Find Us On Social Media :

7 Penyebab Penyakit Kanker, Pengaruh Gaya Hidup Hingga Keturunan

Hal-hal yang jadi penyebab kanker seringkali dilakukan sehari-hari tanpa disadari.

GridHEALTH.idKanker bukan penyakit yang bisa disepelekan. Penanganan yang terlambat, berisiko menyebabkan kematian pada penderitanya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, kanker menjadi penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia dan pada 2020 terdapat hampir 10 juta kematian.

Apa itu kanker?

Menurut National Cancer Institute, kanker adalah penyakit yang mengakibatkan beberapa sel tubuh tumbuh tidak terkendali dan menyebar ke bagian yang lainnya.

Kanker bisa terjadi di bagian tubuh manapun, yang terdiri dari triliunan sel-sel yang kompleks. Normalnya, sel manusia tumbuh baru untuk menggantikan yang sudah rusak.

Tak hanya di satu titik, sel kanker juga bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain dan ini sering disebut dengan istilah metastasis.

Munculan benjolan tanpa alasan yang jelas, menjadi salah satu gejala kanker yang paling umum terjadi.

Tapi selain itu, penyakit ini pada beberapa orang juga menyebabkan penurunan berat badan drastis, batuk dan sesak napas, pendarahan, hingga perut kembung.

Mengenal penyebab kanker

Berdasarkan data dari Global Cancer Statistics (GLOBOCAN), pada 2020 terjadi penambahan jumlah kasus kanker di Indonesia sebanyak 396.914 kasus baru.

Diperkirakan akan terjadi lonjakan penderita kanker pada 2040 secara global, sebesar 47% atau sekitar 28,4 juta kasus kanker baru.

Baca Juga: 6 Gejala Kanker Darah yang Sering Tak Disadari, Keringat Malam Hari