Kunci Jawaban Uji Pengetahuan Akhir Halaman 198 Buku Sosiologi XI SMA Kurikulum Merdeka, Lengkap!

Kamis, 10 November 2022 | 11:23
Freepik/katemangostar

Ilustrasi kunci jawaban Uji Pengetahuan Akhir halaman 198 buku Sosiologi

GridHITS.id -Inilah kunci jawaban Uji Pengetahuan Akhir halaman 198 di buku Sosiologi XI SMA kurikulum merdeka.

Kunci jawaban Uji Pengetahuan Akhir halaman 198 ini bisa membantu Anda yang tengah mengerjakan tugas.

Ada baiknyakunci jawaban Uji Pengetahuan Akhir halaman 198 tak disalahgunakan nantinya.

Ya, beberapa dari kita mungkin tengah berada di akhir bab yang satu ini.

Di mana pada bab tersebut kita membahas soal harmoni sosial di tengah masyarakat.

Kita diajak mengenal lebih jauh apa yang dimaksud dengan harmoni sosial.

Lalu apa fungsinya untuk masyarakat, hingga upaya untuk membangunnya.

Mengingat konflik sosial di tengah masyarakat bukanlah suatu hal yang bisa dihindari.

Sehingga membangun harmoni sosial pun penting untuk mewujudkan kedamaian.

Nah setelah mempelajari bab ini kita ditemukan dengan soal uji pengetahuan akhir bab.

Berikut soal dan jawabannya.

Baca Juga: Rangkuman Bab 3 Sosiologi Kelas XI SMA Konflik Sosial Kurikulum Merdeka

Kunci jawaban Uji Pengetahuan Akhir halaman 198 di buku Sosiologi kurikulum merdeka:

1. Berdasarkan informasi, upaya membangun harmoni sosial dapat dilakukan masyarakat dengan cara . . . .

Jawaban: C

2. Berilah tanda centang pada kolom Benar atau Salah pada beberapa pernyataan berikut!

Jawaban: 1 = salah, 2 = benar, 3 = benar

3. Tariklah garis yang menghubungkan antara aksi dan jenisnya yang tepat berdasarkan tabel berikut!

Jawaban: 1 = b, 2 = a, 3 = d

4.Contoh aksi perawatan sosial ditunjukkan oleh pernyataan angka . . . .

Jawaban: A

5. Berdasarkan artikel, mengapa filantropi sosial berupa sumbangan dinilai belum optimal?

Jawaban: Sumbangan yang diberikan masih banyak berupa kebendaan dan berisiko kurang optimal jika tidak dipantau dengan baik.

Baca Juga: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Lingkungan Hidup, Tetap Jaga Keseimbangannya

Gagasan filantropi pada artikel mengharapkan adanya sumbangan jangka panjang seperti ide/gagasan, tenaga, waktu yang mengarah pada Individual Social Responsibility jangka panjang.

6. Berilah rekomendasi cara yang dapat dilakukan pemuda agar mampu berperan aktif dalam kegiatan filantropi berkelanjutan sesuai dengan gagasan pada artikel!

Jawaban: Pemuda dapat menggagas kegiatan yang tidak hanya berupa kedermawanan (charity), tetapi juga gerakan.

Selain itu, pemuda melakukan kemitraan, misalnya dengan blended finance yaitu bekerja sama dengan perusahaan melalui proposal yang ditujukan kepada perusahaan besar.

Melakukan kegiatan dengan pendanaan yang melibatkan masyarakat luas, atau penggalangan dana (crowdfunding) melalui platform di internet yang diawasi oleh OJK.

Pemuda bersama masyarakat atau pihak terkait menjalankan aktivitas kedermawanan berkelanjutan.

Misalnya, mengoptimalkan keberadaan rumah singgah, bank sampah, dan berbagai kegiatan lain.

7. Apakah aksi pada gambar berikut termasuk filantropi sosial yang sesuai dengan gagasan pada artikel?

Jawaban: Ya, karena termasuk dalam isu SDGs dan tidak bersifat sementara tetapi berkelanjutan membangun lingkungan secara kolaboratif dan kemintraan dengan melibatkan berbagai pihak.

8. Berdasarkan gambar, urutan perencanaan penerapan komponen sekolah ramah anak yang tepat adalah ….

Jawaban: A

Baca Juga: 5 Manfaat Lingkungan untuk Makhluk Hidup yang Ternyata Tak Main-main, Materi Geografi Kurikulum Merdeka

9. Rekomendasi aksi sosial yang tepat berdasarkan analisis SWOT tersebut adalah . . . .

Jawaban: C

10. Kegiatan yang perlu dijelaskan di bagian pendahuluan pada laporan ditunjukkan oleh angka . .

Jawaban: D

Semua soal dan kunci jawaban ini diambil dari buku Sosiologi kelas XI SMA kurikulum merdeka.

Nah itu diakunci jawaban Uji Pengetahuan Akhir halaman 198, selamat mengerjakan tugas!

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal Uji Pengetahuan Akhir Bab 3 Konflik Sosial, Pelajaran Sosiologi Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

Tag

Editor : Rachel Anastasia

Sumber SIBI Kurikulum Merdeka