Yang Pengen Dapat Duit dari Konten Kumpul, ini Aneka Jenis Youtube Ads yang Perlu Kamu Tahu

Kamis, 01 Desember 2022 | 21:22
unsplash

Pengin dapat uang dari youtube, mari mengenal aneka jenis youtube ads di sini

GridHITS.id - Aneka jenis youtube ads tampaknya harus diketahui.

Apalagi bagi calon konten kreator juga para pemilik brand yang ingin mendapatkan manfaat maksimal dari youtube ads.

Youtube ads sendiri ada 4 jenis yang akan kami jelaskan lebih lanjut dalam artikel ini, ada iklan yang bisa diskip, tidak bisa diskip, iklan yang tampil di pencarian, bahkan iklan berbentuk gambar dan teks.

Youtube ads sendiri adalah fitur layanan iklan berbayar yang ada di youtube.

Artinya, para pelaku pemasaran dan pemilik brand dapat memasang iklan dan mempromosikan produk dan jasanya di youtube.

Harganya pun sangat terjangkau dibandingkan dengan media massa lain seperti televisi, koran, majalah, dan website.

Apalagi, memasang iklan di youtube ini sangat efektif dan efisien karenapembayaran hanya akan dilakukan jika audiens menonton iklan sampai akhir.

Selain itu, kita juga dapat memantau efektivitas iklan dari Google Analytics.

Untuk itu, kita juga perlu menguasai Google (Google Adwords).

Dengan begitu, apa yang dipromosikan bisa terukur dengan optimal.

Termasuk dengan variabel lainnya seperti target audiens.

Baca Juga: Cuma Posting Tapi Bisa Dapat Duit Banyak, Yuk Mengenal Youtube Ads

Salah satu keunggulan youtube kita dapat menentukan target viewer atau audiens dari youtube, termasuk usia, passion, lokasi, jenis kelamin, dan lainnya.

Berikut aneka jenis youtube ads beserta kekurangan dan kelebihannya:

1. Skippable in-stream Ads

Ciri khas iklan ini bisa disela alias diskip.

Biasanya iklan ini akan muncul di awal video ketikapengguna sedang membuka Youtube.

Contohnya, iklan itu mengambil durasi minimal 10 detik hingga 3 menit, namun masih bisa dislip di detik kelima.

Jika memilih jenis iklan ini, pastikan iklannya sangat menarik juga harus bisa menyampaikan pesan iklan yang menarik di awal video hingga tidak diskip.

Tidak ada biaya dalan iklan ini bila audiens memilih skip.

Para pemasang iklan akan dikenai biaya bila audiens youtubemenonton iklan video tersebut sampai selesai atau minimal 30 detik.

2. Non-skippable Ads

Berbeda dari skippable in-stream ads, non-skippable ads adalah iklan yang tidak bisa diskip.

Baca Juga:Apa Itu YouTube Studio dan Cara Akses Melalui HP? Yuk Kita Berkarya

Artinya, pengguna harus menonton dari awal sampai akhir saat menonton video tertentu.

Para pengiklan harus memanfaatkannya dengan baik hingga pengguna tertarik dengan promosi yang ditawarkan.

3. Discovery Ads

Iklan ini biasanya akan tampil di halaman pencarian, homepage Youtube, atau di halaman terkait video yang ditonton.

Pastikan kita melakukan optimasi SEO pada Youtube.

4. Non-Video Ads

Ini kabar baik bagi yangingin beriklan di Youtube, tapi ternyata tidak punya produk iklan.

Kita bisa membuat non-Video Ads, yang akan muncul dalam bentuk gambar atau teks di Youtube.

Sudah jelas kan aneka jenis youtube ads beserta kelebihan serta kekurangannya.

Baca Juga:Cara Menggunakan Keranjang untuk Berbelanja di Whatsapp Business, Yuk Belanja

Tag

Editor : Saeful Imam