Orang-orang Ini Menghasilkan Jutaan Rupiah Per Bulan dengan Membagikan Konten Edukasi

Senin, 07 November 2022 | 11:30
Freepik/tirachardz

Ilustrasi cara membuat channel YouTube baru untuk jadi konten kreator

GridHITS.id -Berdasarkan laporan SignalFire, lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia menganggap diri mereka sebagai kreator.

Orang-orang tersebut dianggap sebagai penggerak ekonomi kreator, dan ini menjadi salah satu profesi yang berkembang sangat cepat hingga saat ini.

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh Adobe, lebih dari 50% motivasi utama para kreator berkreasi adalah untuk mengekspresikan diri, melakukan sesuatu yang menyenangkan, dan mengeksplorasi passion atau minat mereka.

Ada beberapa jenis kreator, di antaranya adalah kreator konten edukasi yang fokus pada pendidikan dan transfer ilmu pengetahuan.

Pembuat konten ini membantu penonton mereka tumbuh dan berkembang dengan upskilling (meningkatkan keterampilan), reskilling (melatih kembali), dan peningkatan kompetensi.

Pesatnya pertumbuhan internet memungkinkan orang untuk mempelajari keterampilan yang mereka sukai melalui platform online.

Tidak lagi mengandalkan pendidikan konvensional, para penonton ini dengan senang hati mengonsumsi konten pendidikan yang dibuat dan diperbarui secara berkala oleh para pakar industri.

Seiring waktu, ekonomi kreator terutama dalam konten edukasi telah berkembang menjadi kekuatan yang begitu besar.

Udemy adalah salah satu contoh tempat bagi para kreator berkarya.

Udemy merupakan platform yang dirancang untuk kursus online; siapa pun dapat membuat kursus sesuai passion dan keahlian mereka.

Begitu kreator memublikasikan kursus mereka, lebih dari 57 juta pelajar global di Udemy dapat mengaksesnya.

Baca Juga: Anti Mati Gaya, Anda Pasti Bisa Bikin Hidangan Lebaran Istimewa dengan Ikuti Kursus Masak Online Sajian Sedap, Mudah dan Praktis!

Banyak instruktur di Udemy yang menghasilkan pendapatan besar per tahun saat ini, dan koleksi kursus Udemy yang terdiri lebih dari 213.000 kursus dalam lebih dari 75 bahasa adalah salah satu yang paling dinamis, terkini, dan relevan di pasar.

Udemy memungkinkan pembelajar memberikan ulasan sehingga platform ini akanselalu menampilkan konten paling populer kepada penggunanya.

Widhi Muttaqien, salah satu instruktur Indonesia yang sukses di Udemy, memiliki passion untuk mengajar dan mengembangkan perangkat lunak.

Ia membuat kursus Udemy pertamanya pada tahun 2014.

Perlahan tapi pasti, siswa terus berdatangan dan mendaftar di kursusnya, dari hanya dua siswa baru menjadi lebih dari 45.000 siswa saat ini.

Pada bulan pertama, ia dapat menghasilkan sekitar Rp1,4 juta, lalu meningkat menjadi Rp2,3 juta di bulan kedua, Rp3,4 juta di bulan ketiga, dan terus meningkat secara konsisten hingga saat ini.

Widhi telah merilis 12 kursus di Udemy mengenai berbagai topik teknologi, mulai dari grafik komputer hingga Microsoft Excel.

Ia juga memanfaatkan promosi musiman Udemy untuk menarik lebih banyak pendaftar ke kursus yang ia buat.

Pada tahun 2021, ia memperoleh pendapatan total sekitar Rp1 miliar dari kursusnya yang ada di Udemy.

Baca Juga: Cara Membuat Channel YouTube Baru Semudah Ini, Ayo Berkarya!

“Berkat jumlah pengguna Udemy dan traffic web yang tinggi, saya tidak perlu terus-menerus menjalankan proses pemasaran dan penjualan untuk kursus-kursus saya.

Saya hanya perlu fokus membuat kursus yang berkualitas,” kata Widhi Muttaqien.

Widhi mengungkapkan bahwa ia memperhatikan ulasan atau feedback yang kritis dari pembelajar terhadap kursusnya terkait kualitas audio atau video.

Bagi Widhi, umpan balik dari para pembelajar itu membantunya meningkatkan kualitas kursus yang ia buat.

Baca Juga: Ingin Jadi Konten Kreator? Inilah Cara Membuat Channel YouTube Baru

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya