saat inimasih memungkinkan penyebaran iklan lewat media sosial akan lebih efektif.

2. Target

Google Ads memiliki analisis data yang kompleks pada browser yang digunakan oleh pengguna.

Ketika pengguna menggunakan browser, nantinya iklan akan muncul pada situs yang digunakan.

Berbeda dengan Google Ads, Facebook memiliki sistem penargetan yang cenderung lebih individu dan memiliki relevansi konteks yang tinggi.

Perbedaan Google Ads dan Facebook Ads dalam menargetkan audiens:

Baca Juga: Cara Download Reels Facebook Ternyata Bisa Semudah Ini Lho, Bagaimana?

- Google Ads: Keyword yang dicari, bahasa yang digunakan, history browser, dan lainnya.

- Facebook Ads: Profesi, status pernikahan, topik yang disukai, umur, dan lainnya.

3. Jaringan Penayangan Iklan

Facebook Ads hanya bisa menayangkan iklan melalui Facebook dan Instagram.

Sedangkan, Google Ads menayangkan iklan melalui Youtube, Browser Google, Gmail, GMaps, dan masih banyak lagi.

4. Biaya Pemasangan Iklan

Dilansir dari beberapa sumber, secara keseluruhan biaya pemasangan Google Ads lebih besar bila dibandingkan dengan Facebook Ads.

Walau begitu, Facebook Ads dan Google Ads memiliki satu kesamaan.

Kesamaannya yaitu bisa mengatur biaya iklan dengan fleksibel karena menyesuaikan budget yang Anda miliki.

Jumlah biaya iklan yang Anda keluarkan jika menggunakan Facebook Ads akan bergantung dari tujuan pemasangan iklan (awareness, consideration, atau conversion) dan waktu pemasangan iklan (bulanan atau harian).

Sedangkan untuk Google Ads biayanya akan tergantung pada keyword yang Anda pilih.

Semakin populer (banyak dicari dan muncul di atas halaman) keyword yang Anda gunakan, maka semakin besar biaya iklannya.

Nah, itulah dia perbandinganFacebook Ads vs Google Ads yang harus Anda ketahui, jadinya mau pilih yang mana?

Baca Juga: Cara Menambah Like dan Followers Facebook, Ikuti 6 Tips Ini!

Editor : Averus Al Kautsar

Sumber : GridHits.ID

Baca Lainnya