Kabar Duka! Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal Dunia Usai Terkena Serangan Jantung, Simak 3 Penyebabnya yang Terlalu Sering Dianggap Sepele, Salah Satunya Terjadi Kala Bangun Tidur

Minggu, 18 September 2022 | 14:19
Kompas.com | Kristianto Purnomo

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra meninggal dunia pada Minggu (18/9/2022).

GridHITS.id -Kabar duka datang dari negeri Jiran terkaitKetua Dewan Pers Azyumardi Azra dikabarkan meninggal duniadi Hospital Serdang, Selangor, Malaysia, Minggu (18/9/2022).

Melanisr Kompas TV, Azyumardi Azra dikabarkan mengembuskan nafas terakhirnya pukul 12.30 WIB.

"Innalillahi wainnailahi rojiun. Beliau meninggal tadi pukul 12.30 waktu setempat di Malaysia,” tuturnya melalui pesan suara Whatsapp.

Mohon maaf lahir dan batin kalau ada khilaf dan salah beliau,” ujarWakil Ketua Dewan Pers, Agung Dharmajaya, yang dihubungiKOMPAS.TV.

Sebelumnya ia sempat mendapatkan perawatan intensif usai mengalami serangan jantung kala penerbangan menuju Malaysia.

Setelah medarat di Bandara Kuala LumpurKamis sore (16/9), iamenjalani perawatan dan dalam pemantauan Kedutaan Besar Republika Indonesia di Malaysia.

Azyumardi kemudian menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia.

Keluarga juga sudah mendampingi Azyumardi sejak Sabtu (17/9/2022).

Melansir Kompas.com,AzyumardimengunjungiMalaysia dalam rangka memenuhi undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM).

Awalnya ia akan menghadiri Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada 17 September.

Presiden ABIM Muhammad Faisal Abd Aziz saat ditemui di Rumah Sakit Serdang pada Jumat (16/9/2022) sore mengatakan, Azyumardi akan menjadi salah satu pembicara dalam konferensi tersebut.

Baca Juga: Bikin Syok! Mendadak Kabar Duka Meninggalnya Istri Pasha Ungu Adelia Wilhelmina Tersiar, Rekan Artis Sampai Kaget Ternyata Berita Bohong

Beberapa pembicara lainnya berasal dari Malaysia, Indonesia, dan Brunei Darussalam. Konferensi itu akan dibuka oleh Ketua Emeritus Institut Internasional Pemikiran Islam (IIIT) Anwar Ibrahim.

Wakil Presiden ABIM Muhammad Shazni yang menjemput Azyumardi di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) mengatakan, pada Jumat pukul 15.33 waktu setempat, setelah pesawat tiba, dia masih sempat berkomunikasi lewat WhatAapp.

Namun, Shazni tidak sempat bertemu karena Ketua Dewan Pers tersebut langsung dibawa ke rumah sakit dengan ambulans.

Serangan jantung dapat terjadi saat aliran darah yang mengalir ke jantung tersumbat.

Melansir Mayo Clinic, penyumbatan pembuluh darah di jantung ini berupa penumpukan lemak, kolesterol, dan zat lain yang membentuk plak di arteri.

Plak tersebut dapat pecah dan membentuk gumpalan. Akibatnya, aliran darah terganggu, otot jantung rusak, dan menimbulkan serangan jantung.

Melansir Harvard Health Publishing, serangan jantung kerap kali dicitrakan mendadak atau menyerang secara tiba-tiba.

Padahal, penyakit ini sudah muncul saat timbunan plak selama bertahun-tahun terbentuk dan menyumbat arteri jantung.

Setelah ada pemicu berupa stres atau tekanan, terjadilah serangan jantung.

Berikut ini beberapa penyebab yang umum memicu serangan jantung:

Baca Juga: Kena Semprot Suami dan Anak Gegara Pamer Kabar Bahagia yang Kini Berakhir Duka, Terungkap Nasib Buah Hati Meggy Wulandari dan Suami Barunya Sekarang, Telah Tiada?

1. Bangun tidur

Sebelum Anda bangun tidur, tubuh Anda sebenarnya sudah bersiap mengawali hari dengan cara menyiapkan hormon stres ke aliran darah.

Tubuh memberikan sinyal pada pembuluh darah kecil untuk mengerut, membuat jantung berdetak lebih cepat, dan menaikkan tekanan darah agar mata bisa melek atau terjaga.

Aktivitas ini bertujuan untuk memastikan aliran darah cukup untuk membuat Anda bangun dari tempat tidur. Tidak heran, masalah kardiovaskular kerap terjadi di pagi sampai siang hari pada jam bangun tidur.

Efek obat di pagi hari yang sudah memudar saat digunakan tidur sepanjang malam, juga dapat membuat pola serangan jantung kerap terjadi di pagi hari.

2. Marah

Adu argumen, debat kusir, atau perseteruan dapat memicu serangan jantung.

Studi menyebut, orang yang marah berpotensi mengalami serangan jantung antara sembilan sampai 14 kali lipat selama dua jam dari saat marah.

Selain itu, riset yang dipublikasikan American Heart Association menunjukkan, marah juga dapat mengacaukan kinerja alat pacu jantung pada penderita gangguan irama jantung.

3. Sedih, kurang tidur, stres

Pemicu lain seperti sedih, kurang tidur, stres, tekanan mental juga dapat menyebabkan serangan jantung. Orang yang kondisi pembuluh darahnya sudah bermasalah, saat menonton pertandingan tim olahraga kesayangannya kalah, juga bisa terkena serangan jantung.

Baca Juga: 'Tiba-tiba Tuhan Ambil', Lama Tak Muncul di Layar Kaca, Kabar Duka Istri Sammy Simorangkir Kehilangan Janin dalam Kandungan di Trimester Kedua

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Penyebab Serangan Jantung yang Kerap Disepelekan" "Azyumardi Azra Kena Serangan Jantung Dalam Penerbangan ke Malaysia" dan "Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia di Malaysia, Sempat Terkena Serangan Jantung"

Editor : Saeful Imam

Sumber : Kompas.com, Kompas.tv

Baca Lainnya