Banjir dan Tanah Longsor di Kabupaten Trenggalek, ASAR Humanity Bagi-bagi Makanan Siap Saji

Kamis, 27 Oktober 2022 | 17:03

Asar Humanity bantu korban banjir di Trenggalek

GridHITS.id -Hujan lebat yang mengguyur Indonesia belakangan ini memberikan dampak banjir dan tanah longsor bagi sebagian daerah, tidak terkecuali Kabupaten Trenggalek.

Bencana yang terjadi pada Oktober 2022 ini menambah daftar panjang bencana hidrometeorologi basah yang terjadi di Jawa Timur sesuai pernyataan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dalam data yang dihimpun oleh BNPB, bencana yang terjadi di kabupaten tersebut mengakibatkan sebanyak 7.440 jiwa dan 2.457 unit rumah terendam banjir dengan ketinggian muka air sekitar tiga puluh hingga seratus sentimeter.

Mulai dari sekolah, rumah, hingga jembatan penghubung antar desa pun rusak.

Tidak hanya itu, sebagian kini mulai kesulitan air bersih, masyarakat lebih mudah terjangkit penyakit, hingga kurangnya bahan pokok untuk makan harian.

Menanggapi peristiwa tersebut, ASAR Humanity bergerak untuk meringankan beban masyarakat.

“Pasca banjir dan tanah longsor terjadi, tim kami langsung turun dan memberikan ratusan paket sembako gratis, air minum gratis

Serta makanan siap saji. Pembagian sembako ini disambut dengan antusias oleh para warga,” kata Kepala Program ASAR Humanity Lisdayanti pada awak media, Kamis (10/27).

Perharinya, kata Lisdayanti, ASAR Humanity bisa menunaikan ratusan porsi makanan siap saji untuk para korban.

“Tidak hanya itu, alhamdulilah berkat bantuan #Pahlawankebaikan, kami juga menyiapkan dapur umum di Dusun Gares Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek.

Jugamemasak untuk makanan sehari-hari yang dibantu oleh beberapa warga lokal,” katanya.

Baca Juga: Asar Humanity Distribusikan Kebutuhan Medis ke RS Al-Shifa, Gaza

Asar Humanity juga berkolaborasi dengan Frisian Flag sehingga bisa menunaikan hingga 330 karton susu untuk anak-anak yang berada di Kabupaten Trenggalek dan sekitarnya.

Pihak ASAR Humanity berharap bantuan kecil ini bisa meringankan masyarakat yang tersebar di lima belas RT Kabupaten Trenggalek dan menjadi pondasi sebelum mereka melaksanakan kerja bakti membersihkan area perumahan.

Bantuan Asar Humanity untuk korban banjir Trenggalek

Foto : Asar Humanity bagi bagi makanan siap santap

Lisdayanti mengatakan, masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang terkena dampak banjir karena hujan lebat yang terus menerus datang.

Asar Humanity bantu korban banjir di Trenggalek

Foto : Dapur umum untuk korban banjir

“Untuk para #Pahlawankebaikan yang ingin berpartisipasi dalam program ASAR Humanity khususnya bagi para korban yang terdampak banjir belakangan ini, bisa lihat informasi lengkap untuk donasi di sosial media kami,” tukasnya.

Baca Juga: Bekerja Sama dengan ASAR Humanity, Duta Quran Indonesia Siap Lahirkan 1,4 Juta Hafiz Quran

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya