Dikira Mahal, Biaya Membuat Dapur Minimalis Cantik Nan Elegan Ini Ternyata Cuma Habis Segini, Foto Hasilnya Benar-benar Bikin Takjub!

Senin, 17 Oktober 2022 | 13:37
Instagram Rumah Caca

Ternyata biaya membuat dapur minimalis cantik nan elegan ini cuma habis segini. Padahal dikira mahal. Foto hasilnya bikin takjub!

Fotokita.net - Biaya membuat dapur minimalis cantik nan elegan ini ternyata cuma habis segini. Padahal, banyak Ibu-ibu mengira dapur minimalis ini butuh bujet mahal. Foto hasilnya benar-benar bikin takjub!

Impian membuat dapur minimalis cantik nan elegan kerap dihantui akan biaya yang menyedot anggaran mahal. Di tengah inflasi membumbung tinggi, niat membuat dapur terus maju mundur.

Namun, Ibu-ibu sudah bisa memantapkan hati untuk membangun dapur minimalis impian di rumah mungil kesayangan. Sebab, biaya membuat dapur minimalis cantik nan elegan ini ternyata cuma habis segini. Foto hasilnya pun benar-benar bikin takjub!

Banyak Ibu-ibu yang menyakini bahwa dapur lebihdari sekadar ruang untuk memasak. Itu sebabnya, banyak Ibu-ibu yang melakukan segala cara agar dapur memberikan kenyamanan sekaligus tampilan nan aesthetic.

Keyakinan itu tampaknya juga dimiliki oleh Chris Mya Mardyan alias Caca pemilik rumah minimalis nan cantik, Rumahcaca.

Caca berhasil membuat dapur minimalis nan elegan di salah satu sudut rumahnya.

Bukan hanya tampilan aesthetic, Caca juga memperhatikan dapur minimalis yang didesainnya dari sisi fungsional. Sebab, Caca mengakui dapur adalah jantung rumah.

Selain sebagai tempat memasak, dapur juga menjadi salah satu ruang di dalam rumah yang sangat penting karena melibatkan banyak hal.

Namun, membangun dapur minimalis idaman dengan ruang terbatas kerap menjadi masalah tersendiri. Kenyataannya, hal ini tidak berlaku bagi Caca/

Sekalipun terkendala ruang, Caca mampu mewujudkan dapur minimalis yang fungsional dengan tampilan menarik.

Kelihaian Caca dalam membuat, menata, dan menghadirkan dapur minimalis cantik nan elegan patut diacungi jempol. Sebab, awalnya tempat memasak berada di area yang kurang strategis.

Baca Juga: Bikin Penasaran Ibu-ibu Arisan, Desain Dapur Minimalis Ubah Tampilan Area Bawah Tangga Jadi Aesthetic, Intip 7 Foto Hasilnya

Instagram Rumah Caca

Ternyata biaya membuat dapur minimalis cantik nan elegan ini cuma habis segini. Padahal dikira mahal. Foto hasilnya bikin takjub!

“Sebelumnya dapur itu ada di tengah ruangan, berdampingan dengan dua kamar dan diapit oleh dua tembok untuk perbatasan ruang tamu dan kamar mandi,” terang Caca seperti dikutip dari 99.co Indonesia pada Senin (4/4/2022).

“Ini membuat dapur jadi lebih sempit dan sirkulasi udara di kamar utama tidak baik karena adanya jendela kamar,” Caca kembali menerangkan dapur minimalis miliknya.

Alasan memilih meja dapur cor

Caca mengungkapkan alasannya memilih meja dapur cor. Selain karena biaya yang lebih murah, kata Caca, dapur cor memiliki keunggulan dari sisi kekuatan atau ketahanan.

Pembangunan ini pun ditambah dengan dekorasi di beberapa area sekitar sehingga membuat dapur, selain terlihat minimalis dan fungsional, juga mampu menampilkan kesan aesthetic.

Selain itu, tata letak serta cara menata dapur benar-benar diperhatikan.

Memiliki rumah jadul warisan dari orang tua tidak serta merta membuat Caca dan suami menempatinya begitu saja. Agar semakin nyaman, beberapa perubahan pun dilakukan.

Selain merenovasi rumahlantas mengusung konsep hunianopen space, Caca juga membenahi area dapur.

Menurut penuturannya, biaya renovasi dapur cor yang dilakukan menghabiskan biaya total sekitar Rp2 juta. Caca merinci dengan teliti harga atau biaya yang ia keluarkan.

Bahkan, ia terjun langsung memilih bahan material dan mengawasi proses pembuatannya.

“Proses pembangunan ini pun dikerjakan oleh satu orang tukang. Di sini, daerah Jakarta Selatan harga tukang kisaran Rp150 ribu hingga Rp175 ribu perhari,” katanya.

Baca Juga: Ibu-ibu Harus Tahu! Ternyata 11 Kesalahan Fatal Ini Bikin Renovasi Dapur Kesayangan Malah Jadi Berantakan, Lihat Foto Contohnya

Instagram Rumah Caca

Ternyata biaya membuat dapur minimalis cantik nan elegan ini cuma habis segini. Padahal dikira mahal. Foto hasilnya bikin takjub!

“Dan saya dapat harga Rp150 ribu per harinya, dikerjakan dalam 5 hari, total biaya untuk tukang jadi Rp750 ribu,” tambah Caca.

Itu untuk biaya tukang saja sementara material yang dibelisenilai Rp1.318.000 sehingga total proses pembangunan dapur cor sebesar Rp2.068.000.

Di luar itu, alih-alih memasang kabinet atas ataukitchen set, Rumahcaca justru memilih menggunakan rak kolong dapur.

“Karena memang bujet untuk pembuatankitchen setbawah ini terbilang lumayan mahal, maka dari itu saya mengakali untuk membeli rak yang pas untuk kolong dapur yang multifungsi dan bisa dijadikan rak piring serta tempat menaruh perabotan dapur lainnya,” papar Caca.

“Dapur di Rumahcaca ini tidak memiliki ruangan yang luas dan kalau memakaikitchen setatas akan membuat dapur terkesan lebih sempit. Maka dari itu, saya memakai dapur dengan rak terbuka,” kata Caca.

Rak kolong dapur harus selalu bersih!

Risiko mengusung rak kolong dapur tentu saja disadari oleh Caca. Salah satu yang paling berisiko adalah adanya sarang hewan seperti tikus dan lain sebagainya.

Namun, Caca mempunyai siasat tertentu. “Selalu rutin rapikan dan bersihkan dapur pada malam hari. Selalu jaga kebersihan kolong dapur dengan disapu setiap hari agar tidak menjadi sarang tikus,” tuturnya.

Lain itu, Caca juga menyebut ketika memilih rak piring kolong dapur, usahakan supaya perabotan seperti piring dan gelas digunakan setiap hari.

Dalam artian, jangan sampai perabotan-perabotan tersebut tidak tersentuh karena bisa jadi berdebu. Caca pun memberikan tips dalam menata perabot agar selalu terlihat rapi.

Ia mengatakan jika peralatan dapur yang jarang digunakan ditaruh dalamstorageatau tempat yang lebih tertutup. Tujuannya tentu saja agar tidak terlihat berantakan.

Baca Juga: Istri Terus Merengek, 12 Foto Dapur Minimalis Modern Sebelum dan Sesudah Renovasi Benar-Benar Bikin Enggak Bisa Tidur

Instagram Rumah Caca

Ternyata biaya membuat dapur minimalis cantik nan elegan ini cuma habis segini. Padahal dikira mahal. Foto hasilnya bikin takjub!

Dekorasi nomor satu

Sama dengan area lainnya di dalam rumah, dapur juga mesti terlihat “hidup” supaya tampak menyenangkan.

Nah, mendekorasi dapur adalah salah satu cara agar apa yang diinginkan tersebut bisa terealisasi.

Caca menyadari jika dekorasi dapur sangat penting meski terdapat alasan lain yang ia paparkan.

“Tidak hanya untuk sebuah keindahan dan nilai estetika, tetapi dekorasi di area dapur juga membuat saya sebagai ibu rumah tangga yangfulldi rumah, bisa lebih nyaman dan semangat ketika memasak,” tutur Caca.

Di luar dekorasi, Caca juga paham bahwa dapur minimalis berpotensi menimbulkan kepengapan.

Untuk urusan ini, Caca pun memiliki tips agar udara di area dapur benar-benar lancar ketika memasak.

“Ada jendela dapur dan usahakan ketika memasak, pintu-pintu rumah dibuka agar tidak pengap dan sirkulasi udara tetap lancar,” jelasnya.

Baca Juga: Solusi Jitu di Rumah Sempit, Desain Dapur Lurus Minimalis Bikin Ibu-ibu Tambah Percaya Diri, Apalagi 8 Foto Hasilnya Menawan Hati

Instagram Rumah Caca

Ternyata biaya membuat dapur minimalis cantik nan elegan ini cuma habis segini. Padahal dikira mahal. Foto hasilnya bikin takjub!

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya