Find Us On Social Media :

Bantu Kreator, Apa Saja Fitur-fitur Terbaru Facebook dan Instagram?

By Adam Rizal, Selasa, 1 November 2022 | 15:00 WIB

Facebook Instagram

Meta mendukung kreator menjangkau audiens yang lebih luas, membangun komunitas, dan mengubah passion menjadi sumber penghasilan. Hari ini, Meta mengundang kreator dari seluruh Asia-Pasifik untuk bergabung di Creator Week 2022 di Bali. Kegiatan ini menghadirkan program-program inspirasional untuk membantu para kreator mengembangkan karir, terhubung dengan rekan kerja, dan membangun masa depan bersama. 

Revie Sylviana (Direktur Kemitraan Kreator untuk Meta di Indonesia dan Asia Tenggara) mengatakan Creator Week 2022 adalah ajang selebrasi bagi kreator-kreator dari seluruh Asia Pasifik yang menginspirasi gerakan baru dalam menciptakan konten online kreatif. Perayaan ini merupakan bentuk komitmen Meta dalam mendukung perjalanan para kreator dalam membangun eksistensi dan kesuksesannya di ranah digital. 

"Meta juga terus membantu para kreator untuk lebih mudah mengekspresikan berbagai ide kreatif dan segar melalui berbagai fitur terbaru yang disediakan di berbagai lini platform Meta," ujarnya.

Pada kuartal ketiga tahun ini, Meta mengumumkan bahwa sekarang ada lebih dari 140 miliar konten Reels yang diputar setiap hari di Facebook dan Instagram, dan Reels sendiri memiliki tingkat pendapatan tahunan sebesar USD 3 miliar dari kedua aplikasi. Hal ini semakin membuktikan mengapa Reels menjadi salah satu elemen kunci bagi Meta. Berikut adalah beberapa pembaharuan yang dilakukan pada Reels di Facebook dan Instagram.

Pembaruan pada Instagram Reels 

Meta ingin memudahkan kreator dalam mengekspresikan diri mereka melalui video di Instagram tanpa mengubah cara mereka bekerja. Sekarang, kreator bisa membagikan video ke Instagram Reels langsung dari aplikasi favorit mereka, seperti Videoleap, Smule, VivaVideo dan masih banyak. Aplikasi-aplikasi ini juga dapat membantu pengguna untuk langsung membagikan videonya ke Facebook. 

Pembaruan pada Facebook Reels 

Ada beberapa fitur baru di Facebook Reels untuk membantu kreator dilihat oleh lebih banyak audiens dan berinteraksi dengan para fans, seperti:

Melalui fitur Facebook Reels Collabs, Anda dapat berkolaborasi dengan kreator lain dan menciptakan konten Reels bersama sambil memperluas jangkauan dan memperbesar jumlah pengikut. 

Facebook Reels Explore merupakan destinasi baru yang menampilkan konten-konten trending, memberikan kreator inspirasi mengenai apa yang sedang populer dan sebuah cara baru untuk menarik audiens baru. 

Facebook Reactions di Reels memberikan fans sebuah cara baru untuk berinteraksi dengan konten Anda.

Meta juga merilis beragam fitur desktop untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi kreator dalam mengoptimasi konten mereka di Creator Studio dan Meta Business Suite, misalnya dari menambahkan musik dan menggabungkan sejumlah potongan video hingga fitur baru untuk meningkatkan audio, seperti penghilang suara-suara yang tidak diinginkan dan speech enhancer, yang dapat membuat Reels Anda menjadi lebih menarik. Selain itu, kreator juga dapat mengunggah Reels langsung dari laman Facebook.